minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Agam

Jalur Padang Pariaman-Bukittinggi sudah bisa Dilewati kendaraan

Minggu, 04 Desember 2016 - 19:10:11 WIB - 2266
Jalur Padang Pariaman-Bukittinggi sudah bisa Dilewati kendaraan

AGAM - Akses jalan di Balingka (SIMAKA) Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam yang merupakan akses jalur Padang Pariaman-Bukittinggi, saat ini sudah bisa dilalui dengan normal oleh pengendara setelah daerah jalan tersebut tertimbun material longsor pada Sabtu, (3/12/2016) dini hari.


Penanganan sempat tersendat karena cuaca buruk, Hingga pagi ini, Minggu (4/12/2016) tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam membawa satu unit alat berat dan beberapa orang personil, sehingga sekitar paginya, jalan sudah bisa dilalui.


Menurut informasi dilapangan, bencana longsor yang terjadi di jalan utama Malalak yang menghubungkan Padang pariaman-Bukittinggi tersebut terjadi pukul 02.30wib, Sabtu (3/12/2016) dini hari.


Bupati Agam Indra Catri mengingatkan seluruh anggota Satgas Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) supaya siaga penuh dan seluruh peralatan supaya dipastikan dalam kondisi siap aktif.


"Kita meminta agar masyarakat Agam yang berada di daerah perbukitan untuk ekstra hati-hati terhadap bencana yang akan melanda, karena mengingat tingginya curah hujan sampai akhir tahun ini," terang Bupati Agam Indra Catri.


Bupati juga menegaskan camat tetap berada wilayahnya saat cuaca masih rawan.


Bupati menambahkan, kondisi Malalak memang masih sulit diprediksi. Hampir semua wilayah kecamatan yang rawan bencana longsor dan banjir mendesak untuk ditangani termasuk Kecamatan lainnya yang masih diguyur hujan.


"Khusus Lubuk Basung juga rawan banjir, penyumbatan riol dan got dari sampah pasar sangat berpotensi menimbulkan banjir," katanya.


Untuk itu pihaknya meminta semua komponen memperhatikan dan tidak membuang sampah sembarangan.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Yunaidi mengatakan, enam titik longsor itu terjadi di Mungko Jalan, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya sebanyak dua titik pada Sabtu (3/12) sekitar 2:30 WIB.


Sedangkan dua titik longsor terjadi di Kecamatan Malalak, mengakibatkan jalan penghubung Padang Pariaman menuju Bukittinggi tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.


Longsor di dua titik anataralain titik pertama di Bukik Apik, Nagari Malalak Timur, terjadi pada Sabtu (3/12) sekitar pukul 6.30 WIB, dengan panjang material sekitar sembilan meter dan tinggi tiga meter. Sedangkan Titik kedua, di Malalak Selatan terjadi pada Sabtu (3/12) sekitar pukul 2.30 WIB, dengan tinggi sekitar tiga meter dan panjang 10 meter.


"Alhamdulillah,..Tidak ada korban jiwa akibat longsor melanda daerah itu. Namun mengakibatkan akses jalan dari Tanjung Sani ke Sungai Batang tidak bisa dilalui kendaraan dan 10 petak keramba jaring apung di Danau Maninjau rusak akibat tertimbun material longsor, hanya dua unit rumah rusak ringan tertimbun longsor," katanya.


Ia mengimbau kepada warga yang berada di dataran tinggi dan melewati daerah perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban, karena curah hujan diperkirakan masih terjadi di daerah itu sampai awal Januari 2017.


Secara terpisah, Camat Palupuh Herizon juga menyampaikan terjadi longsor tadi malam di dua titik yaitu kilometer 34 di Jorong Kuran-kuran dan Km 29 di Jorong Angge Palimbatan yang menutup sepertiga badan jalan ruas Bukittinggi - Pasaman. (Andre)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

BMKG Minangkabau Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk

BMKG Minangkabau Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk

PADANG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca buruk di Sumatera Barat...

Jamaah Haji Kota Pariaman Kloter 15 Mendarat dengan selamat di BIM

Jamaah Haji Kota Pariaman Kloter 15 Mendarat dengan selamat di BIM

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman bersama Ka.kan.kemenag Kota Pariaman Muhammad Nur lakukan penjemputan...

Petugas Lengah, Terdakwa Narkoba di Padang Ini Kabur Usai Sidang

Petugas Lengah, Terdakwa Narkoba di Padang Ini Kabur Usai Sidang

PADANG - Dituntut 7,5 tahun hukuman pencara, terdakwa kasus narkoba berusaha melarikan diri usai menjalankan sidang di...

Hati-hati, Sebagian Kota Padang Terendam Banjir

Hati-hati, Sebagian Kota Padang Terendam Banjir

PADANG - Banjir melanda sebagian Kota Padang dan sekitarnya Sabtu (9/9/2017) dini hari, sekitar pukul 15.30 WIB. hal...

PSG beli Neymar dan Mbappe, UEFA Turun Tangan

PSG beli Neymar dan Mbappe, UEFA Turun Tangan

BOLA - PSG melakukan dua transfer spektajkuler musim panas ini. Setelah membajak Neymar dari Barcelona, PSG juga...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu