minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Muhammadiyah

Dahsyat, Potensi Zakat Rp5-6 milyar/bulan di kab/kota, Potensi Itu Perlu Ditangkap Muhammadiyah

Sabtu, 28 Januari 2017 - 14:45:29 WIB - 662
Dahsyat, Potensi Zakat Rp5-6 milyar/bulan di kab/kota, Potensi Itu Perlu Ditangkap Muhammadiyah

PADANG - Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Drs Shofwan karim Elhusein membuka resmi Inisiasi Pembentukan dan penguatan Lazismu Sumbar se-Sumbar sekaligus Seminar Zakat di Aula PW Aisyiyah Sumbar, Sabtu (28/1/2017). Kegiatan ini dihadiri Direktur Utama Lazismu Pusat Andar Nubowo, DEA, perwakilan pimpinan daerah Muhammadiyah se-Sumbar, perwakilan amal usaha Muhammadiyah.

Direktur Utama Lazismu Pusat, Andar Nubowo,DEA mengatakan Lazismu tersebar 34 di PW Muhammadiyah se-Indonesia dengan 186 kantor perwakilan. "Saya mengharapkan Sumbar bisa jadi percontohan bagi pengembangan Lazismu di Sumatera, sekrang baru tiga yakni Kabupaten Padang Pariaman dan Payakumbuh serta satu kantor layanan Lazismu Kl Lazismu At-Taqwa," ujarnya.

Lazismu merupakan milik perserikatan, dan peruntukannya untuk kepentingan perserikatan maka seyogyanya pimpinan Muhammadiyah juga mensupport keberadaan Lazismu, potensi zakat dikab/kota perbulannya mencapai Rp5-6 milyar, potensi ini perlu ditangkap pimpinan Muhammadiyah.

Lanjutnya, kegiatan Lazismu juga bisa dikolabarasikan dengan kegiatan majelis ataupun lembaga Muhammadiyah, asalkan kegiatan itu untuk menyentuh hasnaf yang delapan. Lazismu hadir sejak tahun 2002 dari pusat hingga daerah sebagai layanan zakat nasional berada di daerah sebagai pembantu pimpinan, kalau dipusat bernama lazismu pusat dan didaerah dinamakan dengan perwakilan Lazismu Wilayah ataupun daerah.

"Kami menghimbau pimpinan Muhamamdiyah agar bisa membentuk lazismu dan kantor layanan lazismu daerah wilayah hingga ranting dan juga bagi amal usaha Muhammadiyah," tuturnya.

Andar menargetkan kedepannya dari pusat hingga cabang dan ranting pengelolaan Lazismunya berada dalam satu komando terstruktur dan terintegrasi karena hal ini berdasarkan Rakornas Lazismu Nasional yang digelar belum lama ini.

Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim menargetkan tahun 2018 mendatang 11 PD Muhammadiyah sudah membentuk perwakilan Lazismu di 19 kab/kota.

Menurut Shofwan, Zakat, infaq dan Sadaqah, ini akan menghindari diri kita dari kebangkrutan baik di dunia apalagi di akhirat, ZIS ini juga merupakan sumber kekuatan umat Islam yang bwrtujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah juga sebagai wujud pengabdian kepada sesama manusia.

Lanjutnya, ternyata juga tradisi sedekah ini tidak hanya dikenal di dunia Islam saja tetapi juga jadi perhatian penting kalangan barat yang sudah dikenal dengan charity dan filantrophy bersifat sosial kemanusiaan.

"Medsos sudah booming potensi ini harus dimanfaatkan oleh pengelolah Lazismu untuk memaksimalkan potensi zakat, saya menyambut baik perubahan sistem lazismu menjadi komprehensif dan integrated," katanya.

Dia mengajak warga Muhammadiyah Sumbar untuk meng-viralkan lazismu dimanapun dan dalam kondisi apapun di media sosial baik melalui whatapps, facebook dan twitter.

Ketua Lazismu Sumbar, Deri Rizal Bendang,SHi mengatakan Kehadiran perwakila Lazismu di 19 kab/kota se-Sumbar untuk menjawab potensi zakat yang luar biasa yang perlu diraih perwakilan Lazismu kab/kota.

"Kita mentargetkan pembentukan dan pelantikan Lazismu di daerah rampung Bulan Juni 2017 ini," tuturnya.

"Boleh saja masyarakat berzakat kemana saja asalkan lewat amil seperti Lazismu," ucap wakil Ketua Baznas Sumbar Sobhan Lubis

Tambah wakil Ketua Baznas Sumbar Sobhan Lubis, Baznas tekankan harus melalui amil. Bagi kalangan ASN boleh juga lewat Lazismu. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Festival Pekan Seni Nan Tumpah 2017 Catat Rekor Penonton Terbanyak

Festival Pekan Seni Nan Tumpah 2017 Catat Rekor Penonton Terbanyak

PADANG - Ajang festival dua tahunan Pekan Seni Nan Tumpah 2017 telah resmi ditutup pada Jumat (29/9) malam, ditandai...

Terobos Lampu Merah Sianik Pariaman, Xenia Tabrak Motor Hingga Terseret Sejauh 20 Meter

Terobos Lampu Merah Sianik Pariaman, Xenia Tabrak Motor Hingga Terseret Sejauh 20 Meter

PARIAMAN - Sebuah Mobil Daihatsu Xenia menabrak kendaraan roda dua, Mobil itu menabrak motor Mio yang sedang berhenti...

BREAKING NEWS: Gempa Bumi 6,0 SR Hoyak Barat Daya Mentawai

BREAKING NEWS: Gempa Bumi 6,0 SR Hoyak Barat Daya Mentawai

MENTAWAI - Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar), Senin...

Liga 1: Prediksi PSM Makassar vs Semen Padang FC

Liga 1: Prediksi PSM Makassar vs Semen Padang FC

BOLA - Pekan Ke-27 Liga 1 Gojek Traveloka, tuan rumah PSM Makassar punya kesempatan meraih poin penuh saat menjamu tim...

Besok HUT TNI ke-72, Ini yang Dilakukan 1500 TNI di Padang

Besok HUT TNI ke-72, Ini yang Dilakukan 1500 TNI di Padang

PADANG - Jelang HUT TNI ke72, TNI menggelar gladi bersih upacara HUT TNI ke 72 yang melibatkan lebih 1500 orang di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu