minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Muhammadiyah

Ketua PP Muhammadiyah : Aset Persyarikatan, Status Administrasinya Harus Diselesaikan Sesuai Aturan

Jumat, 20 Januari 2017 - 17:26:13 WIB - 839
Ketua PP Muhammadiyah : Aset Persyarikatan, Status Administrasinya Harus Diselesaikan Sesuai Aturan

PADANG - Ketua PD Muhammadiyah Padang dan rombongan mendatangi Kantor PP Muhammadiyah Selasa, (17/1/2016), kedatangan dipimpin langsung Ketua PDM Maigus Nasir. Mereka disambut Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya Good Wil Zubair, Agenda pertemuan mereka terkait Perkampungan Muslim Perumahan Sang Surya di Rimbo Tarok, Kuranji Padang. Selain itu juga PD Muhammadiyah padang juga bersilaturahim brsama Sekjen MUI yang juga PP Muhammadiyah Anwar Abbas dan Shodiq Pasadigu Tokoh masyarakat Sumbar.

Satu hari setelah itu Ketua PP Muhammadiyah M Goodwill Zubair ini meyambangi Gedung Dakwah Muhammadiyah Sumbar Rabu (18/1/2017). Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan bersama PWM Sumbar, PDM Solok, PRM dan keluarga Wakif Komplek Pendidikan Muhammadiyah Singkarak, di Kantor PP Jakarta 27 Desember 2016 lalu. Agenda pertemuan terkait penyelesaian persoalan kasus tanah yang dicaplok pihak tertentu di Singkarak, aset di Padang dan persaolan tanah di Pessel

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar, Dr Shofwan Karim mengatakan Pertemuan bersama Ketua PP Muhammadiyah Good Wil Zubair berlangsung hangat dari pagi hingga masuk waktu shalat zuhur. Pertemuan itu dimoderatori Sekretaris PWM yang dimulai pengantar singkat Ketua PWM, kemudian laporan perkembangan kasus tanah yang dicaplok pihak tertentu di Singkarak.

Lanjutnya, Pada pertermuan itu Ketua PP Good Will memberikan beberapa pandangan dan cara-cara yang legal, santun dan sejuk untuk menyelesaikan beberapa kendala dalam urusan wakaf dan kehartabendaan di Sumbar.

Persoalan diawali dengan aset yang dicaplok pihak tertentu di PC Muhammadiyah Singkarak terkait plang merek Milik Muhammdiyah selesai yang segera dipasang. Upaya pendekatan secara persuasif penyelesaian masalah Singkarak di tingkat ranting dan cabang juga sudah dilaksanakan. Namun belum behasil optimal sehingga perundingan masih belum ada win-win solution

Pertemuan lanjutan akan dilakukan dengan pihak yang lebih berkompeten. Tetapi pihak-pihak itu masih belummenentukan jadwal dan ada yang sedang di luar daerah.

Katanya, Pagar komplek pendidikan Muhammadiyah Singkarak segera realisasikan. Dana diharapkan dari warga Muhamamdiyah di ranah dan di rantau. PP Muhammadiyah sedang melakukan proses orientasi dan solusi dengan pihak-pihak yang punya otoritas.

Sementara pihak PDM Padang menyampaikan proses administrasi dan sertifikasi tanah yang kini di atasnya ada sekolah. Seperti SMAM 1 yang agak rumit dan alot. dia meminta PP memberikan saran sehingga proses administrasi dan sertifikasi tanah mendapat penyelesaian yang cepat.

Terkait persoalan lahan yang di Balai Selasa, PDM Pessel meminta waktu keluarga wakif 10 tahun tinggal 3 tahun lagi. Namun di situ belum ada realisasi yang direncanakan semula. Ketua PP mengatakan bahwa dulu dan sampaikan sekarang masih menunggu proposal rencana pembangunan dan terus diminta berkali-kali. Keadaan itu memerlukan dorongan lagi untuk mempercepat proposal tersebut

Kasus Balai Selasa Pessel kelihatannya dalam moda berbeda sebenarya juga tejadi pada daerah lainnya. Ketidakmampuan serta merta membangun di tanah wakaf merupakan hal klasik yang sangat berbeda. Daerah tertentu menemukan solusinya sementara yang lain masih belum.

Tehadap keadaan seperti itu, Ketua PP Muhammadiyah meminta supaya hati-hati dan teliti. Ada wakaf yang oleh wakif mempunyai syarat-syarat tetentu, misalnya tenggat waktu, harus membangun jenis dan bentuk setya hal tertentu seperti masjid, rumah sakit, sekolah, panti asuhan dan sebagainya. Untuk model seperti itu, haruslah dipertimbangkan sematang mungkin kesanggupan persyarikatan setempat merealisasikan rencana yang menjadi komitmen awal.

Ketua PDM Mentawai menyampaikan ada lahan yang dulunya diperuntukkan kepada Muhamamdiyah sekarang terlantar karena tidak ada dana. Ada pula yang sudah dilanjutkan pihak lain. Meski mereka warga Muhamadiyah tetapi bukan atas otorisasi persyarikatan atau lebih kepada pengelolaan orang dan keluarga tertentu.

Good will juga menyarankan Setiap tanah wakaf dan hak milik serta harta benda persyarikatan mestilah status dan administrasinya diselesaikan sesuai ketentuan aturan, undang-undang dan hukum

"Kalau statusnya sudah legal secara hukum, administratif dan de-facto, barulah bergerak untuk pembangunannya. Kasus pada wilayah lain luar Sumbar ada yang tidak singkron dengan komitmen dan berujung kepada masalah hukum," katanya

Selain itu juga membahas tentang pembanguan kampus UMSB di Bukittinggi oleh BPH dan Rektor. Sertifikat utama sudah selesai sehingga pembangunan berjalan sesuai rencana. Masih ada sedikit lagi status lahan yang tidak luas sedang proses penyelesaian tetapi tidak mengganggu jalannya pembangunan. Kepada Ketua PP diharapkan dana lanjutan dari konsorsium tolong dibicarakan supaya segera dikucurkan untuk tahap berikutnya.

Ketua PP juga meminta setiap proposal pembangunan skala besar yang diminta bantuan ke Pusat dan Pihak lain supaya dikoordinasikan dengan PP serta copy surat dan proposal ke pihak tertentu disampaikan ke PP. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Perangi TB HIV, Ini yang Dilakukan PD Aisyiyah Padang

Perangi TB HIV, Ini yang Dilakukan PD Aisyiyah Padang

PADANG - PD Aisyiyah Kota Padang menerima kunjungan Rombongan SSR TB HIV Aisyiyah Care Medan dan SSR TB HIV Aisyiyah...

Marquee Player Mitra Kukar Mohamed Sissoko Absen Saat Dijamu Semen Padang FC

Marquee Player Mitra Kukar Mohamed Sissoko Absen Saat Dijamu Semen Padang FC

BOLA - Mitra Kukar (Mitra Kutai Kartanegara) dipastikan tak diperkuat gelandang andalan sekaligus marquee player,...

Lestarikan Adat Minang, LKAAM akan Gelar Iven Pariaman Batagak Gala II

Lestarikan Adat Minang, LKAAM akan Gelar Iven Pariaman Batagak Gala II

PARIAMAN - Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, menggelar Rapat persiapan untuk...

Pemkab Padang Pariaman Bertekad Jadi Juara Lomba Sekolah Sehat 2017

Pemkab Padang Pariaman Bertekad Jadi Juara Lomba Sekolah Sehat 2017

PADANG PARIAMAN - Asisten 1 Pemkab Padang Pariaman Idarussalam mengungkapkan Pemkab Padang Pariaman Bbertekad untuk...

Dini Hari Tadi, Agam Dihoyak Dua Kali Gempa

Dini Hari Tadi, Agam Dihoyak Dua Kali Gempa

AGAM - Sebanyak dua kali gempa kecil dirasakan warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan sekitarnya, Rabu (4/10/2017)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu