minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Seleksi Jabatan PTP Padang Pariaman Masuki Tahap Tes Kompetensi

Rabu, 28 Desember 2016 - 05:50:00 WIB - 864
Seleksi Jabatan PTP Padang Pariaman Masuki Tahap Tes Kompetensi

PADANG PARIAMAN - Keseriusan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dalam merekrut calon pimpinan tinggi pratama (PTP / pejabat eselon II.B) yang berkualitas tak perlu diragukan lagi. Jika pemerintah kabupaten / kota (pemkab / pemko) lain hanya melelang tujuh hingga delapan pengisian jabatan PTP, Pemkab Padang Pariaman melelang seluruh jabatan PTP atau 30 eselon II.B sekaligus.


Pernyataan itu dikemukakan Bupati Ali Mukhni kepada wartawan MinangkabauNews.Com melalui Kabag Humas Setdakab Hendra Aswara. Selasa (27/12/2016) ini proses seleksi memasuki tahap uji kompetensi semua atau77 peserta.


Berdasarkan pemantauan wartawan MinangkabauNews.Com, tes kompetensi atau kemampuan calon pejabat yang akan mengepalai organisasi perangkat daerah (OPD) berlangsung di ruang kerja dan di ruang rapat sekretaris daerah (sekda) pada kantor bupati. Mayoritas peserta terlihat berwajah tegang.


Ke-77 peserta seleksi diharuskan menghadapi tim penguji seorang demi seorang, tak boleh pakai pendamping. Untuk peserta dengan nomor genap (2, 4, 6... 78) mengikuti tes kompetensi di ruang kerja sekda, masing-masing menghadapi tiga panitia seleksi (pansel), yakni Jonpriadi SE MM, Prof Syamsul Amar dan Sultani Wirman. Sedangkan peserta dengan nomor ganjil (1, 3, 5... 79) di ruang rapat setda, menghadapi dua pansel, yakni Prof Yasri dan Rinaldi SPsi MPsi.


Lantaran banyak peserta, pansel menjadwalkan tes kompetensi dengan pola wawancara ini selama dua hari, Selasa dan Rabu. Jika tidak selesai, disambung hari Kamis. Sebab, untuk setiap peserta, pansel menyediakan waktu 30 menit.


Sebelumnya, Sabtu (24/12/2016), semua peserta mengikuti tes psikologi di Gedung Akper Pemda, Pariaman. Kepada wartawan MinangkabauNews.Com, sejumlah peserta mengeluhkan tes psikologi itu sangat berat. Selain materinya, pansel pun tidak menyediakan makan siang. Padahal, tes psikologi berlangsung nonstop dari jam 08.00 hingga 15.00 WIB. Ada yang mengaku nyaris pingsan arena lapar.


Dihubungi wartawan MinangkabauNews.Com di ruang kerjanya, Kabid Data dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Eliza S Sos MM selaku kepala staf sekretariat pansel menjelaskan, hal itu memang sengaja dikondisikan sekaligus untuk menguji daya tahan peserta. Selain itu, juga karena keterbatasan anggaran pansel.


Ke-30 Jabatan PTP yang akan diperebutkan 77 peserta seleksi itu adalah Asisten Pemerintahan, Asisten Pembangunan dan Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah, Staf Ahli Bupati Bidang (SABB) Pemerintahan, Hukum dan Politik, SABB Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, SABB Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Sekretaris DPRD, Inspektur Daerah.


Selanjutnya Kepala Dinas (KD) Pendidikan dan Kebudayaan, KD Kesehatan, KD Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran, KD Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, KD Lingkungan Hidup, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, KD Kependudukan dan Pencatatan Sipil.


Selanjutnya KD Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (atau Nagari?), KD Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, KD Perhubungan, KD Komunikasi dan Informasi, KD Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, KD Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu dan Perindustrian, KD Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.


Selanjutnya KD Kearsipan dan Perpustakaan, KD Perikanan, KD Pertanian dan Ketahanan Pangan, KD Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Badan (KB) Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, KB Pengelola Keuangan Daerah, KB Kepegawaian dan Pengembangan SDM serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah. (Zakirman Tanjung)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kenapa Catalonia Ingin Merdeka dari Spanyol? Ini Alasannya

Kenapa Catalonia Ingin Merdeka dari Spanyol? Ini Alasannya

INTERNASIONAL - Catalonia dulunya adalah wilayah independen di Semenanjung Iberia, kawasan termasuk Spanyol dan...

Karena Hal ini, Pelatih Semen Padang FC Didenda 20 Juta Rupiah Oleh Komdis PSSI

Karena Hal ini, Pelatih Semen Padang FC Didenda 20 Juta Rupiah Oleh Komdis PSSI

BOLA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada pelatih Semen Padang FC Nil Maizar serta pelatih...

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

PADANG - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) batal berkunjung ke Sumatera Barat pekan depan dalam rangka launching tol...

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

BOLA - Semen Padang FC punya tugas besar menghadapi Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion...

 Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

Hotel Minang Jaya Gelar Grand Opening

PADANG PARIAMAN - Hotel Minang Jaya Syariah menggelar grand opening di Sungai Abang Lubuk Alung, Kabupaten Padang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu