berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Pemko Pariaman Resmikan RSU Dokter Sadikin

Senin, 26 Desember 2016 - 20:15:03 WIB - 420
Pemko Pariaman Resmikan RSU Dokter Sadikin

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Dokter Sadikin yang terletak di Desa Padusunan Kecamatan Pariaman Timur, kemarin.


Wako mengatakan peresmian RSU Dr. sadikin merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


Mukhlis menyebutkan RSU Dokter Sadikin diresmikan melalui proses menaikkan status salah satu puskesmas yang dinilai representatif di kota tersebut.


"Prosesnya dari tujuh Puskesmas yang ada di kota Pariaman, Puskesmas Padusunan dianggap paling layak dan strategis dijadikan sebagai Rumah Sakit Umum Pariaman,"sebut Wako pada acara peresmian.


Ia mengatakan, Penilaian tersebut diberikan setelah melakukan sejumlah kajian dan pertimbangan lokasi dari tujuh Puskesmas yang ada.


"Dari hasil kajian dan penilaian maka Puskesmas Padusunan dinaikkan menjadi Rumah Sakit Umum karena berada di daerah perbukitan sehingga dapat sekaligus dijadikan sebagai jalur evakuasi apabila terjadi bencana alam seperti tsunami," ulas Wako
.
Meskipun demikian lanjut nya, rumah sakit yang baru saja diresmikan tersebut harus melengkapi beberapa syarat administrasi yang akan dikirimkan ke Kementerian Kesehatan.


Selain itu dalam waktu dekat pemerintah setempat akan berusaha menambah perlengkapan alat-alat kesehatan dan tenaga medis untuk memenuhi persyaratan yang ada.


"Kota Pariaman sudah harus memiliki rumah sakit, salah satu alasan peresmian RSU Dokter Sadikin yakni naiknya tipe Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman milik provinsi Sumbar dari tipe C ke B," kata dia.


Ia menjelaskan dengan naiknya kelas RSUD Pariaman dari C ke B, maka pasien yang ingin dirujuk tidak bisa melalui Puskesmas setempat harus melalui rumah sakit tipe C di Kabupaten Padangpariaman.


Oleh sebab itu pemerintah daerah berinisiatif mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat kota itu agar jaminan kesehatan tetap dapat dinikmati.


"Peluncuran rumah sakit ini akan mempermudah masyarakat Pariaman, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ke luar daerah," ujarnya.


Sedangkan Sekretaris Dinas Kesehatan provinsi Sumbar, Syafwan, mengatakan peresmian RSU Pariaman merupakan suatu langkah tepat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


Ia mengatakan untuk melengkapi berbagai persyaratan dan fasilitas pendukung lainnya, pemerintah setempat harus merujuk kepada Peraturan Menteri Kesehatan no 59 tahun 2014 tentang izin rumah sakit.


"Untuk tahap awal RSU Pariaman sudah bisa dimulai namun tentunya harus dilengkapi secara bertahap kekurangannya," ujar dia.


Selain harus melengkapi surat secara administrasi, pemerintah provinsi juga mengharuskan RSU Pariaman memiliki minimal tiga dokter spesialis, dokter umum dan tenaga medis penunjang lainnya. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: kesehatan,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

BUKITTINGGI - Walikota Ramlan Nurmatias menyalurkan tunjangan operasional kepada 519 guru MDTA, TPA, TPSA, TPQ, Pondok...

Janjikan Pelunasan Hutang Kredit, Hati-hati Terhadap Organisasi Ilegal

Janjikan Pelunasan Hutang Kredit, Hati-hati Terhadap Organisasi Ilegal

PAYAKUMBUH - Menyikapi aktifitas lembaga/organisasi dan jasa keuangan yang tidak mempunyai legalitas dari otoritas jasa...

Gubernur Irwan Prayitno Resmi Buka Kejurnas Karate PPLP di Padang

Gubernur Irwan Prayitno Resmi Buka Kejurnas Karate PPLP di Padang

PADANG - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate PPLP/D dan sentra olahraga yang diikuti 27 Provinsi di Indonesia resmi...

Edarkan Sabu, Pasutri di Pariaman Ini Dicuduk Polisi

Edarkan Sabu, Pasutri di Pariaman Ini Dicuduk Polisi

PARIAMAN - Satuan Narkoba Polresta Pariaman berhasil membekuk pasutri, RR (34) dan istrinya AFW (33) pelaku peredaran...

Pertahankan Adipura, Bukittinggi Terima Satu Mobil Penyapu Jalan

Pertahankan Adipura, Bukittinggi Terima Satu Mobil Penyapu Jalan

BUKITTINGGI -Kota Bukittinggi sebagai kota wisata terus meningkatkan tentang kebersihan untuk kesehatan dan kenyamanan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu