minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Dinas Parekraf Sumbar : Uda-Uni Jadi Penentu Masa Depan Pariwisata di Sumbar

Senin, 07 November 2016 - 23:37:17 WIB - 1070
Dinas Parekraf Sumbar : Uda-Uni Jadi Penentu Masa Depan Pariwisata di Sumbar

PADANG -- Sekretaris Dinas Parekraf Sumbar, Karnalis Kamarudin mengungkapkan Uda dan Uni Sumbar yang terpilih pada tahun ini diharapkan mampu menjadi duta wisata bagi Sumbar. Tidak hanya dituntut cerdas, inovatif dan kreatif, tetapi juga memiliki komitmen untuk menbantu mendorong pengembangan arah kebijakan pariwisata.


Artinya uda uni perwakilan Kota Padang ini tidak jadi pajangan melainkan bisa memberikan masukan pengembangan arah kebijakan pariwisata Sumbar sesuai dengan disiplin ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.


"Pesatnya pengembangan Pariwisata di Sumbar, tentunya harus diiringi dengan munculnya generasi muda energik dan potensial. Duta wisata sebagai idea central, tidak hanya cerdas, inovatif dan kreatif, dan yang paling penting, memiliki komitmen untuk membantu mendorong pengembangan pariwisata di Sumbar," ujar Karnalis usai membuka seleksi pemilihan uda-uni Sumbar di Hotel Bunda Padang, Senin, (7/11/2016)


Lanjutnya, pariwisata Sumbar merupakan sektor menjanjikan maka usaha promosi dan dan komitmen tidak hanya dtumbuhkan dari pemerintah semata melainkan pelu dukungan masayrakat termasuk para duta wisata, apalagi sumbar sedang berjuang meraih worl halal tourism.


Karnalis juga menyampaikan, selain itu Uda dan Uni Sumbar juga dituntut mampu berfungsi mengedukasi wisatawan yang datang. Sadar wisata, mampu menguasai program komunikasi pemasaran berbasis digital, serta lainnya.


"Untuk itu prinsip dasar pariwisata harus mereka kuasai, seperti mengenal wisata halal, pasar wisata Sumbar, fungsi sektor pariwisata dilihat dari sudut pandang makro (lapangan kerja, PAD, ekspor), cara berfikir yang kritis dan menganalisa permasalahan, serta mampu memberikan solusi yang tepat, inovatif dan mampu serta komit untuk berkontribusi pada pengembangan pariwisata Sumbar. Dan ini adalah salah satu kriteria utama yangakan dinilai pada penjurian nanti," ungkapnya.


Tambahnya, ajang Uda Uni Sumbar merupakan ajang kampanye Sumbare dunia luar. Karena itu, Uda Uni mesti menguasai sejumlah kriteria, diantaranya seperti menguasai bahasa asing, pemahaman agama yang baik, serta seni dan budaya.


"Duta Wisata otomatis berfungsi sebagai Public Relation (PR) yang akan mengembangkan potensi wisata ke tingkat nasional maupun internasional," tukasnya


Sementara itu Ketua Uda Uni Sumbar, Edo Afrinaldi mengatkan kegiatan empat hari ini merupakan rangkaian program ikatan uda-uni Sumbar yang dimulai pada pemilihan duta cilik dan sosialisai sapta pesona.


Dia meminta para peserta jalin terus melakukan komunikasi dengan teman, jadikan ajang silaturahim bukan persaiangan dan terus mengenalkan nama baik pariwisata masing-masing daerah


Dia berharap Uda Uni Sumbar yang nantinya menjadi duta wisata mampu melestarikan dan memperkenalkan budaya serta pariwisata Sumbar. Tidak hanya itu Uda Uni Kota Padang juga diharapkan mampu bersinergi dengan pemerintah.


"Yang terpenting, kita mengharapkan Sumbar menjadi kota tujuan wisata dengan keelokan dan kelincahan duta wisata yang mampu bersinergi dengan berbagai lapisan," harapnya.


Uni Pesisir Selatan Nia mengatakan "Alhamdulullah diberikan kesempatan untuk bersilaturahim bersama rekan-rekan uda-uni, ini merupakan pengalama yang luar biasa dan saat-saat yang membahagiakan," ujarnya.


Tambahnya, masuk di jajaran uda-uni dan meramaikan uda-uni ini sebuah pretasikan yang sangat membanggakan, terlepas dari menang ataui tidaknya tetapi setidaknya pengalaman berharga bisa dicicip di sini. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Choirul Huda Meninggal, Ini Kesaksian Striker Semen Padang FC Marcel Sacramento

Choirul Huda Meninggal, Ini Kesaksian Striker Semen Padang FC Marcel Sacramento

BOLA - Kiper Persela Lamongan, Choirul Huda meninggal setelah berbenturan dengan rekan setimnya, Ramon Rodrigues. Di...

Tekan Pungli, Mulai 2018 Padang Larang Sekolah Jual Buku LKS

Tekan Pungli, Mulai 2018 Padang Larang Sekolah Jual Buku LKS

PADANG - Pemerintah Kota Padang berniat melarang sekolah-sekolah, khusus SD dan SMP, untuk menjual buku Lembar Kerja...

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

TANAH DATAR - Kerapatan Adat Nagari Tabek Patah, segera memiliki bangunan Representatif. Kamis, (5/10/2017), pelatakan...

Inilah Merek-Merek Perkasa yang Sukses Jadi Kampiun di Dunia Digital Indonesia 2017

Inilah Merek-Merek Perkasa yang Sukses Jadi Kampiun di Dunia Digital Indonesia 2017

JAKARTA - Tren pertumbuhan digital semakin tak terbendung. Eskpansi bisnis online pun semakin meningkat. Perubahan...

Intip Keseruan Wisata Photo Alu Katentong di Luhak Nan Tuo

Intip Keseruan Wisata Photo Alu Katentong di Luhak Nan Tuo

TANAH DATAR - Ranah Minangkabau adalah anugrah tak terkira yang mempunyai pesona wisata alam, wisata kuliner dan wisata...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu