berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pariaman

Pilkada Serentak 2018, Anggaran KPU Pariaman Dirampingkan

Sabtu, 31 Desember 2016 - 01:46:36 WIB - 123
Pilkada Serentak 2018, Anggaran KPU Pariaman Dirampingkan

PARIAMAN - Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) yang menurut rencana akan di helat pada Juni 2018 mendatang.


Boedi Satria Ketua KPU Kota Pariaman mengatakan, sesuai dengan UU No. 10 th 2016 yang mengatur tentang Alat Peraga Kampanye (APK) bisa diadakan oleh masing2 pasangan calon (paslon), maka dengan demikian tidak disediakan lagi oleh KPU.


"Berdasarkan UU tersebut Pemko Pariaman melakukan perampingan anggaran yang nantinya akan di cairkan dua tahap melalui APBD 2017 dan 2018, karena adanya perampingan anggaran ini negara juga bisa berhemat," ujar Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria, saat jumpa Pers di Kantor KPU Desa Air Santok Pariaman Timur, kemarin.


Pengerucutan anggaran Pilkada lebih kurang sekitar Rp2 milyar, dari Rp16.170.244.550 di setujui menjadi Rp14.337.604.550. Dana diturunkan dalam dua tahap yakni pada APBD Kota Pariaman tahun 2017 untuk menyelenggarakan tahapan dari September 2017 hingga Maret 2018 sebesar Rp6,5 milyar, dan sisanya pada APBD Kota Pariaman tahun anggaran 2018.


"Anggaran tahap I sebesar Rp6,5 milyar kita rasa mencukupi untuk membiayai kegiatan dari September 2017 hingga Maret 2018," kata Boedi.


Ia mengatakn anggaran terbesar KPU terletak pada pembayaran honor bagi petugas adhoc yang akan direkrut pada bulan Oktober mendatang. Honor/gaji wajib 155 petugas pemutakhiran data, 20 anggota PPK, kemudian kepada sebanyak 213 petugas PPS.


Sementara itu Ketua Divisi Perencanaan Data KPU Kota Pariaman Alfiandri Zaharmi menambahkan, di samping pembayaran honor/gaji pada petugas adhoc, pengeluaran terbesar KPU lainnya berbentuk penyediaan baliho dan sosialisasi.


"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih kita akan lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, ke partai politik, yang dibantu juga oleh PKK dan PPS di tingkat Desa/Dusun dan lembaga lainnya," ungkapnya.


KPU Kota Pariaman menargetkan partisipasi pemilih pada Pilkada Kota Pariaman tahun 2018 sebanyak 75 persen-- lebih besar dari hasil Pilkada Kota Pariaman sebelumnya tahun 2013, yakni 67 persen.


Ia juga mengatakan, Verifikasi calon dimulai Desember 2017, Januari-Februari 2018 pendaftaran calon melalui Parpol, kemudian berdasarkan aturan baru jadwal dan tahapan Pilkada di atur oleh KPU RI.


Sedangkan untuk calon perseorangan/independen diperbolehkan hingga 2 paslon, syarat utama calon perseorangan pertama sekali harus mengantongi 10 % suara dari DPT sesuai dengan UU NO.12 th 2008 tentang Pilkada.


"Sedangkan untuk Parpol minimal memiliki 20% kursi di DPRD atau 25% dari jumlah suara sah dan partai yang mengusungpun harus yang telah memiliki kursi di legislatif," ulas Alfiandri.


Kemudian lanjutnya, bagi PNS/TNI/Polri yang ingin mencalonkan diri sesuai dengan UU No.10 th 2016 harus menandatangani surat pernytaan berhenti dari jabatannya, atau yang ingin pensiun dini/muda harus berusia 50 th atau telah mengabdi selama 23 th.


"Selaras dengan aturan KPU Pusat Pilkada serentak di daerah hanya dilakukan 1x putaran, meskipun Calon lebih dari 2 pasang, jadi yang meraih suara terbanyak dialah pemenang. kecuali untuk DKI saja harus memperoleh suara 50% dari jumlah suara sah plus 1," tutup nya.(warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,pariaman,pilkada,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Ini Alasan Polri Jerat Penulis Buku Jokowi Undercover dengan Pasal Rasis

Ini Alasan Polri Jerat Penulis Buku Jokowi Undercover dengan Pasal Rasis

NASIONAL - Keluarga Bambang Tri Mulyono, penulis buku Jokowi Undercover merasa janggal dengan pasal yang digunakan...

Bendungan Koto Pulai Padang Makan Korban, Satu Mahasiswa Hilang Saat Mandi

Bendungan Koto Pulai Padang Makan Korban, Satu Mahasiswa Hilang Saat Mandi

PADANG - Sudah berkali-kali Pemerintah Kota Padang mengingatkan warganya untuk tidak berkunjung ke Bendungan Koto...

Bupati Padang Pariaman Lantik 110 Pejabat Eselon, 2 Kepala Dinas Masih ditunda

Bupati Padang Pariaman Lantik 110 Pejabat Eselon, 2 Kepala Dinas Masih ditunda

PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni lantik 110 orang pejabat eselon, 2, 3 dan 4 di kantor IKK Parit...

Bupati Padang Pariaman Lantik 30 Pejabat Eselon II.B

Bupati Padang Pariaman Lantik 30 Pejabat Eselon II.B

PADANG PARIAMAN - Setelah sempat dipertanyakan banyak kalangan, Bupati Ali Mukhni akhirnya mengambil sumpah jabatan dan...

Pelaku IKM Kota Pariaman Ditempa 18 Hari

Pelaku IKM Kota Pariaman Ditempa 18 Hari

PARIAMAN - Keseriusan Pemko Pariaman dalam membangun IKM (Industri Kecil Menengah) terus ditingkatkan, para pelaku IKM...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu