minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pasaman

Ciptakan Lingkungan Sehat, Koramil 04 Bonjol Bangun Jamban Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Selasa, 18 Oktober 2016 - 22:35:06 WIB - 627
Ciptakan Lingkungan Sehat, Koramil 04 Bonjol Bangun Jamban Bagi Masyarakat Kurang Mampu

PAASAMAN -- Menindaklanjuti perintah komando dalam program sejuta jamban demi budaya hidup sehat terhadap masyarakat, Koramil 04/Bonjol melakukan pembangunan jamban pembuatan jamban gratis kepada Marlini (74), pembangunan jmban untuk menggugah warga untuk membiasakan diri hidup sehat.

Dandim 0305/Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito mengatakan pembuatan jamban darurat oleh TNI tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang kurang mampu.

"Kita tidak bisa membangun di setiap tempat. Tentunya harus koordinasi dengan pemerintah desa atau pun pemerintah kecamatan mana saja yang penting untuk dibangun," katanya

Dijelaskan Danrmail, tujuan dibangunnya jamban tersebut, tentunya untuk mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, terutama agar tidak BAB secara sembarang.
Kawasan yang dibangun fasilitas ini memang layak karena masyarakat tidak mampu umtuk memiliki jamban secara pribadi.

"Tidak hanya jamban, tentunya fasilitas umum lain seperti jembatan, jalan dan fasilitas umum lainnya. Kalau itu memang kondisinya sudah layak untuk dibangun akan kita usulkan ke atasan," katanya.

Dandim 0305/Pasaman, Letkol Arm Cosmas Pramundhito juga menyampaikan, program jambanisasi ini adalah salah satu program unggulan dari TNI-AD.

"Kita telah melakukan survei dan pendataan kepada rumah warga yang belum mempunyai jamban di desa yang menjadi wilayah binaan Koramil 04/Bonjol untuk program khusus dibidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," ujar Dandim.

Ditambahkan Letkol Arm Cosmas Pramundhito, pembuatan jamban adalah untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus memotivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan.

"Dengan program ini, masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki jamban bisa hidup bersih," pungkas Dandim.

Lebih lanjut dikatakan Danramil, kegiatan tersebut sekaligus untuk mendekatkan kemanunggalan antara TNI dengan warga agar selalu tetap terjalin komunikasi yang baik di lingkungan kehidupan bermasyarakat.

Hal ini senada dengan penyampaian Masrizal Habib kasi PAIS kemenag Padang pariaman, dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa"kegiatan seperti ini harus mendapat dukungan kita semua karena sudah tidak banyak yang sempat menyelenggarakan kegiatan yang bernuansa agama, lomba-lomba dalam pekan muharram salah satu bentuk syiar Islam.

Guru-guru agama yang tidak punya kreatifitas melatih anak didiknya apalagi tidak ikut berpartisipasi membawa peserta didik untuk ikut lomba kami akan memberi teguran kapan perlu kami akan beri tindakan. Termasuk bapak ibu kepala sekolah yang tidak mau memfasilitasi guru agama dan anak didiknya untuk ikut menjadi peserta lomba perlu juga diberi tindakan oleh yang berwewenang.

Kegiatan lomba pekan muharram di buka secara resmi oleh kasi PAIS mewakili kepala kemenag Padang Pariaman. Acara pembukaan dihadiri boleh uptd dan jajarannya, hadir juga camat dan unsur muspika kec. Lubuk Alung. Acara lomba berjalan dengan lancar dan sukses. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Tragis, Ayah dan Anak Kehilangan Nyawa Saat Berburu Babi di Tanah Datar

Tragis, Ayah dan Anak Kehilangan Nyawa Saat Berburu Babi di Tanah Datar

TANAH DATAR - Rabu (6/12/2017) sekira pukul 13.00 WIB, dua orang warga Tabek Boto, Jorong Baringin, Nagari Baringin,...

Politisi NasDem: Ekonomi Terjaga Baik, Pelemahan Daya Beli Hanya Isapan Jempol

Politisi NasDem: Ekonomi Terjaga Baik, Pelemahan Daya Beli Hanya Isapan Jempol

JAKARTA - Anggota Komisi XI Johnny G. Plate mengkhawatirkan berkembangnya cerita bahwa telah terjadi pelemahan daya...

Difteri Mewabah, DPR Minta Kemenkes Dievaluasi

Difteri Mewabah, DPR Minta Kemenkes Dievaluasi

NASIONAL - Wabah penyakit difteri saat ini tangah melanda berbagai daerah di Indonesia. Setidaknya ada 23 provinsi yang...

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

PADANG - Belum terlalu efektifnya penerapan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah membuat Pemerintah Kota...

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat tidak terdampak wabah difteri. Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Kesehatan...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media