berita padang - berita sumbar
headline
home berita Lima Puluh Kota

Realisasi Pembangunan Lebihi Target, Irfendi Apresiasi Partisipasi Masyarakat Guguak

Senin, 02 Januari 2017 - 10:08:45 WIB - 262
Realisasi Pembangunan Lebihi Target, Irfendi Apresiasi Partisipasi Masyarakat Guguak

LIMA PULUH KOTA - Apresiasi diberikan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi atas partisipasi masyarakat Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak dalam pembangunan infrastruktur di nagari setempat.


"Saya sangat gembira dan mengapresiasi partisipasi masyarakat Nagari Guguak VIII Koto dalam pembangunan infrastruktur di nagari ini. Keterlibatan atau peran-serta masyarakat itu hendaknya terus dikembangkan dan menjadi contoh bagi nagari lain,” ujar Irfendi ketika meninjau dan meresmikan program pembangunan infrastruktur Nagari Guguak VIII Koto di Jorong Balai Talang, Sabtu (31/12).


Dikatakan, dengan adanya keikutsertaan masyarakat, hasil kegiatan pembangunan di nagari terealisasi melebihi target. Swadaya masyarakat tersebut jelas sangat berkontribusi dalam percepatan pembangunan. Partisipasi masyarakat itu mungkin saja dalam bentuk gotong-royong, bantuan dana atau barang.


"Dengan adanya partisipasi masyarakat, bisa dipastikan realisasi pembangunan akan melebihi target, tidak saja secara kuantitas, namun juga kualitas seperti penegrjaan berbagai infrastruktur di Guguak VIII Koto ini"” ujar Irfendi sembari menyebut yakin kualitas dan kuantitas pembangunan yang mengikutsertakan masyarakat tersebut akan lebih baik karena pengerjaan dilaksanakan dan diawasi langsung oleh masyarakat.


Lebih lanjut dipaparkan, baik buruknya nagari tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun juga menuntut kepedulian dan partisipasi masyarakat. Pemerintah nagari diharapkan bisa menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran warga untuk berperan serta dalam pembangunan nagari.


"Dalam menunjang pembangunan nagari , kita harus melibatkan swadaya masyarakat. Artinya, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama dalam pembangunan seperti pembangunan seperti pembangunan infrastruktur di Guguak VIII Koto ini," tutur Irfendi.


Menurut Irfendi, masyarakat akan lebih antusias berperan aktif dan berpartisipasi dalam pembangunan jika pemerintah transparan dalam pelaksanaan pembangunan tersebut. Untuk itu, ia mengajak pihak pemerintahan nagari benar-benar terbuka atau transparan terhadap masyarakat.


Lebih jauh Irfendi berharap, masyarakat tidak hanya berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan fisik seperti pembuatan jalan, namun juga terlibat dalam perencanaan pembangunan.


"Saya melihat, gotong royong masih membudaya di tengah kehidupan masyarakat di Nagari Guguak VIII Koto. Untuk percepatan pembangunan dalam kondisi keterbatasan alokasi dana dari pemerintah, kita berharap budaya gotong royong lebih dihidupkan lagi di tengah masyarakat," ujar Irfendi


Menjawab harapan wali nagari Guguak VIII Koto Rismardi Dt. Jo Putiah untuk mendapatkan tambahan dana nagari, lebih lanjut Irfendi menyebut, nagari yang tahun 2016 rata-rata nagari mendapatkan alokasi sebesar Rp700 juta, pada tahun 2017 akan mendapatkan tambahan rata-rata Rp700 juta.


"Dengan adanya tambahan sebesar Rp700 juta lagi, berarti masing-masing nagari akan mendapatkan dana sebanyak Rp1,5 milyar. Dana sebesar itu diharapkan mampu mempercepat pembangunan di nagari," jelas Irfendi.


Sebelumnya Ketua BAMUS Nagari Guguak VIII Koto Fakhri Dt. Sumu kepada wartawan mengatakan, dalam berbagai kegiatan pembangunan infrastruktur di Nagari Guguak VIII Koto tahun 2016 ini nilai swadaya masyarakat sedikitnya Rp56 juta. Swadaya itu tidak hanya dalam bentuk tenaga gotong royong, namun juga berupa dana, bahan bangunan serta bantuan makanan.


Lebih jauh dijelaskan Fakhri, kegiatan pembangunan infrastruktur di Guguak VIII Koto tahun 2016 ini antara lain pengerjaan rabat beton dan perkerasan jalan dari simpang Masjid Al Hidayah ke Kampung Kutianyia Dusun Padang Koto Gaek Jorong Balai Talang sepanjang 900 meter dengan dana sebesar Rp150 juta, dan jalan Kampung Dalimo Dt. Pati Marajo Jorongt Kuranji sepanjang 250 meter dengan dana Rp71 juta lebih. Selain itu perkerasan dan rabat beton jalan Picancang-Titian Sasak Jorong Tiakar sepanjang 100 meter dengan dana Rp39 juta.


Berikutnya, perkerasan dan rabat beton jalan Luak Lareh- Patarokan Jorong Guguak dengan dana Rp70 juta lebih dan jalan ke Kampung Bodi Jorong Pincuran Botuang sepanjang 250 meter dengan biaya Rp56 juta lebih. Selanjutnya penegrasan jalan Talao-Ketinggian dan dam di Jorong Kubang Tungkek dengan biaya Rp200 juta, pembuatan jaringan draenase di pasar dangung-Dangung Rp86 juta lebih.


Selain itu, perkerasan dan rabat beton jalan Balai Adat – Tobiang Balai Talang sebanyak Rp107 juta serta jalan Panji Kubang Tungkek sebanyak Rp101 juta. Perkerasan dan rabat jalan Balai Adat-Tobiang Balai Talang misalnya, terealisasi melebih target sepanjang beberapa belas meter dari sumbangan bahan dan tenaga masyarakat.


Peresmian program pembangunan infrastruktur itu ditandai dengan pembukaan selubung oleh Bupati Irfendi Arbi disaksikan masyarakat Nagari Guguak VIII Koto. Ikut hadir dalam acara itu Camat Guguak Fidria Pala. (joli)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,limapuluh-kota,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Terkait aksi Kapolres Minggu Dinihari, Dandim 0307 dan Kajari Tanah Datar Keluarkan Pernyataan Tegas

Terkait aksi Kapolres Minggu Dinihari, Dandim 0307 dan Kajari Tanah Datar Keluarkan Pernyataan Tegas

TANAH DATAR - Razia Cipta Kondisi yang dilakukan Kapolres Tanah Datar beserta Jajarannya pada Sabtu Malam (17/6/2017)...

Puluhan Sopir Angkot Gelar Demo, Tolak Jalur Baru Trans Padang

Puluhan Sopir Angkot Gelar Demo, Tolak Jalur Baru Trans Padang

PADANG - Rencana akan ada penambahan jalur Bus Trans Padang, puluhan sopir angkot meradang dan menggelar aksi mogok di...

Polres Pariaman dan Pemko Pariaman Sinergikan Pengamanan Lebaran 2017

Polres Pariaman dan Pemko Pariaman Sinergikan Pengamanan Lebaran 2017

PARIAMAN - Jelang libur Lebaran 2017, Polres Pariaman bersama Pemko Pariaman laksanakan Apel gelar pasukan Operasi...

Mahyeldi : Jangan Sampai Kue Lebaran Buat Kita Lalai dari Lailatul Qadar

Mahyeldi : Jangan Sampai Kue Lebaran Buat Kita Lalai dari Lailatul Qadar

PADANG - Menjelang Rirayo (Hari Raya Idul Fitri,red)), kaum hawa sudah mempersiapkan berbagai keperluan. Membersihkan...

Korban Longsor di Mata Air Padang Makan Sahur di Pengungsian

Korban Longsor di Mata Air Padang Makan Sahur di Pengungsian

PADANG - Longsor menimpa tiga rumah di Bukit Batang Bungo, Kelurahan Mata Air, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu