berita padang - berita sumbar
headline
home berita Olahraga

Rossi, Marques Dkk Resmi Mengaspal di Palembang Akhir 2018

Minggu, 08 Januari 2017 - 02:17:46 WIB - 688
Rossi, Marques Dkk Resmi Mengaspal di Palembang Akhir 2018

MOTOGP - Pembalap MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marques dipastikan akan beradu kecepatan dalam seri MotoGP yang digelar di Sirkuit Jakabaring Palembang pada akhir tahun 2018 mendatang. Hal ini diungkapkan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jeffrey JP disela pelantikan Pengurus Provinsi IMI Bengkulu pada Jumat 7 Januari 2017.


Jika tidak ada aral melintang, pada tanggal 26 dan 27 Januari mendatang, akan dilakukan take over tender pembangunan sirkuit yang menelan dana hingga Rp 500 miliar rupiah dan penyerahan master plan oleh Tim Herman Tilke yang berpengalaman dalam pembangunan sirkuit dan direkomendasikan oleh Federasi Internasional Mottosport (FIM).


Penunjukan Palembang sebagai kota penyelenggara seri MotoGP 2018 dilakukan saat Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan seluruh Gubernur se-Indonesia. Saat itu, presiden menanyakan siapa yang bersedia menjadi penyelenggara MotoGP, Gubernur Sumatra Selatan Alex Noordin mengacungkan telunjuk dan langsung disetujui.


Menurut Jeffrey, Proses Administrasi, legalitas dan persiapan infrastruktur terus dilakukan. Lahan yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan seluas 150 hektare terletak di dalam kawasan pusat olahraga Jakabaring Palembang dengan menyiapkan pembangunan sirkuit Grade A dan B.


Selain untuk digunakan dalam perhelatan MotoGP 2018, sirkuit ini juga disiapkan untuk gelaran lomba Formula 1. Awal tahun hingga pertengahan 2017 ini merupakan perampungan master plan dan mematangkan Desain Engginering Detail (DED).


Pembangunan fisik akan dilakukan pada akhir tahun 2017 ini dengan pengawasan yang sangat ketat oleh FIM dan FIA sebagai pemegang otoritas penyelenggara MotoGP dan Formula 1.


Seri MotoGP yang digelar di Palembang pada akhir tahun 2018 ini merupakan regulasi dan jadwal yang ditetapkan FIM. Sebab pada seri putaran awal, menurut jadwal tetap MotoGP, akan dihelat di Benua Eropa dan sekitarnya, untuk Indonesia akan mengikuti alur perjalanan lomba yang ditetapkan berjalan dari Jepang, Malaysia, dan Australia.


Penunjukan dan penjadwalan seri MotoGP 2018 akan dilakukan pada akhir tahun 2017 dengan melihat progres pembangunan sirkuit yang sedang dijalankan. Indonesia sendiri harus serius, sebab seluruh mata dunia akan tertuju ke Indonesia jika MotoGP digelar disini.


"Kita semua harus serius, ini kesempatan emas, jangan sampai ada kendala," tegas Jeffrey. (lp6)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,internasional,nasional,sport

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hujan Badai Landa Padang, Penerbangan Dialihkan ke Pekanbaru

Hujan Badai Landa Padang, Penerbangan Dialihkan ke Pekanbaru

PADANG - Hujan disertai angin kencang membuat empat pesawat yang hendak mendarat di Bandara Internasional Minangkabau...

Gubernur Sumbar Belum Hadir, Pembukaan Kejurnas Karate PPLP Molor

Gubernur Sumbar Belum Hadir, Pembukaan Kejurnas Karate PPLP Molor

PADANG - Pembukaan Kejurnas Karate antar PP LP/D dan sentra olahraga di GOR Prayoga Padang, seharusnya sudah dibuka...

Bus Rebah di Lembah Anai, Seorang Gadis Kecil Luka Tersiram Air Radiator

Bus Rebah di Lembah Anai, Seorang Gadis Kecil Luka Tersiram Air Radiator

PADANG PANJANG - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di wilayah hukum Polres Kota Padang Panjang, Sumaterqa Barat...

Padang Jadi Kota Pertama Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS)

Padang Jadi Kota Pertama Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS)

PADANG -- Padang menjadi kota pertama dari rangkaian agenda Roadshow Indonesian Citizen Summit (ICS) 2.0 yang...

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

Ratusan Guru dan Garin se-Kota Bukittinggi Dapat Bantuan Tunjangan Operasional

BUKITTINGGI - Walikota Ramlan Nurmatias menyalurkan tunjangan operasional kepada 519 guru MDTA, TPA, TPSA, TPQ, Pondok...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu