berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Siskeudes Memudahkan Desa dalam Pelaporan Realisasi Anggaran

Rabu, 28 Desember 2016 - 22:58:01 WIB - 159
Siskeudes Memudahkan Desa dalam Pelaporan Realisasi Anggaran

PARIAMAN - Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menghadiri Quality Assurance Implementasi Aplikasi Siskeudes dan Kompilasi Laporan Realisasi Keuangan Anggaran Desa Tahun Anggaran 2016 di wilayah Kota Pariaman, di Aula Balaikota Pariaman pada Rabu (28/12).


Mukhlis mengatakan dengan dijadikannya Desa-Desa yang ada di Kota Pariaman menjadi Piloting Projek dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, tentang implementasi Siskeudes di Sumbar, diharapkan dapat menjadikan pelaporan keuangan yang baik dan akuntabel.


"Melihat kemampuan aparatur desa saat ini dan dengan semakin besarnya anggaran desa yang diterima oleh tiap desa, diperlukan suatu sistem yang dapat memudahkan laporan keuangan desa, dan adanya Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) ini, akan memudahkan aparatur yang ada di desa dalam pelaporan realisasi anggaran," tukasnya.


Melalui kebijakan Nasional yang mengedepankan pembanguanan di daerah dari pusat, melalui anggaran desa yang besar saat ini, akan memacu pembanguanan di daerah, pengentasan kemiskinan dan pembukaan lapangan pekerjaan baru di tiap desa yang ada.


Kepala BPKP perwakilan Sumatera Barat Herman Hermawan dalam sambutan mengatakan bahwa Kota Pariaman ditunjuk oleh BPKP Sumbar sebagai salah satu Kota yang menjadi Pilot Projek di Sumatera Barat tentang aplikasi Siskeudes dan penerapannya di daerah," ucapnya.


"Di tahun 2017, 60% dana APBN akan dikucurkan ke daerah melalui dana desa, sisanya 40% untuk pusat, hal ini sesuai dengan visi presiden RI kita Bapak Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari Pinggiran," ulasnya.


Dengan dan yang besar di daerah, maka tanggung jawabpun akan semakin besar, sehingga perlunya setiap aparatur desa untuk memahami tentang implemantasi dari Siskeudes yang diluncurkan, sehingga pelaporan anggaran desa dapat transparan dan akuntabel," tutupnya.


Sementara Kepala BPMDesa Kota Pariaman Lanefi mengatakan acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM para paratur Desa dalam pengisian Siskeudes dan dapat langsung bertanya jawab apabila ada yang belum mengerti tentang itu, atau dapat bertanya langsung jika mendapat kesulitan, kepada BPKP perwakilan Sumbar yang datang sebagai narasumber," terangnya.


"Di tahun 2017 kita telah menganggarkan dana untuk 55 desa yang ada di Kota Pariaman sebesar 89 milyar lebih, dengan anggaran desa terbesar di desa Marunggi sebesar 2,2 M dan Dana desa terkecil di Desa Sungai Kasai sebesar 1,4 M," pungkasnya.


Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala BPKP perwakilan Sumbar Herman Hermawan dan jajaran BPKP yang hadir, Inspektorat Kota Pariaman Lukman Syam, Kepala BPMDesa Lanefi, serta para Camat, Kepala Desa dan jajaranya baik Sekretaris dan Bendahara desa yang hadir dari 55 Desa yang ada di Kota Pariaman. (rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Illahi
Tag: daerah,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Pengacara Sebut Firza Husein Disuruh Polisi Ngaku Chat dengan Rizieq

Pengacara Sebut Firza Husein Disuruh Polisi Ngaku Chat dengan Rizieq

NASIONAL - Kuasa Hukum Firza Husein, Azis Zanuar mengatakan kliennya sempat diintimidasi oleh penyidik Polda Metro...

Kedatangan Raja Arab Saudi ke Indonesia, Jangan Lupakan Janji ke Korban Crane

Kedatangan Raja Arab Saudi ke Indonesia, Jangan Lupakan Janji ke Korban Crane

PADANG - LBH Padang mengingatkan Raja Arab Saudi untuk tidak melupakan janji kepada korban crane di Arab Saudi pada...

Ini Alasan Habib Rizieq Shihab Pindahkan Aksi 112 ke Istiqlal

Ini Alasan Habib Rizieq Shihab Pindahkan Aksi 112 ke Istiqlal

NASIONAL - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menegaskan pihaknya tetap akan menggelar aksi 112 nanti....

KH Maruf Amin Soal Ahok : Ya harus Dimaafkan, Kalau Memang Minta Maaf

KH Maruf Amin Soal Ahok : Ya harus Dimaafkan, Kalau Memang Minta Maaf

NASIONAL - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin angkat bicara soal permohonan maaf Basuki Tjahaja Purnama (...

Sumbar Berduka, Gubernur, Wagub dan Tokoh Sumbar Lepas Jenazah Muslim Kasim, Inilah Foto-fotonya

Sumbar Berduka, Gubernur, Wagub dan Tokoh Sumbar Lepas Jenazah Muslim Kasim, Inilah Foto-fotonya

PADANG PARIAMAN - Sumatera Barat tengah berduka atas kepergian Muslim Kasim. Mantan Bupati Padang Pariaman itu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu