berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Dinobatkan Sebagai Desa Terindah di Dunia Versi Budget Travel, Pariangan Masih Butuh Polesan

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 06:07:00 WIB - 833
Dinobatkan Sebagai Desa Terindah di Dunia Versi Budget Travel, Pariangan Masih Butuh Polesan

PADANG - Akhir tahun 2012 lalu Nagari Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat dinobatkan sebagai salah satu Nagari/desa yang terindah di dunia versi Budget Travel. Namun hingga saat ini, masih banyak yang harus dipoles untuk menjadikan Nagari tersebut lebih tertata sehingga memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang.


"Hingga saat sekarang kami masih menggunakan swadaya dari masyarakat sekitar, yang jelas kami akan berusaha memberikan sebisa kami kenyamanan dan kepuasan bagi para wisatawan yang berkunjung," ujar Amirudin Sutan Rajo Angek selaku ketua Pemuda Nagari Guguak, Pariangan.


Amirudin juga menjelaskan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nagari pariangan saat ini sudah dalam skala besar setiap harinya, dan bukan hanya wisatwan domestik saja namun juga wisatawan dari luar negeri. "Dalam satu hari tidak kurang 500 wisatwan yang berdatangan kemari, dan pernah mencapai 5.000 dalam satu hari," terangnya.


Namun pun demikian, Amirudin berharap, agar pemerintah segera turun tangan untuk membangun fasilitas-fasilitas yang belum lengkap agar seluruh objek-objek bisa dijangkau dengan mudah.


"Kami sangat membutuhkan akses jalan yang lebih baik, karena ada beberapa lokasi wisata yang belum bisa diakses dengan kendaraan, selain itu kami juga membutuhkan MCK, lahan parkir serta beberapa fasilitas pendukung lainnya," harap Amirudin.


Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit yang turun langsung meninjau ke lokasi, menyatakan, Nagari Pariangan merupakan salah satu potensi wisata yang potensial untuk digali dan dikembangkan.


"Pemandangan di Nagari ini sangat indah dan alami, banyak situs-situs sejarah dan banyak peninggalan-peninggalan asal minangkabau itu dari sini, seperti tigo tungku sajarangan, makam orang yang pertama mendesain bentuk rumah gadang yang keunikannya apabila diukur lebih satu kali, maka ukurannya pasti berbeda dengan ukuran awal serta masih ada objek-objek lainnya," terang wagub.


Dengan sudah banyaknya para wisatawan yang sudah berkunjung ke Nagari ini, Nasrul Abit menginginkan untuk segera dibangun fasilitas-fasilitas pendukung guna memberikan kenyaman bagi para wisatawan. "Kita akan segera memperbaiki jalan, membangun Mushalla/Masjid, tempat parkir dan MCK guna memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, sehingga mereka tidak hanya sekali berkunjung kesini," tekannya.


Kemudian, Wagub mengajak seluruh perangkat Nagari untuk menjaga keaslian Nagari, menjaga keamanan serta menunjukkan keramahan kepada wisatawan yang datang.


"Ini merupakan aset terbaik untuk pertumbuhan perekonomian, terutama untuk bagi masyarakat Nagari pariangan dan itu harus dijaga bersama-sama dan saya harap kesempatan ini jangan disia-siakan," harap Nasrul Abit. (hm)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,internasional,nasional,padang,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat,unik

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Polres Bukittinggi Terus Gencar Memberikan Penyuluhan

Polres Bukittinggi Terus Gencar Memberikan Penyuluhan

BUKITTINGGI - Polres Bukittinggi melalui jajaran satuan lalu lintas saat ini tidak henti hentinya turun kelapangan...

Padang Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Puncak Milad 104 Muhammadiyah

Padang Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Puncak Milad 104 Muhammadiyah

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat ditunjuk menjadi tuan rumah hari ulang tahun atau Milad Muhammadiyah ke-107...

Rumah Makan di Bukittinggi Terbakar, Dua orang Karyawannya Alami Luka Bakar Serius

Rumah Makan di Bukittinggi Terbakar, Dua orang Karyawannya Alami Luka Bakar Serius

BUKITTINGGI - Sebuah rumah makan dan toko bangunan yang berada di jalan raya Bukittinggi - Payakumbuh tepatnya di...

Material Longsor Tutupi Jalan, Jalur Sicincin-Malalak-Balingka Sumbar Belum Dapat Dilalui

Material Longsor Tutupi Jalan, Jalur Sicincin-Malalak-Balingka Sumbar Belum Dapat Dilalui

AGAM - Longsor di ruas Jalan Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) yang hingga hari ini tercatat 8 titik, tidak hanya...

Isu Nasional  di Angkat Kejaksaan Saat Sambangi Kemenag Tanah Datar

Isu Nasional di Angkat Kejaksaan Saat Sambangi Kemenag Tanah Datar

TANAH DATAR - Rabu, (18/01/2016) jajaran kejaksaan melakukan kegiatan Penyuluhan Hukum (Luhkum) Program Masyarakat Taat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu