berita padang - berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Kelompok Tani Talago Sakato Padang Pariaman Terima Bantuan Mesin Perah Susu

Rabu, 21 Desember 2016 - 02:11:15 WIB - 238
Kelompok Tani Talago Sakato Padang Pariaman Terima Bantuan Mesin Perah Susu

PADANG PARIAMAN - Dalam rangka peningkatan dan pengembangan kualitas Super (Susu Perah) di Padang Pariaman Dinas Pertanian Bidang Peternakan terus memberikan support terhadap para pengelola Kelompok Tani penghasil susu sapi perah.


Untuk mendapatkan susu kualitas terbaik dan tetap terjaga kehigienisanya para pengusaha SSP (Susu Sapi Perah) perlu ditunjang dengan alat yang lebih medern seperti alat bantu perah.


Kepala DISTANAKHUT Kab Padang Pariaman Yurisman Yakub SP.MM melalui Kabid Peternakan Zulkhalisman,S.Pt.MM Senin, (19/12/2016) menyerahkan seperangkat alat bantu perah susu sapi kepada Kelompok Tani penghasil susu sapi perah “Talago Sakato” yang diterima lansung oleh Ketua Kelompok Bpk Afriadi diruang kerja Sekretaris Distannakhut dan dilanjutkan praktek lapangan pengunaan alat perah susu sapi kekandang peternakan sapi perah di Kayu Tanam.

Seperangkat bantuan yang diserahkan lansung berupa Mesin pemeras susu, Karpet alas untuk pemerasan, Milk Kehend, Ember perah ”15 ltr , Cool Box bantuan yang diberikan oleh pemerintah Kab Padang Pariaman guna untuk meningkatkan kualitas produksi susu dan menunjang kesejahteraan para petani penghasil susu sapi perah.


Lebih lanjut Zulkhalisman menyampaikan agar memanfaatkan peralatan tersebut semaksimal mungkin untuk meningkatkan kejahteraan para petani susu perah berkembang dan mendiri.


Tidak hanya sampai disitu Zul berharap kepada masyarakat petani kita di Padang Pariaman bisa memanbah kelompok tani penghasil susu sapi perah demi mencukupi permintaan kebutuhan susu di Padang Pariaman mengingat prospek susu sapi perah semakin meningkat.


Kelompok Tani “Talago Sakato” Korong Padang mantuang Kec Kayu Tanam salah satu Keltan penghasil susu sapi perah di Kab Padang Pariaman berdiri semenjak tiga tahun lalu sampai sekarang sudah memproduksi susu sapi perah sekitar 150 lt susu sapi murni setiap harinya.


Menengok prospek dan kejahteraan petani susu sapi perah sekarang sudah memiliki omset 25 jt perbulan disamping anggota kelompok juga mempekerjakan 6 orang sebagai tenaga honorer di Kelompok tani tersebut dengan bayaran gaji setiap bulanya 1.7jt.


Prospek pasar dengan harga jual susu murni 8000/ltr kami juga sangat kewalahan untuk memenuhi permintaan pasar yang berkisar hanya dipasaran lokal dalam Provinsi Sumbar.


Ketua kelompok Afriadi mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah Padang Pariaman yang sudah melakukan pembinaan dan memberikan suppor yang begitu banyak tentang pengembangan Produksi Susu Sapi perah di kelompok kami.


Dalam waktu dekat kami juga akan mengembankan fasilitas kandang anak yang lebih memadai dan kami juga akan berkordinasi dalam pengembangan ini kepada pemerintaha daerah setempat harap Af. (syamsul)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,ekonomi,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Minibus Terjun Masuk Sungai di Pesisir Selatan, Dua Orang Tewas

Minibus Terjun Masuk Sungai di Pesisir Selatan, Dua Orang Tewas

PADANG - Satu unit mobil Daihatsu Xenia putih BD 1507 AT masuk ke dalam sungai dengan kedalaman 20 meter di lokasi...

Pelatih Semen Padang FC Nil Maizar Ungkap Kesulitan Cari Pemain Muda Bagus

Pelatih Semen Padang FC Nil Maizar Ungkap Kesulitan Cari Pemain Muda Bagus

PADANG - Pelatih kepala Semen Padang FC, Nil Maizar angkat bicara menyangkut aturan baku yang diberlakukan PSSI pada...

Suhatri Bur Pimpin DPP PAN Padang Pariaman

Suhatri Bur Pimpin DPP PAN Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Pelantikan Pengurus DPD PAN Padang Pariaman Periode 2015-2020 dilaksanakan di Pantai Tiram Nagari...

Danlantamal II Padang Apresiasi Pembangunan Monumen Perjuangan TNI AL di Pariaman

Danlantamal II Padang Apresiasi Pembangunan Monumen Perjuangan TNI AL di Pariaman

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menerima kunjungan Rombongan Lantamal II Padang yang dipimpin lansung oleh...

6 Raperda Tentang RTRW Kota Bukittinggi Disahkan, Ini Penjelasan Walikota

6 Raperda Tentang RTRW Kota Bukittinggi Disahkan, Ini Penjelasan Walikota

BUKITTINGGI - Sidang Paripurna Terbuka DPRD Kota Bukittinggi kembali digelar dengan agenda Penjelasan Rancangan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu