berita padang - berita sumbar
headline
home berita Metro

Plt Sekda Agam : Fenomena Alam Diluar Kebiasaan Terjadi Karena Penurunan Fungsi Atmosfer

Rabu, 21 September 2016 - 18:02:43 WIB - 391
Plt Sekda Agam : Fenomena Alam Diluar Kebiasaan Terjadi Karena Penurunan Fungsi Atmosfer

AGAM - Pelaksana Tuhas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto, mengatakan, atmosfer atau lapisan udara merupakan unsur penting bagi kelangsungan hidup di permukaan bumi.


"Hal tersebut karena lapisan atau selimut bumi yang terdiri dari beberapa jenis gas yaitu oksigen, karbondioksida dan lainnya ini memiliki fungsi melindungi bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca dan kelembapan udara yang ada di bumi," kata Martias Wanto saat membuka diseminasi hasil penelitian dan pengembangan lingkungan atmosfer di aula Kantor Bupati Agam, Selasa (20/9/2016).


Ia menambahkan, akhir-akhir ini didengar dan dirasakan beberapa fenomena alam di luar kebiasaan yang normal yaitu, peningkatan suhu yang cukup ekstreme, perubahan jumlah dan pola air hujan telah sering dialami.


Hal itu disebabkan karena kondisi atmosfer secara umum sudah rusak dan komposisinya sudah tidak seimbang lagi, sehingga tidak mampu lagi menjalankan fungsinya sebagai pelindung bumi


Menurut Martias, terjadinya penurunan fungsi atmosfer tersebut disebabkan karena terjadinya peningkatan jumlah gas rumah kaca di udara. Beberapa gas rumah kaca yang saat ini banyak terkandung dalam lapisan atmosfer adalah karbondioksida, gas mentana, nitroksida, HFC dan SF6.


Maka dari itu, Martias mengucapkan terimakasih kepada Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN yang telah melakukan penelitian terkait lingkungan atmosfer di Kabupaten Agam.


Sementara itu, Kabid Teknologi PSTA Koto Tabang, Didi Satyadi, mengatakan, loka pengamatan atmosfer Koto Tabang mempunyai tugas melaksankaan pengamatan, perekaman, pengolahan, dan pelaporan data atmosfer, serta sosialisasi pemanfaatan data dan penyiapan bahan pelaksanaan kerjasama teknis dibidangnya.


"Dalam melaksanakan tugas, loka pengataman atmosfer menyelenggarakan fungsi yaitu penyiapan dan penyusunan program dan kegiatan loka," katanya.


Selain itu, pelaksanaan pengamatan, perekaman, pengolahan, pelaporan data atmosfer, antariksa, sosialisasi pemanfaatan data, penyiapan bahan, pelaksanaan kerjasama teknis dibidangnya, pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga loka. (andre)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: agam,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Waspada, Aktivitas Gempa di Laut Pesisir Sumbar Meningkat, Ini Kata BMKG

Waspada, Aktivitas Gempa di Laut Pesisir Sumbar Meningkat, Ini Kata BMKG

PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang merilis, aktivitas kegempaan di wilayah laut...

Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Kembali jadi Arena Tawuran

Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Kembali jadi Arena Tawuran

PADANG - Diduga terlibat tawuran, tiga pemuda menggunakan sepeda motor babak belur dihajar warga Kampung Batu yang...

KPPOD : Padang Peringkat 17 dari 32 Provinsi se-Indonesia

KPPOD : Padang Peringkat 17 dari 32 Provinsi se-Indonesia

PADANG - KPPOD menggelar seminar regional dan lokakarya terbatas di Hotel Pangeran Beach Padang, Jumat lalu. KPPOD...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu