minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Lima Puluh Kota

Upacara HAB di Lima Puluh Kota Ditutup dengan Kemah Pramuka Madrasah

Selasa, 03 Januari 2017 - 18:15:40 WIB - 663
Upacara HAB di Lima Puluh Kota Ditutup dengan Kemah Pramuka Madrasah

LIMA PULUH KOTA - Bupati Limapuluh kota bapak irfendi Arbi bertindak sebagai pembina Upacara dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke 71 tahun 2017 sekaligus penutupan Kemah Pramuka Madrasah di Lapangan Bola Kaki Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (3/1/2017) jam 8.00 wib berlangsung hikmat dan lancar.

Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakannya, Bupati Irfendi menyebut, nilai-nilai agama merupakan unsur perekat integrasi nasional. Begitu juga soal toleransi dan kerukunan umat beragama, harus menjadi milik semua golongan dan pemeluk agama. Saling menghormati dan menghargai keyakinan antar umar beragama ini, harus terus dijaga demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indnesia (NKRI).

"Seluruh umat beragama harus menyadari dan disadarkan bahwa nilai-nilai agama merupakan unsur perekat integrasi nasional. Dalam kaitan ini pula saya ingin mengingatkan, toleransi dan kerukunan bukan milik sesuatu golongan umat beragama semata, tetapi harus menjadi milik semua golongan dan berlaku untuk semua pemeluk agama,” ujar Menteri Agama seperti dipaparkan Irfendi.

Lebih lanjut dikatakan, menginjak usia 71 tahun ini Kemenag telah berhasil merebut sejumlah penghargaan yang diantaranya penghargaan dari Presiden sebagai penyedia layanan BLU dengan akses terjangkau dan penghargaan Kementerian Keuangan sebagai kementerian dengan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar dalam APBN.

Selain itu, juga mendapatkan penghargaan ganda terkait ekonomi syariah yaitu sebagai pemrakarsa proyek infrastruktur berbiaya surat berharga syariah negara (SBSN)dan investor utama Sukuk Negara Domestik. Namun, dalam audit keuangan oleh BPK turun peringkat dari WTP menjadi WDP.

"Ombudsman menilai kita masih bertanda warna kuning atau belum begitu bagus dalam pemenuhan standar layanan publik. Kita juga turun predikat dari WTP menjadi WDP dalam audit keuangan oleh BPK. Pun masih ada keluhan public yang belum terselesaikan secara tuntas," kata Menteri Agama.

Lebih lanjut diungkapkan, untuk menjaga ikatan agama dan bangsa di negara ini, harus ditunjukan bahwa kebaikan ajaran agama merupakan penerang bagi perbaikan kualitas kualitas manusia. Ini menepis anggapan bahwa kemajuan sebuah instansi atau pemerintahan tak ada relevansinya dengan agama. Justru sebaliknya, reformasi birokrasi yang berorientasi pada tingginya peradaban masyarakat sesungguhnya perwujudan nilai-nilai agama.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Irfendi juga menutup secara resmi perkemahan madrasah yang diikuti oleh sekitar 700 orang murid dan siswa MI, MTs, MA dan guru serta sejumlah guru agama sekolah umum lainnya. Perkemahan itu berlangsung sejak tanggal 31 Desember 2016 sampai 3 januari 2017.

Selain itu Bupati Irfendi juga menyerahkan penghargaan kepada Direktur Rumah Sakit Ahmad Darwis Suliki yang telah suskes melaksanakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan Kemenang Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangkaian peringatan HAB ini. Berikut menyerahkan penghargaan bagi keluarga sakinah sert, KUA teladan yang berhail direbut KUA Situjuah Limo Nagari Munsir serta penghargaan Satia Lencana Karya bagi puluhan ASN Kemenang yang sudah mempunyai masa tugas 30, 20 dan 10 tahun.

Kepala Kemenag Kabupaten Limapuluh Kota Gusman Piliang didampingi salah seorang Kasi di Kemenag Safrijon M.Ag kepada wartawan menyebut, peringatan HAB kali ini lebih banyak menyentuh masyarakat. Tak hanya menggelar donor darah dari para ASN Kemenag bekerjasama dengan RS Ahmad Darwis Suliki, dalam peringatan HAB tersebut juga diadakan kegiatan kotbah Jumat secara serentak di 71 Masjid diKabupaten Limapuluh Kota serta pertandingan berbagai cabang olah raga.

Ikut hadir dalam acara itu Kapolres Limapuluh Kota AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto dan pihak Kodim 0306/50Kota, serta sejumlah kepala SKPD Pemkab Limapuluh Kota. (joli)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,limapuluh-kota,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pengakuan Mengejutkan Penyanyi Lagu Minang Tak Tun Tuang yang Mendunia

Pengakuan Mengejutkan Penyanyi Lagu Minang Tak Tun Tuang yang Mendunia

SHOWBIZ - Lagu berjudul, Tak Tun Tuang sedang hits di mancanegara. Lagu milik penyanyi asal Bukti Tinggi, Sumatera...

Reuni 212 Ditutup dengan Shalawat Nabi dan Lagu Indonesia Raya

Reuni 212 Ditutup dengan Shalawat Nabi dan Lagu Indonesia Raya

NASIONAL - Reuni 212 yang ditaksir dikuti oleh lebih dari 1 juta orang ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad...

DPMPTP Padang Pariaman dan Pessel Berbagi Informasi Pelayanan Perizinan

DPMPTP Padang Pariaman dan Pessel Berbagi Informasi Pelayanan Perizinan

PADANG PARIAMAN - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman...

Puluhan Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Mendatangi Kantor Balaikota

Puluhan Pedagang Pasar Atas Bukittinggi Mendatangi Kantor Balaikota

BUKITTINGGI - Pasca kebakaran yang melanda pusat pembelanjaan ternama Kota Bukittinggi (Pasa Ateh) beberapa waktu lalu,...

Sempat Jadi Polemik, Taste of Padang Tetap Branding Wisata Sumbar

Sempat Jadi Polemik, Taste of Padang Tetap Branding Wisata Sumbar

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat memutuskan tetap menggunakan Taste of Padang sebagai merk dagang (branding)...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media