minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Trump Kalahkan Hillary, Begini Kekhawatiran Dunia

Kamis, 10 November 2016 - 01:36:21 WIB - 707
Trump Kalahkan Hillary, Begini Kekhawatiran Dunia

Jakarta - Milyader AS Donald trump secara mengejutkan akhirnya menjadi presiden Amerika Serikat dalam sebuah kemenangan salahsatu pilpres yang paling bersejarah.


Dia menjadi bintang reality show pertama dan nonpolitisi pertama sejak Dwight Eisenhower menjadi calon resmi sebuah partai besar.


Pada usia 70 tahun, di menjadi orang paling tua yang terpilih menjadi Presiden Amerika serikat.


Bahkan sebagian kalangan Republikan sendiri kaget akan kemenangan Trump. "Sejujurnya, kami benar-benar tidak menyangka dia akan menang," ujar Kym Kettler-Paddock, seorang warga AS


warga AS lainnya, Bradley Jordan yang mengatakan, kemenangan Trump membahayakan bagi bumi. "Itu berbahaya bagi planet ini. Jika Trump menang, dia akan tak akan melakukan apapun mengenai perubahan iklim dan planet ini akan kacau. Saya benar-benar tak percaya ini terjadi saat ini," tutur Jordan (59), pria asal California, AS yang tinggal di Bangkok, Thailand.


Dikatakan pria berumur 59 tahun itu, dengan kemenangan Trump ini, dia kini terpikir untuk menanggalkan kewarganegaraan AS-nya.


Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen juga menyebut kemenangan Trump merupakan "kejutan besar".


"Saya pikir Trump tahu bahwa ini bukan suara untuk dirinya, tapi lebih untuk melawan Washington, melawan pemerintahan," tutur pejabat tinggi Jerman itu seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (9/11/2016).


Jika Trump benar-benar memegang teguh ucapannya saat kampanye Pilpres AS seperti anti-Islam, rasis, membangun tembok dengan Meksiko dengan membebankan biayanya pada Meksiko, mencegah imigran dan sebagainya, maka Indonesia mungkin akan sulit berhubungan dengan AS.


Selanjutnya, Trump menekankan bahwa AS harus kuat. Implikasinya, AS akan mengutamakan kekuatan militer, lebih ofensif, terutama di wilayah-wilayah konflik.


Trump berbicara agak keras dalam masa kampanye. Lazimnya, kampanye memerlukan pernyataan dan sesuatu yang ekstrem.


Namun jika Trump mewujudkan janji kampanye itu, Trump dinilai lebih parah dari pada masa George W Bush. Amerika akan menakutkan bagi dunia dan malah jadi musuh bersama.


Tapi apakah kemenangan Trump betul-betul begitu mengkhawatirkan? Beberapa pengguna berpendapat beda. Dari Facebook BBC Indonesia, Jermia Manu menulis, "itu pilihan AS dengan semua risikonya. Muslim moderat harus rapatkan barisan untuk miliki sikap jelas dan tegas terhadap segelintir radikal ekstrim."


Lainnya berpendapat, "Trump akan memperkuat perdamaian dunia karena dia lebih bijak, dalam pidatonya berkata pahit supaya hasilnya manis. Jarang-jarang ada yang begitu rata rata berkata manis tapi apa?" kata Zenifer Liem.


Kemenangan Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat merupakan salah satu 10 risiko tertinggi yang dihadapi dunia, menurut kajian the Economist Intelligence Unit (EIU).


Divisi riset dan analisa majalah the Economist itu memperingatkan bahwa keberadaan Trump pada kursi presiden AS bisa berdampak pada situasi keamanan dan politik dunia.
Pada skala risiko 1 hingga 25, naiknya Trump sebagai presiden AS dikategorikan 12. Berdasarkan angka tersebut, Trump menduduki peringkat enam dalam 10 risiko tertinggi.


Sementara itu bagi warga Muslim sendiri, menangnya trump menjadi momok yang menakutkan, Trump bersikap keras terhadap imigrasi dan mengatakan ia akan membangun tembok antara Meksiko dan Amerika Serikat untuk menghentikan orang yang masuk secara gelap. Trump akan mengusir imigran ilegal yang tinggal di Amerika termasuk warga muslim. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,internasional

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19

Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19

BOLA - Timnas Indonesia U-19 akan kembali turun gelanggang di ajang uji coba internasional. Kali ini, tim asuhan Indra...

Hingga Senin (9/10), 15 Negara Sudah Memastikan Tiket ke Piala Dunia 2018

Hingga Senin (9/10), 15 Negara Sudah Memastikan Tiket ke Piala Dunia 2018

BOLA - Piala Dunia 2018 sampai hari ini Senin (9/10/2017) sudah meloloskan sebanyak 15 negara termasuk tuan rumah...

Wali Kota Padang Mahyeldi : Waspadai Ancaman Komunis Gaya Baru

Wali Kota Padang Mahyeldi : Waspadai Ancaman Komunis Gaya Baru

PADANG - Komunis pernah mencoba berkuasa di Indonesia sekitar 52 tahun silam. Puncaknya, 30 September 1965, Partai...

Waspada, Belum Satu Tahun, Pengungkapan Kasus Narkoba di Tanah Datar Capai Angka Signifikan

Waspada, Belum Satu Tahun, Pengungkapan Kasus Narkoba di Tanah Datar Capai Angka Signifikan

TANAH DATAR - Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH melalui Wakapolres Kompol. Hendra Syamri, SH...

Sebelum Lebaran 2019, Ruas Tol Padang-Sicincin Sudah Dapat Berfungsi

Sebelum Lebaran 2019, Ruas Tol Padang-Sicincin Sudah Dapat Berfungsi

PADANG PARIAMAN - Pembangunan tol Padang-Pekanbaru akan segera terwujud, karena Pemerintah menargetkan sebelum lebaran...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu