minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Muhammadiyah

Milad MA-KMM 87 untuk Bangkitkan kembali Kejayaan Muhammadiyah dalam Bidang Pendidikan

Senin, 16 Januari 2017 - 15:52:47 WIB - 651
Milad MA-KMM 87 untuk Bangkitkan kembali Kejayaan Muhammadiyah dalam Bidang Pendidikan

PADANG PANJANG - Hari Ulang Tahun Madrasah Aliyah (MA)-Kuliyatul Mubalighien (KMM) Padang Panjang ke-87, MA KMM menggelar rangkaian kegiatan lomba pionering Hizbul Wathan, smartphone dan Mading SLTP Se-Sumbar, Simposium Pendidikan Khusus Guru-guru MA-KMM Kauman, dan puncak milad dengan agenda Seminar Nasional Repositioning and School Marketing bersama Motivator Nasional Pendidikan Muhammadiyah Prof Imam Robandi dan tausiah dari Ketua PP Muhammadiyah Prof Yunahar Ilyas. Seminar nasional pendidikan ini dihadiri ratusan guru SLTP dan SMA sederajat se-Sumbar.


Tujuan penyelenggaraan puncak Milad ini adalah untuk membangkitkan pendidikan Muhammadiyah khususnya MA-KMM agar terus dicintai diminati dan dicintai umat.


Kepala sekolah MA-KMM Kauman Derliana mengtakan MA KMM telah berusia 87 sudah tua bukan usia muda lagi perlu sebuah kebangkitan pendidikan dari tidur panjang sehingga sekolah Muhammadiyah dicintai dan diminati masyarakat.


Selain itu Derliana mengharapkan Rangkaian milad ini bisa menghipnotis Pendidikan Muhammadiyah untuk bangun dari tidurnya dan terus mengembangkan diri untuk kejayaan pendidikan Muhammadiyah kedepannya. "Rangkaian kegiatan Milad ini sudah dimulai sejak Kamis, (12/1) hingga Senin, (16/1) dengan agenda Sosialisasi Kekerasan dalam Rumah tangga bersama jajaran Polres Kota Padang Panjang yang diikuti ratusan siswa dan siswi MA KMM Kauman Padang Panjang," katanya


Menurutnya, stategi yang akan dilakukan Kota Padang Panjang kita sudah menyamai sekolah negeri bahkan kita sudah berada di level yang cukup membanggakan untuk Kota Padang Panjang, namun prestasi ini harus terus ditingkatkan. Kita tidak boleh berpuas diri dengan serangkaian prestasi, dari sisi bangunanpun perlu juga diperhatikan agar performa bangunan MA-KMM menjadi keren dan spektukuler.


Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas mengatakan Muhammadiyah harus terus melakukan dan melahirkan inovasi dan kreatif sepertinya adanya Muhammadiyah boarding school. Selanjutnya, para Guru diharapkan jangan gunakan bahasa abstrak ketika mendidik para siswa yang masih SD ataupun TK contohnya penggunaan bahasa soleh, bahasa soleh yang harus diterjemahkan secara kongkrit, jika anak remaja tidak boleh diperintah dan dilarang tanpa argumentatif karena usia remaja berpikir kritis kemudian para siswa perlu diberikan penghargaan berupa reward dan punishment yang seimbang.


Yunahar Ilyas berpesan kepada Majelis Dikdasmen pimpinan, direktur, mudir dan guru Muhammadiyah di Sumbar agar mngembangkan inovasi dan kretivitas namun tetap dalam pengawasan. Sekolah Muhammadiyah tidak bisa lagi mengandalkan sekolah murah karena sekolah negeri yang gratis, yang dipersaingkan adalah sekolah swasta dengan sekolah Muhammadiyah, Sekolah Muhammadiyah memiliki ruh agamanya siswa Muhammadiyah memiliki integritas kepribadian yang kuat dan akhlaq yang mulia yang tidak ada pada sekolah Muhammadiyah lainnya.


Pendidikan agama tidak hanya menjadi tugas guru agama tetapi masuk di semua bidang studi, Katanya, Pendikan terbaik ketauladanan atau dikenal tarbiyatul bil qudwah, dan kemudian pendidkan dengan kebiasaan.


Pimpinan Majelis Dikdasmen PW Muhammadiyah Sumbar, Zainal Akil mengatakan Prof Imam Rabandi memberikan motivasi untuk bangkit agar Muhammadiyah bisa menjadi pusat pendidikan terbaik di Indonesia


Dia juga memberikan apresiasi kepada Derliana sebagai Kepsek terbaik se-Sumbar yang menguatkan inisiatif untuk menggelar seminar pendidikan dengan mengundang seluruh sekolah SMP dan SMA se-Sumbar.


Motivator Pendidikan Muhammadiyah Prof. Imam mengatakan Sekolah hebat merupakan sekolah yang mampu melahirkan siswa yang memiliki keberanian dan kepercayaan diri yang proporsional. kadang seringkali kita menuduh penyebab kemunduran sekolah tanpa menggunakan data karena itu sekolah perlu selalu membuat survey berkenaan dengan kualitas layanan sekolah. Hasil survey harus menjadi rujukan untuk segera mengambil solusi dan menjadi rujukan dalam menyusun strategi memberikan pelayan yang terbaik.


lanjutnya, Konsumen tidak pernah menanyakan tahun berdiri sebuah lembaga. Karena itu usia lembaga yang sudah lama tidak menjamin akan menjadi pilihan para konsumen. Kualitas layananlah yang akan menjadi pilihannya.


Sekolah melalui para guru perlu mereposisi diri dalam aktivitas kegiatan pembelajaran sesuai dengan paradigma zaman. Saat ini paradigma pembelajaran seorang guru adalah Mengajar, mendidik dan melatih. Sayangnya dominasi yang sering dilakukan sebagian besar guru adalah mengajar. Guru hanya berupaya mentransfer ilmu tanpa peduli apakah ilmu yang di transfer itu di pahami oleh peserta didik bahkan banyak para guru melakukan pengajaran tanpa di sertai dengan hati, Proses kegiatan pembelajaran perlu menyesuaikan dengan zaman.


Sekolah yang diminati konsumen adalah sekolah yang di dalamnya para guru melakukan pendidikan dan pelatihan. Mendidik berarti melakukan pembimbingan dengan hati dan berupaya agar tujuan yang dicita-citakan dapat tercapai.
Cara guru beraktifitas juga merupakan tauladan pendidikan kepada peserta didik. Cara guru berbicara, berjalan dan beraktifitas akan menjadi contoh peserta didik sehingga para guru perlu menyadari secara mendalam dan selalu berhati-hati dalam bersikap kepada para peserta didik.


Banyak faktor-faktor yang harus dibenahi sekolah agar menjadi pilihan costumer. Diantaranya adalah Building image dan sarana prasarana. Sekolah harus serius dalam merancang tampilan sekolah dengan baik. Merancang tampilan sekolah harus di serahkan kepada ahlinya. Banyak sekolah yang tidak peduli dengan konsep ini. Pembangunan sekolah dirancang berdasarkan perasaan. Bukankah ada mahfuzhot yang menyatakan siapa yang ingin menggapai kebahagiaan dunia dengan ilmu dan siapa yang ingin menggapai akhirat juga dengan ilmu.


Mahfuzhat merupakan istilah dalam tradisi literatur di pesantren untuk menyebut kalimat-kalimat indah yang berisi kata-kata mutiara, pepatah bijak, hikmah dan falsafah hidup. Mahfuzhat terseleksi dari berbagai nasihat Rasulullah saw., para sahabat, ulama salaf, sufi dan penyair, serta kata-kata yang bersifat anonim.


Bila dana menjadi kendala maka pimpinan perlu mengambil keberanian untuk berhutang. Dengan berhutang kebutuhan perbaikan sarana dapat segera ditingkatkan. Muhammadiyah kebayoran baru kiranya perlu untuk memulai menambah hutang agar perbaikan sarana perlu segera dilakukan.


Zainal Akil mengharapkan sekolah Muhammadiyah supaya kiranya mengambil hikmah dan pelajaran hasil seminar dan milad ini. Saya harapkan jangan terlalu lama berpikir tentang pantang ini tidak boleh dan itu tidka boleh saatnya kita harus berani berbuat. Guru adalah penentu bukan hanya sekedar pembantu dalam pendidikan maka dari itu berani berbuat jan sampai alun payi alah babaliak(Jangan sampai belum pergi sudah kembali,red) karena ke depannya akan banyak tantangan baik internal dan eksternal. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: muhammadiyah,padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Ribuan Pecinta Olahraga Bersepeda Padang Bakal Ramaikan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2017

Ribuan Pecinta Olahraga Bersepeda Padang Bakal Ramaikan Gowes Siti Nurbaya Adventure 2017

PADANG - Pada 29 Oktober 2017 mendatang, Kota Padang bakal diramaikan oleh sekitar 3.000 pesepeda dalam ajang...

Suka Ngemil Biji Labu? Ini Manfaatnya

Suka Ngemil Biji Labu? Ini Manfaatnya

LIFESTYLE - Kamu masih mengalami kesulitan untuk tidur tiap malam hingga berakhir insomnia? Well, tentu saja hal ini...

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

Inilah 7 Pekerjaan Seru dan Menjanjikan Buat Generasi Millennial

LIFESTYLE - Dengan perkembangan teknologi saat ini, kesempatan kerja semakin luas tercipta. Tak perlu menunggu lowongan...

Promosikan Pariwisata Sumbar, DPD ASPPI Tabuh Minangkabau Travel Mart ke-3

Promosikan Pariwisata Sumbar, DPD ASPPI Tabuh Minangkabau Travel Mart ke-3

BUKITTINGGI - Guna mempromosikan destinasi wisata Sumatera Barat agar memiliki branding yang kuat baik dalam skala...

Banjir Landa Kota Padang, Ini Kata DPRD

Banjir Landa Kota Padang, Ini Kata DPRD

PADANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Padang, Gustin Pramona berpesan kepada warga di Kota Padang untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu