berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Pameran Foto Beruk Warnai Gelar Karya Kreatif Sumbar di Padang

Kamis, 06 Oktober 2016 - 10:46:49 WIB - 559
Pameran Foto Beruk Warnai Gelar Karya Kreatif Sumbar di Padang

PADANG -- Pameran foto beruk ikut mewarnai kemeriahan Gelar Karya Kreatif Media Desain dan IPTEK Dinas Parekraf Sumbar, belum lama ini.


Kabid Pengembangan EKMDI Dinas Parekraf Sumbar, Aprimas mengatakan, melalui kegiatan pameran foto dan lukisan seniman Sumbar ini diharapkan dapat memajukan seninya, sekaligus memperkaya wawasan mereka.


"Khususnya generasi muda Sumatera Barat agar dapat menjadikan karya seniman Sumbar berupa fotografi beruk ini sebagai inspirasi dalam berkarya mengisi pembangunan bangsa dengan kegiatan bermakna dan bermanfaat," sebutnya


Pameran foto dan lukisan seni rupa ini dilaksanakan di Hotel Bumi Minang Padang, dengan kegiatan ini tergambar bentuk peningkatan kehidupan seni rupa di daerah tersebut.


Kehidupan masyarakat Sumbar dengan karakteristik budaya yang bersifat Islami, dapat memberi pengaruh besar terhadap pengungkapan para seniman lewat memanifestasikan karya terbaiknya sehingga akan sejalan dengan budayanya.


Sebut Aprimas, kondisi budaya Minangkabau itu antara lain telah memperkuat para seniman dalam memberikan corak dan ragam pada hasil suatu karya, kegiatan seni itu memerlukan kerja keras dan penuh dedikasi yang tinggi.


"Satu hal yang patut menjadi perhatian kita, kegiatan seni memerlukan kerja keras. Adanya suatu kegagalan harus dipandang sebagai cambuk untuk bangkit dan keberhasilan harus menjadi api pembakar semangat berkarya lebih baik," sebutnya.


Lebih lanjut dijelaskan, melalui adanya pengembangan karakterikstik budaya yang dituangkan dalam kreasi seniman Sumbar ini menjadi bahan edukasi bagi semua pihak dalam mencermati perkembangan pembangunan manusia dengan budayanya.


Katanya, Gelar karya kreatif ini adalah wadah bagi anak nagari, bagi komunitas kreatif apapun bidangnya untuk bisa mengekspresikan dirinya dengan hasil karya karena memang Sumbar kaya dengan sumber daya kreatif yang mesti dikembangkan ke depannya. Gelar karya kreatif memang puncak bagi penampilan atau pameran ekonomi kreatif, namun di bawah itu adalah peran dari pelaku ekonomi kreatif yang ada atau komunitas-komunitas kreatif yang ada di Sumbar.


"Untuk itu, kita akan mengandeng teman-teman dari ekonomi kreatif, guna pengembangan pariwisata di Sumbar. Misalnya dengan melakukan hal yang sederhana, contohnya pencabangan ilmu oleh kreator-kreator muda yang akan tumbuh di Sumbar," ulasnya.


Nico seorang fotografermenuturkan foto yang melukiskan dua monyet sedang mencari kutu ini sangat menyentuh. Kegiatan mencari kutu, dan satu monyet lainnya sedang menggendong anaknya ini mirip seperti sebuah keluarga yang saling membantu.


"Menurut saya, fotonya sangat hidup," tandas Nico yang langsung mendapat anggukan teman perempuannya, Stefanie. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tutup Kunker Bersama Presiden Jokowi, Menteri PPPA Kunjungi Pasar Mama-Mama Jayapura

Tutup Kunker Bersama Presiden Jokowi, Menteri PPPA Kunjungi Pasar Mama-Mama Jayapura

NASIONAL - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, Rabu (10/5/2017) mendampingi Presiden...

2 Kadis Pemko Payakumbuh Kehilangan Jabatan Setelah Pemeriksaan BPK

2 Kadis Pemko Payakumbuh Kehilangan Jabatan Setelah Pemeriksaan BPK

PAYAKUMBUH - Dua kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat (sumbar) mendapat...

PP Pemuda Muhammadiyah Minta Hakim Berani dan Tegas Terapkan Pasal 156a huruf a

PP Pemuda Muhammadiyah Minta Hakim Berani dan Tegas Terapkan Pasal 156a huruf a

JAKARTA - Hari ini, Selasa (9/5/2017) Sidang putusan persidangan penodaan agama dengan terdakwa ahok. Ketua PP Pemuda...

Buktikan Keseriusan, Menteri ini Minta Direkturnya Susun Langkah Kongkrit Untuk 50 Kota

Buktikan Keseriusan, Menteri ini Minta Direkturnya Susun Langkah Kongkrit Untuk 50 Kota

LIMA PULUH KOTA - Mengatasai masalah Banjir di Kabupaten Lima Puluh Kota, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...

Aksi Simpatik GNPF MUI 505 Berjalan Tertib dan Damai

Aksi Simpatik GNPF MUI 505 Berjalan Tertib dan Damai

JAKARTA – Tuntutan jaksa 1 tahun penjara dengan hukuman percobaan 6 bulan kasus dugaan penistaan agama dengan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu