minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Piapi-Animasi Pacu Itik Raih Juara I Lomba Film Animasi 2016

Kamis, 03 November 2016 - 12:54:21 WIB - 788
Piapi-Animasi Pacu Itik Raih Juara I Lomba Film Animasi 2016

PADANG -- Dinas Parekraf Sumbar mengadakan acara pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba Film Animasi 2016 di Hotel Bumi Minang, Kamis (3/11/2016).

Piapi keluar menjadi juara I-animasi pacu itik, kemudian diikuti Juara II Holirur Rahman-pesona sumbar dan Harapan I-ayo trip ke Sumbar serta harapan II Andalas-animasi talempong.

Kadis Parekraf yang diwakili Sekretaris Dinas Parekraf Sumbar Karnalis Kamarudin mengatakan Dewasa ini banyak bermunculan animator-animator dalam negeri yang memeiliki prestasi dunia sebut saja Rini Triyani Sugianto, Andre Surya, Marsha Chikita Fawzi, dan masih banyak lagi. Namun banyak animator baru yang perlu mendapat ruang untuk mengekspresikan karyanya khususnya di Sumbar, makanya lomba animator ini merupahkan momentum dalam menciptakan animator handal ranah minang yang menyajikan legenda Sumbar.

Menurutnya, Sumbar memiliki banyak cerita legenda yang dikenal di masyarakat. Cerita legenda yang dikenal yaitu Siti Nurbaya dan Si Malin Kundang. Cerita legenda ini memuat nilai-nilai moral bernuansa minang yang tidak saja dijadikan sebagai tontonan tetapi juga dijadikan tuntunan hidup.

"Lomba ini sebagai ruang apresiasi dan ajang kompetisi bagi animator-animator Indonesia dan menumbuhkembangkan kepedulian berbagai pihak dan paling penting membina komunitas karya film animator. Selain itu, mereka juga diminta untuk melakukan semacam target dan janji untuk meraihnya tentang apa yang akan dia perbuat untuk memajukan dunia perfilman animasi Indonesia," jelasnya.

Sementara itu Kabid Pengembangan EKMDI, Aprimas mengatakan Kegiatan Lomba animasi ini diawali dengan workshop animasi yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Maret 2016

Kegiatan ini selain bertujuan menjadi inspirasi dan motivasi generasi muda mencintai dunia animasi, juga memperkenalkan budaya Minangkabau melalui animasi.

"Animasi merupakan kebutuhan untuk memperkenalkan kegiatan, makanya perlu SKPD perlu menjalin sinegritas dengn penggiat animasi," katanya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

 Sriwijaya FC Angkut Trio Semen Padang FC

Sriwijaya FC Angkut Trio Semen Padang FC

BOLA - Semen Padang FC memang degradasi, namun para penggawanya laku keras. Sriwijaya FC salah satu tim yang...

Penjahat Perang Pembantai Muslim Bosnia ini Minum Racun Saat Sidang

Penjahat Perang Pembantai Muslim Bosnia ini Minum Racun Saat Sidang

INTERNASIONAL - Salah satu pembantai muslim di Perang Bosnia, Slobodan Praljak melakukan aksi dramatis nan mematikan di...

Inilah Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia Rusia 2018

Inilah Jadwal Lengkap Pertandingan Piala Dunia Rusia 2018

BOLA - Sebanyak 32 tim nasional akan terlaga di Piala Dunia 2018 pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di Rusia. Rusia...

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

PADANG PARIAMAN - Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) yang terdiri oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Imigrasi...

Usai Rekrut Evan Dimas dan Ilham Udin, Ini Kata Pelatih Selengor FA

Usai Rekrut Evan Dimas dan Ilham Udin, Ini Kata Pelatih Selengor FA

BOLA - Pelatih Selangor FA, Pachaiappan Maniam sangat puas dengan kedatangan dua pemain asal Indonesia, Evan Dimas dan...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media