berita padang - berita sumbar
headline
home berita Mentawai

Nasrul Abit : Pengembangan Mentawai Keluar dari Daerah Tertinggal Merupakan Priotitas Pemerintah

Kamis, 10 November 2016 - 13:45:44 WIB - 289
Nasrul Abit : Pengembangan Mentawai Keluar dari Daerah Tertinggal Merupakan Priotitas Pemerintah

MENTAWAI - Wagub Nasrul Abit mengungkapkan, Kunjungan Tim pemprov. Sumbar ke Mentawai untuk mendapatkan beberapa data dan informasi kondisi dan solusi pelaksanaan pembangunan kabupaten Kepulaun Mentawai, agar Kabupaten Kepulauan Mentawai terlepas dari ketegori daerah teringgal. Untuk itu diharapkan kawan-kawan dari Pemkab Kepulauan Mentawai dapat membantu menyempurnakan data ini, sehingga ini akan menjadi bahan penting dalam percepatan pembangunan Mentawai.


"Ketika kami baru dilantik di Istana Negara, Buk Megawati menitip pengembangan pembangunan Kepulauan Mentawai, bagaimana upaya meningkatkan kesejateraan masyarakat disini. Dan hasil kunjungan kerja ini akan secepatnya dilaporkan secara tertulis kepada Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, yang kemudian diharapkan akan ditindaklanjuti oleh pemerintahan saat ini," terang wagub Nasrul Abit.


Katanya, Untuk mendapat data dan informasi lebih cepat, maka rombongan tim kunker ini dibagi dua tim yang masing-masing tim memiliki sektor teknis yang sama, walaupun saat ini baru khusus pada pulau Siberut Utara, Siberut Barat, Siberut Barat Daya, Siberut tengah dan Siberut Selatan. Namun karena kondisi cuaca badai dan gelombang laut yang tidak baik, kunjungan ke Siberut Barat batal dilakukan, sementara yang lain tetap dilakukan semaksimal mungkin.


Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan, "Dalam kurun waktu 3 tahun yang tersisa ini kita berharap pembangunan disektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengembangan ekonomi masyarakat dan dunia kepariwisataan Sumatera Barat. Semua yang kita rencana saat ini menjadi tanggungjawab SKPD terkait dengan program yang dilakukan, yang nantinya akan diseiringkan dengan visi dan misi kepala daerah terpilih nantinya," himbau Nasrul Abit.


Nanti di Padang kita akan rapat lagi membahas segalanya, termasuk terhadap pelaksanaan pembangunan sesuai kewenangan daerah dan pemerintahan pusat dan kemungkinan kita mengajak investor.


"Kita akan finalkan secepatnya untuk segera menyampaikan ke pemerintah pusat melalui Menko Bidang Pembangunan SDM dan Kebudayaan Buk Puan Maharani," ujar Nasrul Abit dalam kunjungan kerja ke Mentawai di ruang rapat kantor Camat Siberut Selatan, di Muara Siberut, Selasa (8/11/2016).


Wagub Nasrul Abit juga menyampaikan rasa senang dan bangga akan kerjasama tim dan penerimaan pemerintah dan masyarakat Mentawai amat baik dan bersahabat. Untuk itu kami sampaikan apresiasi penghargaan dan terima kasih, ungkapnya.


Selain itu, Wagub nasrul Abit mengungkapkan Kebupaten Kepulauan Mentawai menyimpan potensi pariwisata yang tak kalah dari Bali, Mentawai merupakan surganya para pelancar, ombak yang tinggi dan keindahan alam yang memukau menambah daya tarik wisata, lebih dari 6000 wisatawan tiaptahunnya sudah menginjakan kaki di Kepulauan Mentawai. "Ini potensi yang perlu terus disupport baik pemprov maupun Pmerintah pusat," ujarnya.


Asisten Pembangunan Mentawai D. Lubis mengatakan, Kunjungan Wakil Gubernur bersama Tim pemprov. Sumbar ke Mentawai telah membuka harapan dan semangat kami untuk memajukan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, minimal saat ini upaya langkah untuk pelaksanaan pembangunan di Pulau Siberut.


Asisten Pembangunan D Lubis menyampaikan, "Saat ini angka kemiskinan Kabupaten Kepulauan Mentawai masih tinggi sebesar 14 persen, hal ini karena pendapat inkam perkapita masih dibawah standar . Kemudian derjat kesehatan masih rendah, karena persoalan air bersih dan perumahan rakyat yang relative masih sangat sederhana, disamping persoalan listrik belum merat," katanya.


Dan dari prolematikan kondisi tantangan alam yang terjadi di Mentawai sering terjadi , gempa, banjir dan abrasi pantai. Abrasi pantai cukup tinggi di Sikabaluan, dimana ada sekolah terkena belum dapat ditanggulanggi oleh Pemkab Kepulauan Mentawai.


"Selain itu yang menjadi kebutuhan mendesak dalam memajukan pembangunan Mentawai, adalah pembangunan infrastruktur jalan dan transportasi. Dimana saat ini dalam peningkatan sektor pembangunan daerah pendidikan, kesehatan dan ekonomi terkendala jalan dan transportasi ini," ungkap D Lubis.


Walaupun saat ini pemkab Kepulauan Mentawai secara berpelan-lahan telah menunjukan berapa kemajuan dalam 10 tahun terakhir ini dengan telah ada SMA dan Pukesmas di setiap kecamatan serta 1 perguruan tinggi di Tua Pejat.


Kita berharap Wagub dan tim juga hendak mengunjungi daerah- daerah lain, seningga dapat pula menjadi pemikiran dan langkah-langkah yang baik dalam memajukan percepatan pembangunan Kabupaten Kepulaian Mentawai secara umum, harapnya.


Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Mentawai yang diwakili Asisten Pembangunan D. Lubis, Camat, dan Tim Penghimpun Data dan Informasi Percepatan Pembangunan Mentawai Pemprov. Sumbar, serta beberapa SKPD terkait Pemkab Kepulauan Mentawai. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: mentawai,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Walikota Padang : Valentine Day Bukan Tradisi Orang Timur Apalagi Orang Minangkabau

Walikota Padang : Valentine Day Bukan Tradisi Orang Timur Apalagi Orang Minangkabau

PADANG - Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mewanti-wanti masyarakat Kota Padang agar tidak ikut-ikutan merayakan...

Ratusan Pelajar Bukittinggi Ikuti Pelatihan Bela Negara dan Kemah Kebangsaan

Ratusan Pelajar Bukittinggi Ikuti Pelatihan Bela Negara dan Kemah Kebangsaan

BUKITTINGGI - Sebanyak 150 pelajar SLTA sederajat dari 19 sekolah, terdiri dari 100 siswa sekolah negeri dan 50 siswa...

 Pemko Payakumbuh terapkan E-Lelang pada Tahun ini

Pemko Payakumbuh terapkan E-Lelang pada Tahun ini

PAYAKUMBUH - Kinerja Pemerintah Kota Payakumbuh dari tahun-ke tahun semakin baik. Prestasi ini terlihat dari sisi...

Edarkan Sabu, Pegawai Honorer di Pariaman ini Diciduk Polisi

Edarkan Sabu, Pegawai Honorer di Pariaman ini Diciduk Polisi

PARIAMAN - Satnorkoba Polres Pariaman ringkus dua orang bersaudara pengedar sabu di Perumahan Melati Indah, Kelurahan...

Pemko Payakumbuh Bantah Rampas Tanah Warga untuk Bangun RTH Bendungan Talawi

Pemko Payakumbuh Bantah Rampas Tanah Warga untuk Bangun RTH Bendungan Talawi

PAYAKUMBUH - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menyikapi serius persoalan tanah ruang terbuka hijau (RTH) di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu