minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumbar Lepas 293 Wisudawan

Minggu, 23 Oktober 2016 - 20:07:02 WIB - 610
Universitas Muhammadiyah Sumbar Lepas 293 Wisudawan

PADANG - Rahmatul Salma (24) berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,92 dalam wisuda ke-59 Universitas Muhammadiyah Sumbar di Hotel Kyriad Bumi Minang, Sabtu (23/10/2016).

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini merasa bangga dapat meraih IPK tertinggi dan menyelesaikan kuliahnya selama 4 tahun.

"Bangga, bahagia karena selama ini usaha ada hasilnya," ucap Rahmatul Salma di Hotel Kyriad Bumi Minang Padang.

Selain acara wisuda, juga digelar pemberian hadiah bagi fakultas dengan rekruitmen mahasiswa baru terbanyak kemudian penyerahan reward kepada peraih emas cabang kempo atas nama Vijay Maulana pada PON ke-19 Bandung, Jawa Barat.

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Dr. H. Shofwan Karim Elhusein mengatakan dalam konteks meninggalkan generasi yang kuat, kuat pemikiran, kuat ekonomi dan kuat ibadahnya.

Alumni UMSB diminta meneladani akhlaq rasululullah sidiq, amanah, tabligh dan fathanah dan mengaplikasikan tanfizh muswil Muhammadiyah Sumbar yang mengikuti tanfizh muktamar PP Muhammadiyah tentang dakwah amal makruf nahi mungkar dalam konteks kekinian, tajdid pembaharuan dan mendayagunakan segala potensi yang ada untuk mengaplikasi teologi Al-Maun.

Ada tiga misi utama kader Muhammadiyah antaralain dakwah amal makruf nahi mungkar, tajdid dan penerapan teologi Almaun. Amal makruf nahi mungkar harus sesuai dengan era globalisasi, berpikir pembaruan inovatif dan kreativitas dan penerapan teologi Almaun dengan menggali potensi diri dan lingkungan kompetisi diri untuk menghadapi semua tantangan zaman.

"Para lulusan UMSB tidak saja kader Muhammadiyah saja tetapi juga kader umat dan kader bangsa, maka itu dia diminta terus menggali potensi diri sambil memberdayakan umat," katanya.

Rektor UMSB, Dra Movelti Muis,M.Hum mengatakan untuk memajukan UMSB perlu kerjasama yang apik dari seluruh civitas akademika universitas Muhammadiyah Sumbar karena tanpa adanya kerjasama mustahil visi dan misi UMSB bisa tercapai. "Tahun ini kita menerima 822 mahaiswa baru tahun besok ditargetkan 2000 mahasiswa baru," katanya.

Kata Novelti, UMSB memiliki lektor kepala sebanyak 17 orang, lektor 27 orang sedangkan sisi kualifikasi akdemik doktor 15 orang dansednag menyelsaikan program doktor 18 orang.

Sebanyak 10 program studi telah terakditasi B dari 19 prodi di UMSB. Tahun ini ditargetkan 15 prodi terakreditasi B. "Tahun ajaran 2016/2017 akan hadi prodi matematika murni dan sedang proses prodi kimia dan fisika. Sedangkan fakultas akan hadir fakultas science dan teknologi," ujarnya.

"Alhamdulilah,.. berkat dukungan dari PP Muhammadiyah BPH dan PWM Sumbar sedang dibangun kampus UMSB di Bypass Bukittinggi Sumbar, sekarang baru tahap peyelesaian gedung 6 lantai dan 1 basement 39 X 20 meter persegi dengan 49 lokal dengan alokasi anggaran Rp21 milyar, yang dijadwalkan rampung maret 2017 mendatang, Saya harap gedung baru ini jadi ikon baru kota Bukittinggi," tandasnya.

"Kita berharap fakultas kehutan bisa menjadi idola baru selain fakultashukum. Kini kita lagi fokus meningkatkan akreditasi fakultas terutama alumni yang sudah ada alumninya," tuturnya.

Dia mengharapkan para lulusan Universitas bisa mengamalkan Al-Islam Kemuhammadiyahan dan mengabdikan diri bagi bangsa negar sesuai dengan disiplin yang telah diterima di bangku kuliah dan paling penting dapat menjaga nama baik almamater.

Ketua Mejelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof Dr Lincolin mengatakan "Saya harap UMSB jangan cepat puas, dan harus terus mengembangkan diri lebih baik lagi kedepannya," tandasnya.

Pihak UMSB harus membangun harmonisasi tiga pilar PTM yang terdiri dari pihak UMSB, BPH dan PW Muhammadiyah Sumbar masing dan harus saling menguatkan dan jaga terus kekompakan.

Kepada lulusan agar mengamalkan Al-Islam Kemuhammadiyahan kepada masyarakat dimanaun berada. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kemkominfo Akan Blokir Nomor HP yang Tak Teregistrasi dengan NIK KTP?

Kemkominfo Akan Blokir Nomor HP yang Tak Teregistrasi dengan NIK KTP?

NASIONAL - Pemerintah melalui Kementerian Kominfo (Kemkominfo) akan mewajibkan pemilik nomor telepon genggam prabayar...

Pemkab Padang Pariaman Bertekad Jadi Juara Lomba Sekolah Sehat 2017

Pemkab Padang Pariaman Bertekad Jadi Juara Lomba Sekolah Sehat 2017

PADANG PARIAMAN - Asisten 1 Pemkab Padang Pariaman Idarussalam mengungkapkan Pemkab Padang Pariaman Bbertekad untuk...

Gempa Darat 3,8 SR Hoyak Kabupaten Pasaman

Gempa Darat 3,8 SR Hoyak Kabupaten Pasaman

PASAMAN -- Gempa darat berkekuatan 3,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat...

Dua Kecelakaan di Tempat yang Sama Hanya Rentang Waktu 10 Menit di Tanah Datar, Renggut Satu Nyawa

Dua Kecelakaan di Tempat yang Sama Hanya Rentang Waktu 10 Menit di Tanah Datar, Renggut Satu Nyawa

TANAH DATAR - Tak berselang waktu cukup lama, 2 kecelakaan di wilayah hukum Polres Padang Panjang tepatnya di Jalan...

Semen Padang FC Resmi Depak Nil Maizar

Semen Padang FC Resmi Depak Nil Maizar

BOLA - Pelatih Semen Padang FC Nil Maizar, dipastikan tak lagi bersama timnya mengharungi laga sisa Kompetisi Liga 1...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu