berita padang - berita sumbar
headline
home berita Olahraga

Selangkah Lagi Angkat Trofi AFF 2016, Indonesia Tekuk Thailand 2-1 Final AFF Leg I

Rabu, 14 Desember 2016 - 22:42:15 WIB - 503
Selangkah Lagi Angkat Trofi AFF 2016, Indonesia Tekuk Thailand 2-1 Final AFF Leg I

BOGOR - Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand pada leg I final Piala AFF Championship di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (14/12/2016). Hansamu Yama menjadi penentu kemenangan tim Merah Putih dalam laga pada menit 70.


Indonesia menang berkat gol Rizky Pora dan Hansamu Yama. Adapun gol tunggal Thailand dicetak Teerasil Dangda pada menit ke-33.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyempatkan menonton pertandingan di sela-sela kunjungannya ke Iran


Seperti laga-laga sebelumnya yang terus menegangkan bagi loyalis Merah-Putih, pada laga ini Boaz Solossa cs juga sempat tertinggal lebih dulu oleh Thailand. Namun akhirnya bisa membalikkan keadaan.


Timnas Indonesia akan kembali menantang Thailand pada leg kedua di Stadion Rajamangala, 17 Desember nanti.


Babak Pertama


Tak ada indikasi timnas Indonesia bakal bermain menunggu pada laga ini meski lawan mereka tim sekelas Thailand. Bahkan, tim Merah-Putih mampu melepaskan umpan-umpan yang membahayakan ke daerah Thailand.


Sepuluh menit pertama berlangsung cepat, blunder Rizky Pora yang tak bisa menguasai bola dengan baik nyaris membuat Chanathip Songkrasin membobol gawang kawalan Kurnia Meiga. Untung saja bola masih melenceng.


Nasib kurang baik harus diterima Andik Vermansah, setelah ia coba berduel dengan dua pemain Thailand dirinya malah harus tersungkur dan minta diganti. Zulham Zamrun akhirnya masuk pada menit ke-19 menggantikan Andik.


Sempat bisa menyerang dan menekan melalui Rizky Pora, Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly. Timnas Indonesia akhirnya harus dibobol lebih dulu oleh Thailand, dan lagi-lagi diciptakan oleh Teerasil Dangda melalui sundulan usai menerima umpan berkelas Theerathon Bunmathan. 1-0 di menit 33.


Beberapa menit berselang, Boaz yang dikepung pemain Thailand akhirnya coba melepaskan tembakan jarak jauh yang masih menyamping. Sejurus kemudian, kombinasi pemain Thailand coba diselesaikan Chanathip, namun bola masih bisa diamankan Kurnia Meiga.


Thailand begitu tenang dan rapi dalam melancarkan serangan mau pun bertahan. Selain itu, sisi kanan timnas Indonesia terus jadi sasaran pascgol dari Dangda. Paruh pertama pun selesai dengan skor 1-0 untuk tim Gajah Perang.


Babak Kedua


Belum tiga menit babak kedua berjalan, Pokklaw A-Nan sudah mampu melakukan penetrasi seorang diri ke pertahanan timnas Indonesia. Untung saja Fachruddin Wahyudi sedikit mengganggunya dan laju Pokklaw bisa dibendung Meiga.


Kroekrit Thamwikan terus-menerus mengirim umpan tajam dari sisi kanan pertahanan timnas Indonesia, Meiga dibuat berulang kali melakukan penyelamatan yang cukup bikin tegang. Timnas Indonesia seakan buntu untuk menyerang.


Menit ke-61, Sarawut Masuk melaju ke kotak penalti seorang diri dan melepaskan tendangan lemah yang untuk ditepis diblok Meiga. Beberapa menit berselang, giliran Boaz Solossa yang mengirim umpan silang namun tak mampu ditangkap Kawin Thamsatchanan. Tapi bola bisa disapu pemain Thailand.


Kebuntuan timnas Indonesia pecah pada menit ke-65. Laju Rizky Pora hampir dari setengah lapangan diselesaikan dengan tendangan dari luar kotak penalti. Bola mengenai badan Tristan Do sehingga mengubah arah dan membuat Kawin mati langkah.


Gol dari Rizky membuat semangat timnas Indonesia bangkit sehingga serangan lebih lancar. Gol kedua pun terjadi untuk timnas Indonesia lewat sundulan Hansamu Yama yang menerima umpan penjuru Rizky Pora. Pakansari kembali bergemuruh.


Pergantian penting kembali dilakukan kedua tim, timnas Indonesia bahkan menarik Boaz Solossa digantikan Ferdinand Sinaga. Sementara Thailand menambah daya serang dengan memainkan Charyl Chappuis dan Siroch Chattong.


Lima menit jelang laga berakhir fokus timnas Indonesia terpusat di pertahanan. Para pemain bahu-membahu menahan gebrakan dari pemain Thailand. Rizky sampai harus menerima perawatan karena salah tumpuan usai menyapu bola.


Skor nyaris saja jadi 3-1 untuk timnas Indonesia kalau saja Kawin tak melakukan penyelamatan dobel yang gemilang. Ferdinand Sinaga yang masuk gantikan Boaz melepaskan tendangan keras dan ditepis, Lerby Eliandry menyambar bola muntah namun bisa ditangkap Kawin.


Hingga wasit meniup peluit akhir, kemenangan akhirnya tetap jadi milik timnas Indonesia pada leg pertama ini. Berkat gol dari Rizky Rizaldi Pora dan Hansamu Yama.


Susunan Pemain


Indonesia: Kurnia Meiga; Benny Wahyudi (menit 69 Lerby Eliandry), Hansamu Yama, Fachruddin Wahyudi, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (menit 19 Zulham Zamrun), Stefano Lilipally, Rizky Pora; Boaz Solossa (menit 78 Ferdinand Sinaga).


Thailand: Kawin Thamsatchanan; Tristan Do, Adison Promrak, Kroekrit Thamwikan (menit 68 Peerapat Notchaiya), Koravit Namwiset, Theerathon Bunmathan, Sarawit Masuk (menit 73 Siroch Chattong), Sarach Yooyen, Pokklaw A-Nan (menit 80 Charyl Chappuis), Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda. (gl/RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional,sport

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Kampanye Akbar F-Win, Presiden PKS : Bersama Sosok Muda Riza Falepi Lanjutkan Pembangunan

Kampanye Akbar F-Win, Presiden PKS : Bersama Sosok Muda Riza Falepi Lanjutkan Pembangunan

PAYAKUMBUH - Ribuan masyarakat Kota Payakumbuh menghadiri kampanye akbar pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Pemilihan...

Semen Padang FC Libas PSCS Cilacap 5 Gol Tanpa Balas

Semen Padang FC Libas PSCS Cilacap 5 Gol Tanpa Balas

BOLA - Peluang Semen Padang FC lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2017 semakin besar. Itu setelah, mereka...

Juara MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Pemko Bukittinggi Janjikan Bonus Umroh

Juara MTQ ke-37 Tingkat Sumbar, Pemko Bukittinggi Janjikan Bonus Umroh

BUKITTINGGI - Training Centre (TC) Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kafilah Kota Bukittinggi tahun 2017 yang akan...

Lagi Asyik Kerja, Tukang di Padang Panjang ini Temukan Granat Nanas Aktif, Nyaris jadi Korban

Lagi Asyik Kerja, Tukang di Padang Panjang ini Temukan Granat Nanas Aktif, Nyaris jadi Korban

PADANG PANJANG - Sebuah granat genggam atau granat nanas ditemukan di rumah tua milik Hasnah (63) warga Jalan Bahder...

Pertama di Sumbar, Wawako Pariaman Launching Program UPIAK

Pertama di Sumbar, Wawako Pariaman Launching Program UPIAK

PARIAMAN - Wakil Walikota Pariaman Genius Umar melaunching Unit Pelayanan Informasi, Adovakasi dan Keluhan (UPIAK) Kota...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu