minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Maulud dan Pengukuhan Tuanku di Ponpes Nurul Yaqin Aswaja, 2500 Lamang Disiapkan

Minggu, 08 Januari 2017 - 01:28:45 WIB - 574
Maulud dan Pengukuhan Tuanku di Ponpes Nurul Yaqin Aswaja, 2500 Lamang Disiapkan

PADANG PARIAMAN - Sekitar 2.500 batang lamang disiapkan dalam penyelenggaraan pengangkatan tuanku di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Aswaja Padang Nonang Sungai Bais Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Pengangkatan tuanku sekaligus peringatan Maulud Nabi Muhammad Saw. yang berlangsung Jumat (6/1) hingga Minggu (8/1) di komplek pesantren tersebut.


Pengurus Ponpes Nurul Yaqin Aswaja M. Almunawir Tuanku Sidi Ibrahim kepada wartawan, Sabtu (7/1/2016), menyebutkan, selain menyiapkan makanan khas Maulud Nabi Muhammad Saw. Lamang tersebut, juga seekor kerbau dibantai untuk para undangan. "Rangkaian acara dimulai Jumat dengan pengangkatan tuanku M. Syaifullah Tuanku Sidi Majolelo oleh Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, Kabupaten Padangpariaman Zulhamdi Tuanku Kerajaan Nan Saleh. Sedangkan pengalungan sorban sebagai tuangku baru dilakukan oleh ulama Sungai Sarik H. Paimar tk Bandaro," kata Almunawir yang akrab disapa Tuanku Aswir.


Dikatakan Aswir, pengukuhan tuanku ini merupakan yang kedua di Ponpes Nurul Yaqin Aswaja. Sebelumnya, tahun 2012 pertama kali dikukuhkan Ramli Tk malin Timbalan yang sekarang menjadi pengasuh di Ponpes Nurul Yaqin Al-Hikmah Bais di Korong Cimpur Pasar Durian, Nagari Lareh Nan Panjang Sungaisariak Kecamatan VII Koto. ‚ÄĚDengan pengangkatan tuanku ini diharapkan pesantren Nurul Yaqin Aswaja dapat semakin berkembang. Saat ini ada 23 santri yang belajar untuk tingkat wustha/SMP dan ulya/SMA," kata Aswir, mantan Sekretaris Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Padangpariaman.


Menurut Aswir, tuanku yang diangkat diharapkan bisa berkiprah di tengah masyarakat. Semakin banyaknya masalah sosial yang muncul di tengah masyarakat, kehadiran tuanku semakin dirasakan penting memberikan pencerahan agama kepada umat. Derasnya pengaruh paham-paham keagamaan yang tidak sesuai dengan Islam Ahlussunnah Waljamaah yang mayoritas dianut masyarakat di daerah ini, perlu benteng yang kuat diberikan kepada masyarakat.


"Untuk itu, kita berharap kepada tuanku yang sudah belajar agama di pondok pesantren bertahun-tahun dengan mempelajari berbagai kitab para ulama mampu berperan aktif. Kepada masyarakat pun diminta untuk lebih hati-hati dalam menyikapi paham keagamaan yang masuk ke daerah ini," kata Aswir yang juga dosen di Akbid Sumbar ini.


Ketua Panitia Pengangkatan Tuanku dan Maulud Nabi Ponpes Nurul Yaqin Al-Hikmah M. Taher Dt. Rajo Mudo menyebutkan, kegiatan ini menunjukkan tingginya rasa persatuan dan silaturrahmi masyarakat dengan pengasuh ponpes Nurul Yaqin Al-Hikmah. "Dukungan masyarakat sangat terlihat dengan banyaknya lamang yang dibuat dan pembantaian seekor kerbau," kata Taher.


Dibagian lain dikatakan Taher yang juga pengurus Nurul Yaqin Aswaja, pondok pesantren ini didirikan tahun 2006 oleh tiga alumni Nurul Yaqin Ringan-Ringan. Yakni Bustami Tuanku Sidi Pamansiangan, Ujang Hartadi Tuanku Mudo Pamansiangan, Amd dan dirinya. Dalam proses pendirian, juga mendapat dukungan moril dari ulama Sungai Sariak diantaranya H. Paimar Tuanku Bandaro Pimpinan Pondok Pesantren Syekh Aluma II, Amrizal Tuanku Sutan, Mansurdin Tuanku Panjang, dan lain-lain.
Saat ini memiliki 4 lokal bertingkat dengan ukuran 27 x 5 meter. Santri terdiri dari kelas I, II, IV, VII. (ZT)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: padang-pariaman,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Peringati Gempa 30 September 2009, Padang Pariaman Gelar Tabligh akbar dan Dzikir

Peringati Gempa 30 September 2009, Padang Pariaman Gelar Tabligh akbar dan Dzikir

PADANG PARIAMAN - Memperingati kejadian gempa 30 September 2009 lalu, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman gelar...

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

Hermina Group Bangun Rumah Sakit Senilai Rp60 Milyar di Padang

PADANG - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah meletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hermina Padang di kawasan...

Heboh Mobil Bergoyang di Bukittinggi, Dokter Magang dan Mahasiswi Digerebek Warga Lagi Gituan

Heboh Mobil Bergoyang di Bukittinggi, Dokter Magang dan Mahasiswi Digerebek Warga Lagi Gituan

BUKITTINGGI - Seorang Dokter magang dan seorang mahasiswi kebidanan kepergok mesum oleh petugas Satpol PP di Belakang...

Parade Fashion on The Street Bukittinggi, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah

Parade Fashion on The Street Bukittinggi, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah

BUKITTINGGI - Dekranasda Kota Bukittinggi dalam menyambut Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 233 tahun, membuat suatu...

Minimalisir Perilaku Maksiat, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Perda

Minimalisir Perilaku Maksiat, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Perda

PARIAMAN - Upaya Memberikan pemahaman, pembinaan dan edukasi kepada masyarakat terhadap esensi kebijakan produk hukum...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu