minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Padang Panjang home berita Padang Panjang

Mantap..Gadis Cantik Siswi MA-KMM Padang Panjang Ini Hafal 30 Juz

Sabtu, 31 Desember 2016 - 21:49:21 WIB - 1164
Mantap..Gadis Cantik Siswi MA-KMM Padang Panjang Ini Hafal 30 Juz

PADANG PANJANG - Keinginan masyarakat muslim sekarang ini untuk bisa menghafal Al Quran tengah ramai­ramainya. Mereka pun sibuk mencari tahu dari berbagai sumber bagaimana cara menghafal Al-Quran yang benar sehingga mudah diingat dan tidak lupa lagi. Siswi cantik siswi MA Kauman Padang Panjang Deri Sri Wahyuni Menghafal 30 Juz Al Quran ketika masih duduk sekolah.


Salah satu yang membuat ketertarikan masyarakat untuk kembali menghafal pedoman hidup umat islam saat ini adalah adanya Hafidz Cilik yang telah berhasil menjadi juara ketiga lomba Hafidz Internasional. Selain ini bisa membuat bangga orang tua, tentu dengan memiliki kemampuan menghafal Quran menjadi ladang pahala yang tiada habisnya.


Selain Hafidz Cilik bernama Musa, ternyata ada seorang siswi MA Kauman Padang Panjang Deri Sri Wahyuni yang berhasil menghafal Al Quran 30 juz. Itu juga ia lakukan di tengah kesibukannya mendalami pendidikan di madrasah Aliyah.


Deri Sri Wahyuni Hafizha cantik mengatakan "Alhamdulillah, syukur ke hadirat Allah atas segala rezeki dan rahmat-Nya. Aku bermohon pada Allah agar selalu dimudahkan urusan dalam mengulang Al-Quran dan diberi petunjuk untuk berbagi dan memberi inspirasi pada orang lain," ujarnya.


kepala MA Kauman Padang Panjang memilik tips atau rahasia bagaimana siswi bisa menghafal keseluruhan Al Quran dengan begitu cepat. Kepala sekolah ini tak segan membagi ilmu yang didapatnya kepada masyarakat yang ingin benar­benar menghidupkan Al Quran dalam hati dan pikirannya.


Kepala Sekolah MA-KMM (Madrasah Aliyah Kuliatul Mualimat Muhammadiyah) Kauman Padangpanjang, Derliana, mengatakan Deri Sri Wahyuni Asal Paninjauan Kabupaten Tanah Datar, sekarang dia duduk jurusan Jurus IPA kls 12 sekarang Deri sudah hafal 30 Juz.


Katanya, Sejak kelas 10 memang minat belajar agama. Meski dia jurusan IPA tetapi dia punya talenta baik pada bidang studi Agama,l ini terlihat Sejak kelas 10 dia selalu menjadi juara 1 di kelasnya maupun ketika duduk dibangku kelas 12. Namun deri karena belum fokus hafalannya karena masih harus disibukkan dengan tugas atau PR. Hingga dia akan berangkat ke Solo Jawa Tengah tgl 01 November 2016.

Akhirnya Mimpi wanita cantik inipun menjadi kenyataan Ketika ia mendapat tawaran dari ITMAM untuk kegiatan daurah tahfiz quran di Solo, Jawa Tengah selama dua bulan. Wanita cantik inipun berminat untuk terus menghafal Alquran 30 juz, Pihak sekolahpun turut memotivasi mereka untuk ikut serta dalam pendidikan hafidzh tersebut. Para guru sepakat merestui mereka pergi meninggalkan kegiatan belajar selama lebih kurang satu bulan belajar dan satu minggu ujian karena mengingat kemampuan mereka dalam PBM juga sangat Bagus. Guru-guru yakin siswi hafizha Quran akan mampu mengejar ketinggalan belajar selama 1 bulan yang terpakai.

Pihak sekolah Madrasah Aliyah Kulliyatul Muballighien Muhammadiyah (MA-KMM) Kauman Padang Panjang selalu memotivasi semua siswa untuk menghapal Quran. Sebagai sekolah yang pertama kali dikepalai Buya Hamka, di mana beliau seorang ulama. Ulama mesti hapal quran karena MA KMM bercita-cita mewujudkan siswa yang Cerdas, Kompetitif, peduli lingkungandan berwawasan global berlandaskan iman dan taqwa. Itu visi madrasah yang dijabarkan pada melahirkan intelektual ulama dan ulama intelek.


Langkah yang dilakukan dalam bentuk program adalah, semua siswa yang akan tamat dari sekolah MA-KMM Padang Panjang mesti memiliki hapalan quran kalau Jurusan IPA dan IPS minimal 3 Juz dan Jurusan Keagamaan minimal 6 Juz. Program ini sudah tahun ke 3 sekarang diberlakukan. Setiap siswa yang akan masuk awak tahun ajaran harus menandatangani perjanjian bersama orang tua dengan pihak sekolah dimana siswa bisa mencapai hapalan minimal.


Lanjutnya, Pihak sekolah memberi kesempatan pada siswa yang di asrama untuk menyetor tiap malam. Karena kita, menyediakan buku kontrol tahfiz. Bagi siswa yang berada di luar asrama sekolah juga menyediakan guru khusus tahfiz setiap hari. Siswa akan bergantian menyetor pada guru yang ditugaskan. Selain itu, daurah tahunan tetap dilaksanakan tergantung pada kemampuan. Ada yang satu minggu, ada yang satu bulan dan ada yang dua bulan. Tahun ini, kita sudah mengikuti yang dua bulan untuk 3 orang yang di Solo Jawa Tengah. Sekarang sedang berlangsung yang 1 bulan di Solok sebanyak 32 orang. "Begitulah kiat kita, menjalankan program ini pada setiap tahun kita akan mewisuda hapalan kls 12 yang akan tamat. Untuk tahun ini insya, Allah akan dilaksanakan tanggal 19 Januari 2016," ujarnya. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Anak Muda Minang Ini Rilis Komunitas Sahabat Boy Rafli Secara Nasional

Anak Muda Minang Ini Rilis Komunitas Sahabat Boy Rafli Secara Nasional

PADANG - Tersentuh melihat ketokohan dan kinerja dari Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., CongQ terinspirasi untuk...

Suka Ngemil Biji Labu? Ini Manfaatnya

Suka Ngemil Biji Labu? Ini Manfaatnya

LIFESTYLE - Kamu masih mengalami kesulitan untuk tidur tiap malam hingga berakhir insomnia? Well, tentu saja hal ini...

Dua Kecelakaan di Tempat yang Sama Hanya Rentang Waktu 10 Menit di Tanah Datar, Renggut Satu Nyawa

Dua Kecelakaan di Tempat yang Sama Hanya Rentang Waktu 10 Menit di Tanah Datar, Renggut Satu Nyawa

TANAH DATAR - Tak berselang waktu cukup lama, 2 kecelakaan di wilayah hukum Polres Padang Panjang tepatnya di Jalan...

Karena Hal ini, Pelatih Semen Padang FC Didenda 20 Juta Rupiah Oleh Komdis PSSI

Karena Hal ini, Pelatih Semen Padang FC Didenda 20 Juta Rupiah Oleh Komdis PSSI

BOLA - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi kepada pelatih Semen Padang FC Nil Maizar serta pelatih...

Kisruh Senjata Impor Polri, Awalnya Hanya Senjata Kejut, Ternyata Ada Amunisi Mematikan

Kisruh Senjata Impor Polri, Awalnya Hanya Senjata Kejut, Ternyata Ada Amunisi Mematikan

NASIONAL - Kisruh impor senjata Polri belum juga selesai. Pernyataan Kapuspen TNI tentang spesifikasi amunisi yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu