berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Perguruan Silat Satria Muda Indonesia Gelar Rakerda Tingkat Sumbar di Bukittinggi

Selasa, 10 Januari 2017 - 20:34:23 WIB - 412
Perguruan Silat Satria Muda Indonesia Gelar Rakerda Tingkat Sumbar di Bukittinggi

BUKITTINGGI - Komisariat Daerah (Komda) Perguruan Silat (PS) Satria Muda Indonesia (SMI) Provinsi Sumatera Barat mengelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Komda SMI Sumbar Ismunandi Syofyan, SE didampingi Wakil Ketua Effendi Rasyid, ST, dan dihadiri Dewan Guru H.Kobar, H.Syofyan Nadar (H.Piyan), Ketua pengurus Pendekar M.Zen dan pengurus Komda/Komwil se Sumbar, bertempat di Gedung DPRD Kota Bukittinggi, pekan akad lalu.


Ismunandi Syofyan, SE dalam sambutannya mengatakan, dewan Pembina memerintahkan kepada seluruh anggota Fraksi Gerindra yang ada di Kabupaten/Kota/Provinsi wajib untuk membesarkan Satria Muda Indonesia. Untuk itu kepada ketua-ketua korwil/Ketua Unit, silakan menghubungi anggota Fraksi Gerindra di masing-masing daerahnya.


"Namun sangat kita sayangkan, dimana anggota Fraksi Gerindra Kota Bukititnggi yang sudah kita undang pada hari ini tidak ada yang datang. Ini merupakan suatu catatan bagi kita semua yang akan kita sampaikan kepada pimpinan Partai, sebab ini merupakan suatu kewajiban bagi anggota Fraksi Gerindra untuk berlatih dan mengenal Satria Muda Indonesia, karena Partai Gerindra adalah adiknya dari Perguruan Silat Satria Muda Indonesia seperti yang dicetuskan kemarin ini di Hambalang," kata Ismunandi Syofyan.


Lebih lanjut dijelaskannya, kita dari Komda Sumbar telah dibentuk dan susun struktur kepengurusan, namun perlu penyempurnaan, karena sampai saat ini SK belum dikeluarkan oleh Pusat, menjelang diterbitkannya SK dari pusat, maka terhadap kepengurusan Komda Sumbar yang ada sekarang kita sempurnakan.


Sebab kepengurusan di pusat sendiri yang secara lisan telah menetapkan Edy Prabowo sebagai Ketua Umum, namun belum bisa menjalankan roda organisasi karena SK Kepengurusan SMI pusat belum diterbitkan oleh ketua Dewan Pembina Bapak Prabowo Subianto.


Sementara itu Dewan Guru H.Tarmizi Akbar (H.Kobar) menyampaikan, SMI adalah aliran seni beladiri tradisional silat yang harus dikembangkan terus menerus, karena merupakan budaya asli Indonesia, untuk itu kita harus menjadikan silat sebagai tuan diatas rumahnya sendiri seperti falsafah di negeri ini "Sholat adalah tiang Agama, Silat adalah tiang budaya" artinya kita sepakat mendirikan dua tiang ini bersama-sama dan sepakat untuk berjalan diatas dua rel dan kita tidak boleh naik dan turun di tengah jalan, Itulah Satria Muda Indonesia,"ujar H.Kobar.


Sedangkan, Ketua Komwil PS.SMI Kota Bukittinggi Herman Syofyan, SE Dt.Sidi Bandaro mengatakan, Rakerda ini dilaksanakan dalam rangka konsolidasi kepengurusan Komwil se Sumbar disamping pembenahan program organisasi untuk jangka pendek dan panjang. Dan sesuai dengan arahan DPP Partai Gerindra yang mana seluruh anggota fraksi Gerindra Kota/Kapuaten/Provinsi harus berperan aktif mendukung PS.Satria Muda Indonesia.


SMI yang terdiri dari 19 aliran pencak silat di Indonesia, dimana 13 diantaranya berasal dari aliran silat asli Minangkabau itu berdiri pada tanggal 19 Juli 1987 di Lembah Pinus Ciloto Jawa Barat atas prakarsa (alm) Abu Sahar yang merupakan putra asli Sungai Puar Kabupaten Agam Sumatera Barat. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,daerah,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI



BE SMART, READ MORE

Begini Gaya Ahok Saat Berbahasa Minang

Begini Gaya Ahok Saat Berbahasa Minang

JAKARTA - Calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrap disapa Ahhok selalu mengupdate rutinitasnya di...

Pertumbuhan Ekonomi Bukittinggi Diatas Rata-rata Sumatera Barat

Pertumbuhan Ekonomi Bukittinggi Diatas Rata-rata Sumatera Barat

BUKITTINGGI - "Kita harus merumuskan program kegiatan guna mengendalikan kependudukan, baik dari segi kuantitas...

Peduli Korban Bencana Lima Puluh Kota, Lihat Apa yang Dilakukan Anak-anak Paud Ini

Peduli Korban Bencana Lima Puluh Kota, Lihat Apa yang Dilakukan Anak-anak Paud Ini

LIMA PULUH KOTA - Musibah Banjir yang menerjang Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat (Sumbar) beberapa pekan yang lalu,...

53 Dosen PTS dan PTN se-Indonesia Gelar Kunjungan ke KEM Tikalak Singkarak Solok

53 Dosen PTS dan PTN se-Indonesia Gelar Kunjungan ke KEM Tikalak Singkarak Solok

SOLOK - Sedikitnya 53 Orang Dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia...

DPD Hanura Sumbar dan DPC Hanura 50 Kota Serta Payakumbuh Antarkan Bantuan ke Pangkalan

DPD Hanura Sumbar dan DPC Hanura 50 Kota Serta Payakumbuh Antarkan Bantuan ke Pangkalan

LIMA PULUH KOTA - DPD Sumbar bersama DPC Partai Hanura Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kota Payakumbuh dengan menggunakan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu