minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Tanah Datar

Pertukaran Tahun, Tanah Datar Waspadai Aktivitas Gunung Marapi dan Lokasi Wisata Lainnya

Kamis, 29 Desember 2016 - 02:02:35 WIB - 1066
Pertukaran Tahun, Tanah Datar Waspadai Aktivitas Gunung Marapi dan Lokasi Wisata Lainnya


TANAH DATAR - Kondisi Gunung Marapi saat ini berada dalam kategori waspada II, maka sebelum memasuki Tahun baru 2017 Pemkab Tanah Datar akan mengeluarkan larangan bagi para pencinta alam atau masyarakat untuk tidak mendekati puncak Gunung, sehubungan di perkirakan akan terjadi peningkatan aktivitas pendakian gunung pada malam pergantian tahun. Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar melalui Kepala Kesbangpol Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat Irwan di ruang kerjanya , Rabu (28/12/2016).


"Kami bersama Polres Tanah Datar, Polres Padang Panjang, BPBD, pihak Kodim 0307/TD, Dishub, Pol PP dan Dinas Kesehatan telah mengelar rapat Koordinasi pengamanan pergantian tahun pada selasa (27/12), untuk mengantisipasi munculnya insiden, tindak pidana atau bentuk kejadian kejadian yang di anggap berbahaya dan rawan ketika ada kosentrasi massa yang cukup besar dalam pergantian tahun nanti, " ujar Irwan.


Menurutnya ini merupakan tugas dan peran serta pemerintah untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat terjadi aktivitas keramaian massa pada saat atau moment yang telah di perhitungkan, termasuk malam pergantian tahun.


Dikatakan Irwan beberapa titik yang akan menjadi perhatian penuh tim Gabungan adalah Sepanjang pinggiran Danau Singkarak, Gunung Marapi, kawasan Istana Pagaruyung dan Lapangan Cindua Mato.


"Khusus di Istana Pagaruyung pada pergantian tahun nanti akan di lakukan penutupan akses untuk mencegah terjadinya kegiatan di sekitar istana, dan terhadap beberapa jalur yang di perkirakan terjadi kemacetan di sebabkan peningkatan arus kendaraan serta konsentrasi massa yang besar seperti sepanjang pinggir danau Singkarak, Pasar Koto Baru, dan objek Wisata Air Mancur perlu penangganan serius, " ucapnya.


Disampaikan juga oleh Kepala Kesbangpol ini, bahwa Polres Tanah Datar bersama Polres Padang Panjang telah mendirikan pos Pengamanan dan Pelayanan di lima titik yang ada yaitu di sekitar Lapangan Cindua Mato, wilayah Ombilin, Koto Baru, Air Mancur dan Wilayah Tanjung Mutiara Ombilin.


"Selain Antisipasi pengamanan pada malam pergantian tahun, giat akan dilanjutkan pada esok harinya dengan menyiapkan team BPBD di objek wisata Tanjung Mutiara, dan kincir air Simawang," tuturnya


"Kami atas nama Pemkab Tanah Datar menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktifitas berenang/mandi-mandi untuk tidak melakukan kegiatan di sekitar lokasi pemandian yang telah dipasang tanda rawan atau bahaya," tutup Irwan.(romeo)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hasil Liga I, Semen Padang Kalah Telak 0-4 di Kandang PSM Makassar

Hasil Liga I, Semen Padang Kalah Telak 0-4 di Kandang PSM Makassar

BOLA - PSM Makassar menang 4-0 atas Semen Padang pada pertandingan pekan ke-27 Liga 1 2017, di Stadion Andi Mattalatta,...

Apa Alasan ISIS Klaim Peristiwa Penembakan Las Vegas?

Apa Alasan ISIS Klaim Peristiwa Penembakan Las Vegas?

INTERNASIONAL - Tak lama setelah terjadinya penembakan massal di Las Vegas yang menewaskan setidaknya 59 orang dan...

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

PADANG - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) batal berkunjung ke Sumatera Barat pekan depan dalam rangka launching tol...

Pers Rilis Qbar : Masyarakat Laporkan Dugaan Maladministrasi Komisi Informasi Sumbar

Pers Rilis Qbar : Masyarakat Laporkan Dugaan Maladministrasi Komisi Informasi Sumbar

PADANG - Perjuangan menolak masukan investasi pertambangan di daerah mereka belum juga surut. Kali ini masyarakat...

Gempa Darat 3,8 SR Hoyak Kabupaten Pasaman

Gempa Darat 3,8 SR Hoyak Kabupaten Pasaman

PASAMAN -- Gempa darat berkekuatan 3,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu