berita padang - berita sumbar
headline
home berita Pesisir Selatan

Lihat! TNI Ini Turun Langsung ke Sawah Bantu Tanam Padi

Jumat, 03 Februari 2017 - 20:07:44 WIB - 693
Lihat! TNI Ini Turun Langsung ke Sawah Bantu Tanam Padi

PESSEL - Sejumlah oknum TNI atau Babinsa Koramil 06/Bayang turun ke sawah menanam padi bersama petani di Nagari Gurun Panjang Utara, Bayang, Pessel. Ini dilakukan untuk mempercepat proses tanam padi di Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (02/02/2017)

Koramil 06/Bayang Sersan Dua Kardiman, saat dipantau minangkabaunews.com tengah asik menanam padi bersama petani. Ini dilakukan di sawah petani Nagari Gurun Panjang Utara, Bayang, Pessel.


Kardiman mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan TNI terhadap percepatan tanam yang digalakkan oleh pemerintah. "TNI mendukung secara langsung di lapangan terhadap usaha pemerintah mewujudkan percepatan tanam padi,"katanya di sela-sela kesibukannya.


Anggota Babinsa tak ragu untuk turun langsung dalam membantu petani menanam padi dan berbaur dengan petani. Mereka juga terlihat piawai membajak sawah, menanam padi, mengontrol pertumbuhan tanaman, hingga tahap panen.


Keterlibatan Babinsa diharapkan mampu membantu meningkatkan hasil panen petani. Selain itu, menguatkan motivasi petani untuk mengelola lahan pertanian mereka.


"Apabila hasil panen meningkat maka kesejahteraan mereka juga semakin meningkat. Dengan meningkatnya kesejahteraan maka ketahanan nasional akan semakin kuat dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula," tuturnya.


Serda Kardiman mengatakan "Dengan adanya kegiatan ini, akan terus terjalin hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan masyarakat binaannya. Tentunya bukan hanya kegiatan membantu dan mendapingi petani tanam padi, tetapi kegiatan-kegiatan sosial lainnya," ujarnya.


Serda Kardiman juga menerangkan, pendampingan kepada para petani, apalagi saat ini bertepatan dengan masa tanam sudah merupakan tugas rutin seorang Babinsa kegiatan tersebut untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Khususnya peningkatan Swasembada Pangan yang sudah dicanangkan pemerintah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.


"Selain itu, sebagai Babinsa saya berharap kegiatan seperti ini dapat menginspirasi para petani yang lain untuk selalu bekerjasama dalam bekerja. Sehingga pekerjaan seberat apapun akan terasa lebih ringan saat dikerjakan bersama," ujarnya.


Pada saat istirahat, salah satu petani, Syamsul mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 06/Bayang yang sudah membantu petani tanam padi. Karena Babinsa selalu bersama para petani untuk memberikan pendampingan dan motivasi sehingga meningkatkan hasil panen. (Penrem 032/wbr)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hujan Badai Landa Padang, Penerbangan Dialihkan ke Pekanbaru

Hujan Badai Landa Padang, Penerbangan Dialihkan ke Pekanbaru

PADANG - Hujan disertai angin kencang membuat empat pesawat yang hendak mendarat di Bandara Internasional Minangkabau...

Anggota DPR RI Betty Shadiq Salurkan Bantuan Pengembangan Kompleks Pendidikan Aisyiyah Sumbar

Anggota DPR RI Betty Shadiq Salurkan Bantuan Pengembangan Kompleks Pendidikan Aisyiyah Sumbar

PADANG - Anggota DPR RI Betty Shadiq Pasadiqoe menyalurkan bantuan Rp5 juta untuk pengembangan Komplek pendidikan...

Hari Raya Idul Adha 1438 H Diprediksi Serentak

Hari Raya Idul Adha 1438 H Diprediksi Serentak

PADANG -- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat menyatakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1438 Hijriah...

Bhakti TNI KB-Kes 2017, Kodim 0308 Gandeng Pemko Pariaman dan Pemkab Padang Pariaman

Bhakti TNI KB-Kes 2017, Kodim 0308 Gandeng Pemko Pariaman dan Pemkab Padang Pariaman

PARIAMAN - Kodim 0308 Pariaman yang dikomandoi Letkol. Arh. Hermawansyah gandeng Dinas Pemberdayaan Perempuan...

Semen Padang FC Pinjam Muchlis Hadi Ning dari Bhayangkara FC

Semen Padang FC Pinjam Muchlis Hadi Ning dari Bhayangkara FC

BOLA - Semen Padang FC meminjam Muchlis Hadi Ning dari Bhayangkara FC untuk menghadapi putaran kedua kompetisi Liga 1....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu