minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Yogie dan Izniaritza Dinobatkan Jadi Uda dan Uni Sumbar 2016

Jumat, 11 November 2016 - 11:04:31 WIB - 1796
Yogie dan Izniaritza Dinobatkan Jadi Uda dan Uni Sumbar 2016

PADANG - Yogie dan Izniaritza terpilih sebagai Uda Uni Sumbar 2016. Keduanya dinobatkan pada malam grand final Duta Wisata Uda Uni Sumbar 2016 di Convention Hall Universitas Putra Indonesia Padang, Kamis (10/11/2016).


Yogie Tio Prakoso dan Izniaritza tampil sebagai Uda Uni Sumbar 2016 usai menyisihkan 26 pasangan peserta lainnya. Keduanya terpilih setelah melalui proses penjurian yang cukup alot. Mereka dianggap tepat karena mampu memenuhi kriteria yang ditetapkan lima dewan juri.


Dewan juri juga menetapkan Lisa Putri Manela (Pariaman) Hendra Lesmana (Pasbar) sebagai juara Harapan I Uda Uni. Sedangkan Harapan II Uda-Uni Rivaldi Ing Furqoni (Payakumbuh) dan Desri Wenita (Padang Pariaman).


Yogie Tio Prakoso (22), mahasiswa Politekhnik Unand ini mengatakan saya siap mengembangkan pariwisata di Sumbar, dengan kerja nyata untuk pariwisata Sumbar melalui media sosial maupun event lainnya.


Sedangkan Izniaritza yang sebelumnya Uni Pessel mengucapkan terima kasih atas sumbangan moril dari warga Pessel atas dukungan dan anugerah menjadi uni Sumbar.


Kata wanita mahasiswaUniversitas Dharma Andalasa jurusan D3 Akutansi ini, Uni Sumbar merupakan kerja berat makanya butuh dukungan seluruh stage holder pariwsata untuk membangun pariwisata halal di Sumbar dengan komitmen dan kerja nyata dan meningkatkan kepdulian masyarakat terhadap pengembangan wisata halal di Sumbar.


Wakil Gubernur, Nasrul Abit berharap Uda Uni Sumbar yang nantinya menjadi duta wisata mampu melestarikan dan memperkenalkan budaya serta pariwisata Sumbar. Tidak hanya itu Uda Uni Sumbar juga diharapkan mampu bersinergi dengan seluruh lapisan.


"Yang terpenting, kita mengharapkan uda uni Sumbar terus memeprekanalkan wisata halal yang serius dikembangkan di Sumbar dengan keelokan dan kelincahan duta wisata yang mampu bersinergi dengan berbagai lapisan," harap Wagub kepada seluruh grand finalis.


Nasrul menuturkan, ajang Uda Uni Sumbar merupakan ajang kampanye Kota Padang ke dunia luar. Karena itu, Uda Uni Sumbar mesti menguasai sejumlah kriteria, diantaranya seperti menguasai bahasa asing, pemahaman agama yang baik, serta seni dan budaya. Namun tidak hanya itu dengan peralihan pariwisata dari dari manual tourism menjadi digital social tourism, uda uni menjadi duta dikalangan untuk memperkenalkan keelokan destinasi wisata Sumbar di kalangannya melaluu medsos Instagram, Whatsapp dan lainnya


"Duta Wisata otomatis berfungsi sebagai Public Relation (PR) yang akan mengembangkan potensi wisata ke tingkat nasional maupun internasional," tukas Wagub


Ajang pemilihan Uda Uni Sumbar adalah bahagian yang tak terlepas dengan kepemudaan. Ditekankan Sumbar, saat ini potensi kepemudaan di Indonesia cukup besar dan begitu diperhitungkan. Potensi pemuda Indonesia cukup besar di kawasan Asean. "Potensi pemuda Indonesia menyumbang 30 persen untuk lingkup Asean," terang Nasrul Abit.


Karena itulah, Nasrul Abit berharap potensi pemuda mesti dikanalisasi. Tersalurkan dengan baik. Salah satunya lewat ajang pemilihan Duta Wisata Uda Uni Sumbar. "Jika potensi tidak tersalurkan, akan mengalir ke tempat lain, menjadi negatif dan merugikan negara," ungkap Wagub.


Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar, Didit P Santoso mengungkapkan Uda dan Uni Sumbar yang terpilih pada tahun ini diharapkan mampu menjadi duta wisata bagi Sumbar. Tidak hanya dituntut cerdas, inovatif dan kreatif, tetapi juga memiliki komitmen untuk menbantu mendorong pengembangan arah kebijakan pariwisata.


Artinya uda uni perwakilan Sumbar ini tidak jadi pajangan melainkan bisa memberikan masukan pengembangan arah kebijakan pariwisata Sumbar sesuai dengan disiplin ilmu dan pengalaman yang mereka miliki.


"Pesatnya pengembangan Pariwisata di Sumbar, tentunya harus diiringi dengan munculnya generasi muda energik dan potensial. Duta wisata Sumbar sebagai idea central, tidak hanya cerdas, inovatif dan kreatif, dan yang paling penting, memiliki komitmen untuk membantu mendorong pengembangan pariwisata di Sumbar," ujarnya.


Lanjutnya, pariwisata Sumbar merupakan sektor menjanjikan maka usaha promosi dan dan komitmen tidak hanya dtumbuhkan dari pemerintah semata melainkan pelu dukungan masyarakat termasuk para duta wisata, apalagi sumbar sedang berjuang untuk mendapatkan anugerah world halal tourism.


Namun begitu, Dinas Parekraf Sumbar tak ingin Duta Wisata hanya sebagai pelengkap saja. Akan tetapi juga memiliki program yang dapat menyentuh pengembangan pariwisata di Sumbar.


"Bagaimana mengupayakan warga di sekitar objek wisata sadar sapta pesona dan memberikan pelayanan baik kepada pengunjung," harapnya.


Sebelumnya, salah seorang juri Uda Uni Sumbar 2016, Sari Lenggogeni, berharap Uda Uni terpilih agar mampu menjadi duta wisata. Tidak hanya dituntut cerdas, inovatif dan kreatif, dan cantik tetapi juga memiliki komitmen untuk membantu mendorong pengembangan pariwisata Sumbar. "Saya tekankan kepada uda uni bukan ajang untuk cari salempang tetapi kerja nyata untuk mebangun pariwisata Sumbar, maka dibutuhkan komitmen moral dari uda uni memperkenalkan wisata halal," katanya.


Dia berharap pemerintah bisa betul memanfaatkan para duta pariwisata untuk menjadi duta pariwisata sebagai ujung tombak pengembangan pariwisata, dengan kemampuan media sosial yang emreka miliki dia mampu menjadi corong pengembanagn pariwisat di Sumbar.


Tambahnay, ada dua hal pengembangan yang perlu dilakukan pemerintah pengembangan industri fashion muslimah dan industri wisata halal itu sendiri, pemerintah diminta fokus dengan keduanya.


"Pesatnya pengembangan Pariwisata Sumbar, tentu harus diiringi dengan munculnya generasi muda millenial. Duta wisata sebagai idea centres, tidak hanya cerdas, inovatif dan kreatif, dan yang paling penting, memiliki komitmen untuk membantu mendorong pengembangan pariwisata di Kota Padang," harap Sari.


Pada malam grand final itu, Uda dam Uni Sumbar Kota Padang 2016 menerima hadiah dari Wakil Gubernur Sumbar, masing-masing mendapatkan Rp5juta. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PKPU Pariaman Launching Tahapan dan Maskot Pilkada 2018

PARIAMAN - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Wahyu Setiawan me-launching Tahapan Pemilihan (Pilkada) Kota Pariaman...

Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk Bayur

Warga Gaung Padang Keluhkan Tumpahan CPO di Perairan Teluk Bayur

PADANG - Warga Gaung, Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluhkan minyak olahan kelapa sawit yang...

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

Pembangunan Gedung KAN Tabek Patah, Peran Aktif Anggota DPRD Diapresiasi Ketua LKAAM Tanah Datar

TANAH DATAR - Kerapatan Adat Nagari Tabek Patah, segera memiliki bangunan Representatif. Kamis, (5/10/2017), pelatakan...

Semen Padang FC Bantah Rekrut Jafri Sastra

Semen Padang FC Bantah Rekrut Jafri Sastra

BOLA - Nama Jafri Sastra kembali dikaitkan dengan kursi kepelatihan Semen Padang FC setelah Nil Maizar mengundurkan...

Video Peserta Basitungkin di Ajang Pacu Jawi di Desa Terindah Dunia Pariangan Sumbar

Video Peserta Basitungkin di Ajang Pacu Jawi di Desa Terindah Dunia Pariangan Sumbar

TANAH DATAR - Pacu Jawi merupakan acara permainan tradisional anak nagari (desa) kembali di Gelar di Desa terindah di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu