minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Bukittinggi Kota Pertama Pencairan PKH di Sumbar

Kamis, 12 Januari 2017 - 05:42:30 WIB - 1373
Bukittinggi Kota Pertama Pencairan PKH di Sumbar

BUKITTINGGI - Bukittinggi ditetapkan sebagai kota pertama di tahun 2017 yang menerima pencairan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementrian Sosial melalui PT.Kantor Pos Indonesia Cabang Bukittinggi, yang disampaikan kepada 954 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) pada dua empat kelurahan di tiga kecamatan kota Bukittinggi, bertempat di aula PT.Kantor Pos Indonesia Cabang Bukittinggi, Rabu (11/1).

Walikota Bukittinggi, H.M. Ramlan Nurmatias secara simbolis menyerahkan bantuan PKH kepada tiga perwakilan dari penerima dan disaksikan kepala Regional II Sumbar, Riau dan Kepri yang diwakilkan deputi BJRP, Tata Sugiata, Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan, Ketua GOW Kota Bukittinggi, Hj.Khadijah, Kepala dinas Sosial, kepala dinas pendidikan dan kebudayaan, kepala dinas kesehatan, dan para pendamping PKH.

Ramlan Nurmatias dalam sambutannya dihadapan penerimana bantuan PKH, mengatakan, Pemerintah sangat-sangat memperhatikan daripada warga masyarakat kita, supaya warga masyarakat kota Bukittinggi berada pada posisi yang sangat baik. Adapun data penerima telah didata petugas melalui kelurahan masing-masing, penerima bantuan ini untuk kesehatan, seperti ibu hamil, balitau, kemudian untuk pendidikan anak sekolah, dan orang lanjut usia.

Diapun berpesan kepada penerima bantuan PKH, "agar uang bantuan yang diterima ini dipergunakan sebaik-baiknya untuk sesuai kebutuhan, jangan disalahgunakan, seperti untuk mengkredit barang, apalagi kendaraan roda dua". Selain itu Ramlan Nurmatias berpesan, untuk menghemat uang, tanamlah tumbuhan-tubuhan di halaman rumah yang dapat menghasilkan untuk dipergunakan sendiri maupun dijual dipasar, seperti cabai, bawang parai, dan lainnya, sehingga bisa mendapat tambahan penghasilan.

Ditambahkannya Kota Bukittinggi kini telah meraih piala Adipura, maka dari itu, buanglah sampah pada tempatnya yang telah disediakan pemerintah, dan jangalah membuang sampai di sungai atau selokan air, ini bisa mengakibatkan tersumbatnya aliran air sehingga menimbulkan banjir, apalagi kini sedang musim hujan, ucap Ramlan Nurmatias.

Ditempat yang sama, kepala PT.Kantor Pos Indonesia Cabang Bukittinggi, Iwan Gunawan Setiadi, S.E, ketika dikonfirmasi, menjelaskan, Alhamdulillah Kota Bukittinggi mendapat alokasi bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) hasil validasi tahun 2016, meluncur di awal tahun 2017 sebanyak 954 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk warga masyarakat di 24 kelurahan dengan nilai uang perluncuran per triwulan kurang lebih sebesar Rp261.716.518.

Pemberian bantuan inipun dilaksanakan tanggal 11 dan 12 Januari 2017, pegawai PT.Pos Indonesia Cabang Bukitinggi akan melayani penerima dengan maksimal dan optimal, besarnya bantuan itu bervariasi mulai dari Rp1.000.000. dan tergantung dari alokasinya dan persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh penerima bantuan PKH tersebut.

Program PKH ini secara nasional sudah diluncurkan sejak tahun 2007, untuk tahun 2017 wilayah Kota Bukittinggi yang mendapat bantuan hasil vasilidasi data tahun 2016. Sesuai tujuan dari pemerintah bahwa peluncuran program PKH dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan, selain itu juga untuk meningkatkan pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan.

Harapannya setelah diberikan bantuan PKH, RTSM tersebut bisa naik grade menjadi Rumah Tangga Sangat Sejahtera (RTSS) yang penuh harapan bisa mandiri baik dalam pendidikan mapun dalam kesehatan, sedangkan program-program lainnya dari Kementrian Sosial itu seperti program bantuan penyandang cacat dan program jaring sosial lainnya, pungkas Iwan Gunawan Setiadin. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: bukittinggi,daerah,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

BPN Tidak Hadir Ukur Obyek Perkara, Eksekusi Lahan PT. KAI di Basko Mall Ditunda

PADANG - Pengadilan Negeri Padang menangguhkan eksekusi lahan milik PT KAI Divre II Sumbar di kawasan Basko Hotel Air...

Inilah Peserta yang Lolos ke 16 Besar Liga Champion 2017/2018

Inilah Peserta yang Lolos ke 16 Besar Liga Champion 2017/2018

BOLA - Seluruh peserta ronde 16 besar Liga Champions 2017/18 telah diketahui seturut kelarnya babak penyisihan pada...

Malam Puncak PBF, Ampangan Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Negara

Malam Puncak PBF, Ampangan Dipadati Pengunjung Dari Berbagai Negara

PAYAKUMBUH - Musik etnik Minangapentagong berkolaborasi dengan Orkestra Simfoni Institut Seni Indonesia (ISI)...

Marsekal Hadi Tjahjanto Akan Dilantik Akhir Tahun 2017

Marsekal Hadi Tjahjanto Akan Dilantik Akhir Tahun 2017

NASIONAL -Marsekal Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang...

Tragis, Ayah dan Anak Kehilangan Nyawa Saat Berburu Babi di Tanah Datar

Tragis, Ayah dan Anak Kehilangan Nyawa Saat Berburu Babi di Tanah Datar

TANAH DATAR - Rabu (6/12/2017) sekira pukul 13.00 WIB, dua orang warga Tabek Boto, Jorong Baringin, Nagari Baringin,...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media