minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Agam

Material Longsor Tutupi Jalan, Jalur Sicincin-Malalak-Balingka Sumbar Belum Dapat Dilalui

Minggu, 08 Januari 2017 - 21:01:05 WIB - 968
Material Longsor Tutupi Jalan, Jalur Sicincin-Malalak-Balingka Sumbar Belum Dapat Dilalui

AGAM - Longsor di ruas Jalan Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka) yang hingga hari ini tercatat 8 titik, tidak hanya melumpuhkan jalur transportasi dari Kabupaten Agam ke Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat, namun juga berdampak masalah ekonomi bagi masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang.

Bagaimana tidak, pada umumnya kebutuhan pokok masyarakat didistribusikan melalui pedagang dari Kecamatan IV Koto dan Kota Bukittinggi, begitu juga sebaliknya masyarakat Malalak yang juga banyak yang berprofesi sebagai pedagang, dan saat ini mereka tidak bisa melakukan aktifitas jual beli.

Demikian disampaikan Camat Malalak Harmezi, Minggu 8 Desember 2017 melalui telpon selulernya, menurutnya kondisi perekonomian masyarakat Malalak yang berdagang saat ini memang tekendala, termasuk tersendatnya kebutuhan pokok masyarakat.

“Biasanya kebutuhan masyarakat Malalak diantarkan pedagang dari daerah tetangga, namun sejak hampir satu minggu musibah longsor melanda, masyarakat kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, karena minimnya distributor dari pedagang dari daerah tetangga maupun pedagang warga Malalak sendiri,” tukasnya dikutip dari laman rri.co.id.

Harmezi menambahkan, kondisi saat ini masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan pokoknya terpaksa jalan memutar ke Sicicin Kabupaten Padang Pariaman, yang notabene jaraknya cukup jauh dari jalan Malalak menuju Kecamatan IV koto.

“Masyarakat terpaksa berputar arah, karena ruas jalan yang masih terisolir dan dalam proses pembersihan material longsor, dan hingga tiga hari kedepan kondisi nya diprediksi masih seperti ini mengingat material yang cukup banyak menimpa badan jalan,” terangnya.

Menurut Harmezi, disamping kesulitan memenuhi kebutuhan pokok, masyarakat yang memiliki anak dan dalam masa menempuh dunia pendidikan di luar Kecamatan Malalak, juga dibuat resah dengan kondisi ini.

“Banyak pelajar di Malalak yang juga mengalami kesulitan akibat terisolirnya ruas Jalan Simaka ini, pada umumnya pelajar banyak bersekolah di Kecamatan IV Koto dan Kota Bukittinggi, dan saat ini mereka tidak bisa pulang ke kampung halaman melewati ruas jalan biasanya, sehingga kebutuhan sekolah mereka pun seperti uang belanja juga tersendat, kalaupun dijemput mereka juga harus berputar arah ke Sicincin untuk sampai di Malalak,” ujar Harmezi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pembersihan material di ruas Jalan Sicincin-Malalak-Balingka (Simaka), Sabtu 7 Januari 2017 dari laporan Camat Malalak, Kabupaten Agam, Harmezi, terjadi satu longsor susulan di lokasi Ampuah, dekat gudang air Talago, yang membawa sebagian badan jalan dan satu buah tiang listrik ikut tumbang.

Harmezi mengatakan, hingga hari ini tercatat 8 titik longsor disepanjang ruas Jalan Simaka, proses pembersihan menggunakan alat berat masih sulit dilakukan petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Sumatera Barat baru dilakukan mulai kemarin sejak musibah longsor yang menimpa ruas Jalan Simaka sejak Selasa 3 Januari 2017 lalu.

Harmezi mengaku, intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang dan tebalnya kabut menjadi kendala pembersihan material longsor, dan hari ini petugas mulai bekerja dengan situasi cuaca yang mendung, diawali di simpang Pintu Angin, Balingka, Kecamatan IV Koto. (*)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Romeo/rri.co.id
Tag: agam,daerah,metro,peristiwa,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

VIDEO: Gempa 6,9 SR Guncang Tasikmalaya Jawa Barat

VIDEO: Gempa 6,9 SR Guncang Tasikmalaya Jawa Barat

JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan 6,9 pada skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis, Jawa Barat...

Hari Anti Korupsi Sedunia : Pemberantasan Korupsi Merupakan Kerja Kolektif dan Massif

Hari Anti Korupsi Sedunia : Pemberantasan Korupsi Merupakan Kerja Kolektif dan Massif

Tanah Datar - Mengusung tema "Bergerak bersama memberantas korupsi untuk meningkatkan masyarakat yang...

Duathlon Pelajar di Pantai Kata, Atlet Pariaman Mendominasi Gelar Juara

Duathlon Pelajar di Pantai Kata, Atlet Pariaman Mendominasi Gelar Juara

PARIAMAN - Rangkaian perhelatan Pariaman Triathlon 2017, yang dilaksanakan dari Sabtu (2/12) resmi ditutup oleh...

Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona Hijau

Pelayanan Publik Pemkab Tanah Datar Masuk Kategori Zona Hijau

JAKARTA - Lembaga negara pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia (ORI), menganugerahi kepatuhan...

Reuni 212 Ditutup dengan Shalawat Nabi dan Lagu Indonesia Raya

Reuni 212 Ditutup dengan Shalawat Nabi dan Lagu Indonesia Raya

NASIONAL - Reuni 212 yang ditaksir dikuti oleh lebih dari 1 juta orang ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media