berita padang - berita sumbar
headline
home berita Kesehatan

Benarkah Udara Dingin Bikin Nafsu Makan Bertambah?

Selasa, 01 November 2016 - 05:36:26 WIB - 247
Benarkah Udara Dingin Bikin Nafsu Makan Bertambah?

KESEHATAN - Ketika sedang berdiet, tentunya orang berharap untuk bisa menekan nafsu makan mereka. Namun seringkali mereka tak sadar bahwa nafsu makan bisa dipengaruhi oleh banyak hal dan faktor yang tak mereka ketahui. Meski sudah menjaga pola makan dengan baik dan melakukan olahraga, diet akan tetap terasa sulit jika Anda tak bisa mengontrol nafsu makan.


Lisa Young, Ph.D. R.D, penulis buku The Portion Teller Plan menjelaskan bahwa nafsu makan bisa bertambah karena hal-hal yang tak diperhatikan dan terlihat remeh. Berikut adalah hal tak terduga yang ternyata bisa meningkatkan nafsu makan dan menjadi penghalang untuk diet Anda, seperti dilansir oleh Women Health Mag.


1. Pendingin ruangan


Pendingin ruangan (AC) saat ini sudah digunakan di banyak tempat. Kantor, sekolah, rumah, bahkan di kamar tidur. Tak banyak yang mengetahui bahwa pendingin ruangan juga bisa meningkatkan nafsu makan. Ini karena orang cenderung makan lebih banyak di suhu yang dingin. Young menjelaskan bahwa orang akan terpicu untuk makan lebih banyak di suhu dingin agar bisa mempertahankan kehangatan tubuh dan menjaga tubuh tetap hangat. Jika tak diperlukan, sebaiknya jangan terlalu sering memakai pendingin ruangan. Buka saja jendela Anda dan dapatkan udara segar.


2. Obat-obatan


Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi juga bisa meningkatkan nafsu makan, terutama anti-depresan. Reaksi obat bagi setiap orang berbeda-beda, namun secara umum obat anti-depresan memang bisa membuat nafsu makan bertambah. Sebelum mengonsumsi obat, pastikan untuk menanyakan terlebih dahulu pada dokter mengenai efek sampingnya. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan jika obat tersebut meningkatkan rasa lapar.


3. Suplemen


Seperti halnya obat-/obatan, suplemen juga bisa mempengaruhi seseorang. Beberapa jenis suplemen bisa meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Jika Anda ingin mencobanya, coba kontrol tingkat lapar Anda setiap kali mengonsumsi suplemen. Apakah nafsu makan berubah? Jika iya, kemungkinan hal itu disebabkan oleh suplemen yang Anda konsumsi.


4. Mengubah rutinitas olahraga


Mengubah rutinitas olahraga sekali-kali memang tidak berbahaya. Namun berhati-hatilah karena mengubah rutinitas olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan. Begitu juga ketika Anda mencoba olahraga jenis baru dan berbeda dari yang pernah Anda lakukan. Jika Anda sedang berdiet dan tidak ingin memiliki nafsu makan yang tinggi, sebaiknya jangan terlalu sering mengubah rutinitas olahraga.


Itulah beberapa hal tak terduga yang bisa meningkatkan nafsu makan Anda. Jika tak ingin nafsu makan bertambah,sebaiknya perhatikan hal-hal di atas. Jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat dan suplemen. (mrd)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,makan

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Bukittinggi Gelar Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang SPA 2017

Bukittinggi Gelar Sertifikasi Kompetensi Sektor Pariwisata Bidang SPA 2017

BUKITTINGGI - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SPA Nasional Jakarta bekerjasama dengan ASDEP Pengembangan SDM...

BNI 46 Serahkan 8 Kios untuk Pedagang di Taman Panorama Bukittinggi

BNI 46 Serahkan 8 Kios untuk Pedagang di Taman Panorama Bukittinggi

BUKITTINGGI - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Padang Region Office, dalam mewujudkan kepeduliannya kepada...

Wapres JK : Bagi yang Kalah Harus Terima dengan Lapang Dada

Wapres JK : Bagi yang Kalah Harus Terima dengan Lapang Dada

JAKARTA - Wapres Jusuf Kalla menekankan apapun hasil Pilkada DKI dan siapapun terpilih, bagi yang menang harus...

Video Detik-detik Kericuhan Sidang Paripurna DPD RI

Video Detik-detik Kericuhan Sidang Paripurna DPD RI

VIDEO - Inilah puncak kericuhan dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah atau DPD yang berlangsung Senin siang...

Ditanya Soal Resuffle Kabinet, Ini Jawaban Jokowi

Ditanya Soal Resuffle Kabinet, Ini Jawaban Jokowi

JAWA BARAT - Presiden Joko Widodo menegaskan tidak ada reshuffle. Hal ini disampaikan Presiden menjawab pertanyaan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu