berita padang - berita sumbar
headline
home berita Padang

Pesan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nasir Milad Muhammadiyah 107H/104M di Padang

Senin, 09 Januari 2017 - 08:59:59 WIB - 417
Pesan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nasir Milad Muhammadiyah 107H/104M di Padang

PADANG - PW Muhammadiyah Sumbar menggelar Milad Muhammadiyah 107H/104M di GOR Indoor UNP Padang, Ahad, (8/1/2016). Milad ini dihadiri sekaligus pentausiah KetuM PP Muhammadiyah. Tema "Membangun Karakter Indonesia yang berkemajuan"


Dalam Tausiah Miladnya, Ketum PP Muhamamdiyah Dr Haedar Nasir mengatakan Tokoh Minang dulu telah berikan andil yang sangat besar membawa api pikiran pembaruan dari Kiyai Dahlan dari Sumbarhingga ke Yogyakarta contohnya Inyiak Rasul, Buya AR Sutan Mansyur, Buya Hamka dan Buya Syafei Maarif. Sekarang tokoh Muhammadiyah sumbar harus mengambil peran itu lagi dalam mewujudkan sprit Indonesia berkemajuan.

Lanjutnya, Milad Muhammadiyah yang dirakan di Padang ini telah mampu membangkitkan ghirah dengan maramaikan Milad itu baik, tetapi esensi sebenarnya adalah mencari nilai lahirnya Muhammadiyah.


Menyikapi Walikota Padang yang mengajukan diri jadi tuan rumah Muktamar Muhammadiyah, Haedar Nasir mengatakan Adanya daerah yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Milad Muhammadiyah seperti Lampung sumut, Sumsel, dan kawasan tengah Jawa Tengah, Ambon Maluku tuan rumah Tanwir Muhamamdiyah 2017.


Katanya, syarat jadi tuan rumah muktamar sedehana lagi Muktamar harus di tempat sendiri setiap tuan rumah harus membangun balai muktamar sendiri, Makassar sudah menyiapkan aula tapi disyaratkan harus ada satu bangun baru balai muktmar, "Saya Yakin Kota Padang akan mampu lebih baik dari itu, itulah ghirah yang kita sebarkan agar adanya tantangan," tandasnya.


Haedar juga menyampaikan Ciri karakter Indonesia yg berkemajuan antara lain karakter Religius, karakter cerdas berilmu, mandiri, memiliki keunggulan diri, dan solidaritis sosialistik dan Berorientasi kepada masa depan makanya untuk memajukan Muhammadiyah diperlukan Tekad dan semangat yang kuat, kerja strategis dan kesolidan.


Tambahnya, Muhammadiyah memiliki spirit ingin menghadirkan kembali peradaban Islam yang maju, tiada ada organisasi di luar Muhammadiyah yang teologi Almaun, surat Alasyri itu berubah menjadi sebuah pergerakan yang melahirkan amaliyah yang melembaga panti asuhan, poli klinik dan gerakan pemberdayaan kaum dhuafa. Kiyai Dahlan mengajarkan surat Almaun selama 3 bulan sedangkan al-Asyri diajarkan selama 6 bulan.


Terkait fenomena 212, Kata Haedar, Boleh kita bangga 212 sukses tetapi pilkada yang belum tentukan dimenangkan Umat islam karena logika politik tidak selalu matching logika agama maka cukuplah euforia jangan teruskan, tugas umat Islam sekarang adalah memenangkan pilkada DKI Jakarta. Tantangan umat Islam sangat berat merebut sciene, bangun kekuatan ekonomi dan masuk dari berbagai struktur kekuasaan, tantangan itu dapat dihadapi bukan pergerakan massal tetapi tidak jika dilakukan kerja strategis umat. Jika hanya mengandalkan pergerakan massal umat Islam akan menjadi obyek penderita saja dan bukan menjadi tuan di rumahnya sendiri. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,muhammadiyah,nasional,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Bencana Alam Lima Puluh Kota, Ribuan Hektare Lahan Pertanian Rusak

Bencana Alam Lima Puluh Kota, Ribuan Hektare Lahan Pertanian Rusak

LIMA PULUH KOTA - Bencana Banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Lima Puluh Kota cukup berdampak kepada ribuan...

Gonjang-ganjing Pasar Syarikat Batusangkar, Pedagang Mengadu ke LBH Padang

Gonjang-ganjing Pasar Syarikat Batusangkar, Pedagang Mengadu ke LBH Padang

PADANG - Merasa tidak puas dengan kebijakan Pemkab dalam hal ini Dinas Pasar/Koperindagpas Tanah Datar, Sumatera Barat...

Wartawan 50 Kota dan Payakumbuh Distribusikan Bantuan untuk Korban Bencana ALam

Wartawan 50 Kota dan Payakumbuh Distribusikan Bantuan untuk Korban Bencana ALam

LIMA PULUH KOTA - Gabungan Wartawan yang bertugas di Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh mendistribusikan...

Pergi Sejak Jumat Lalu, Nenek Murni Asal IV Koto Agam Diduga Hilang

Pergi Sejak Jumat Lalu, Nenek Murni Asal IV Koto Agam Diduga Hilang

AGAM - Seorang warga Jorong Subarang, Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam pergi dari rumah sejak Jumat...

Fadli Zon Usulkan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Kata Menko Luhut

Fadli Zon Usulkan Jokowi Pakai Mobil Esemka, Ini Kata Menko Luhut

NASIONAL - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Esemka. Usulan...


KOMENTAR ANDA



abs sbk kaos minang unik dan lucu