berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pesisir Selatan

TNI dan Warga Bangun Jembatan Penghubung Antar Desa di Pessel

Kamis, 13 Oktober 2016 - 16:49:23 WIB - 346
TNI dan Warga Bangun Jembatan Penghubung Antar Desa di Pessel

PAINAN -- Personel TNI dari Kodim 0311/Pesisir Selatan membangun jembatan penghubung antar desa di Desa Ampalu, Kenagarian Gantiang Mudiak Aia Selatan Kecamatan Sutera, Pessel, Rabu (13/10/2016)


Jembatan itu merupaksan sarana vital bagi transportasi di kedua desa. Sebab bisa memperpendek jarak tempuh menuju pusat kecamatan atau sebaliknya.


Dandim 0311/Pesisir Selatan, Letkol Inf Setiya Asmara mengatakan Jembatan ini terbangun berkat kerjasama yang apik antara warga dan Satgas TMMD yang ikut melaksanakan pengerjaan jembatan itu bersipacu dan pikul memikul dalam mempercepat pembangunan supaya segera tuntas.


Ia mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka menyongsong Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 tahun anggaran 2016 Kodim 0311/Pesisir Selatan.


"Pembangunan ini merupakan kegiatan karya bakti TNI kepada masyarakat, kebetulan masyarakat kedua desa sangat membutuhkan jembatan," jelas Setiya, Saat ini pengerjaan jembatan tersebut masih dilakukan.


Dikatakan, dengan adanya bangunan jembatan tersebut tentu masyarakat bisa melewati dan menikmati hasil Karya Satgas TMMD yang akan menjadi kenangan bagi warga pada suatu saat.


Jembatan tersebut dibangun sebagai penghubung sebuah sungai di Ampalu yang sehari hari di seberangi oleh masyarakat pergi ke kebun mereka. Sebelumya, Jika hujan dan air sungai meluap, warga terpaksa mengurungkan niat untuk pergi ke kebun mereka.


Kini jembatan itu dibangun dan ungkapan syukur mengalir dari semua warga masyarakat. Betapa tidak, usaha mereka berkebun gambir akan lebih bagus jika tak ada lagi yang perlu mereka khawatirkan. Karena jembatan ini bakal mempermudah aktivitas petani gambir dalam melaksanakan rutinitas pekerjaannya sehari hari.


"Alhamdulilah, meski sifatnya sementara, jembatan ini akan bermanfaat sekali bagi kami," kata Saridul (38) salah seorang petani Gambir di sana.


Jembatan ini dibangun memang dalam area hutan, namun itu tidak menyurutkan semangat TMMD untuk membangun fasilitas bagi masyarakat banyak. Karena keluar masuk hutan bukanlah hal asing lagi bagi prajurit TMMD berbadan tegap itu.


Para petani itu berharap, semoga dengan dibangunnya jembatan ini, dapat pula menjembatani rezeki mereka dalam bertani gambir, yang biasanya dihalangi oleh meluapnya air sungai.


Bahkan, sekarang mereka merasa lebih bersemangat untuk pergi ke kebun. Karena akses telah ada dan itu membuat mereka. (Hm)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Wali Nagari Pandam Gadang Kecewa Dengan Sikap Bupati Lima Puluh Kota

Wali Nagari Pandam Gadang Kecewa Dengan Sikap Bupati Lima Puluh Kota

LIMA PULUH KOTA - Selepas upacara sakral Menjemput Jasad Ibrahim Datuk Tan Malaka Rajo Adat Kelarasan Bungo Satangkai...

Pelaku IKM Kota Pariaman Ditempa 18 Hari

Pelaku IKM Kota Pariaman Ditempa 18 Hari

PARIAMAN - Keseriusan Pemko Pariaman dalam membangun IKM (Industri Kecil Menengah) terus ditingkatkan, para pelaku IKM...

LSI : 60 Persen Warga DKI Jakarta tak Rela Dipimpin Ahok

LSI : 60 Persen Warga DKI Jakarta tak Rela Dipimpin Ahok

NASIONAL - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei dari tanggal 5 hingga 11 Januari 2016, terhadap Pilkada...

Ini Cerita Lengkap Pencopotan Dandim Lebak Usai Latih FPI Bela Negara

Ini Cerita Lengkap Pencopotan Dandim Lebak Usai Latih FPI Bela Negara

NASIONAL - Latihan Bela Negara anggota Front Pembela Islam (FPI) digelar Kodim Lebak berbuntut panjang. Sang Dandim...

Surau Ansharullah Dekat Palanta Padang Perdana Resmi Dipakai

Surau Ansharullah Dekat Palanta Padang Perdana Resmi Dipakai

PADANG – Keberadaan dan fasilitas di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang di jalan A. Yani semakin lengkap....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu