berita padang - berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Bupati Padang Pariaman Apresiasi Dewan Pers Antisipasi Penyebaran Berita Hoax

Minggu, 08 Januari 2017 - 20:45:26 WIB - 348
Bupati Padang Pariaman Apresiasi Dewan Pers Antisipasi Penyebaran Berita Hoax

PADANG PARIAMAN - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mendukung terobosan yang dikeluarkan Dewan Pers untuk mengantisipasi media yang menyebarkan berita bohong atau hoax yaitu dengan menyiapkan barcode untuk media yang resmi tercatat memenuhi standar di Dewan Pers.


Dikatakannya bahwa masyarakat butuh informasi yang akurat, valid dan tidak mengada-ada serta memenuhi standar pers, bukan sebaliknya. Ia menyadari fenomena pilkada langsung beberapa tahun terakhir, memacu munculnya berita hoax baik sebelum maupun sesudah pilkada itu sendiri.


"Masyarakat Sumatera Barat, Khususnya Padang Pariaman, harus mendapatkan informasi mengenai pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah daerah. Tentunya ini sangat berguna untuk melakukan pengawasan dan sekaligus memberikan masukan kepada Pemerintah Daerah bersama DPRD," kata Bupati Ali Mukhni yang didampingi oleh Kabag Humas dan Protokoler Hendra Aswara di Pendopo Bupati, Sabtu (6/1/2017).


Saat ini ada puluhan media yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, baik cetak maupun online. Ali Mukhni mengharapkan agar media tersebut dapat bekerja dengan baik. Menyuguhkan berita berimbang, yang dapat dipercaya dan bukan berita hoax.


"Media adalah partner pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan. Tanpa media, pemerintah tidak ada apa-apanya, karena kita butuh media untuk menjangkau masyarakat dimanapun berada dalam menyebarluaskan berita pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah," ujarnya.


Kabag Humas Hendra Aswara mengatakan bahwa media pers adalah media yang memenuhi kode etik, asas pers sebagai ditetapkan dalam undang-undang, serta memenuhi standar perusahaan pers.

Pemberian barcode media bertujuan untuk meminimalisir pemberitaan bohong yang dapat merugikan, bahwa media ini terpercaya, terverifikasi di Dewan Pers. Selanjutnya terkoneksi data Dewan Pers yang menunjukkan data-data media terverifikasi, antara lain penanggungjawab serta alamat kantor.


"Rencananya pemberian barcode akan dilakukan secara bertahap mulai 9 Februari 2017 saat penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) di Ambon yang direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo," tuturnya.(rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,metro,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Waspada, Aktivitas Gempa di Laut Pesisir Sumbar Meningkat, Ini Kata BMKG

Waspada, Aktivitas Gempa di Laut Pesisir Sumbar Meningkat, Ini Kata BMKG

PADANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang merilis, aktivitas kegempaan di wilayah laut...

Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Kembali jadi Arena Tawuran

Jembatan Siti Nurbaya Kota Padang Kembali jadi Arena Tawuran

PADANG - Diduga terlibat tawuran, tiga pemuda menggunakan sepeda motor babak belur dihajar warga Kampung Batu yang...

KPPOD : Padang Peringkat 17 dari 32 Provinsi se-Indonesia

KPPOD : Padang Peringkat 17 dari 32 Provinsi se-Indonesia

PADANG - KPPOD menggelar seminar regional dan lokakarya terbatas di Hotel Pangeran Beach Padang, Jumat lalu. KPPOD...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu