minangkabau headline
Redaksi Info iklanDisclaimer Kontak
minangkabaunews mobile

Ekonomi

Bank Syariah Kurang dilirik Nasabah

Jumat, 30 September 2011 - 22:34:20 WIB

Bank Syariah Kurang dilirik Nasabah

Padang, MinangkabauNews -- Salah satu tantangan utama perbankan di Indonesia saat ini, adalah sulitnya mencari nasabah baru. Bank Syariah salah satunya sebagai pendatang baru, harus bersaing dengan bank konvensional.

"Untuk itu sangat penting diketahui mengapa nasabah enggan beralih ke bank Syariah, dan pada dasarnya nasabah bukan tidak mau beralih dari bank konvensional ke bank Syariah, namun masih enggan," ungkap Agus Arman, pengamat perbankan di Gedung Bank Indonesia (BI) Padang, Kamis (29/9).

Menurut Agus, bagi nasabah isunya bukan lagi soal halal atau haram, tetapi bagaimana kepentingan nasabah dapat diakomodir oleh perbankan, dan penting pula diketahui bagaimana tanggapan nasabah terhadap bank syariah.

Di Padang, lanjut Agus, telah dilakukan penelitian, dimana responden meliputi nasabah bank konvensional yang belum memiliki rekening pada bank syariah, dan nasabah bank syariah namun relatif masih kecil.

Selain itu, hasil pengamatan dikonfirmasi kepada karyawan bank syariah yang kompoten. Dari hasil penelitian, terdapat berbagai tanggapan antara lain adanya keraguan tentang syariah dan bank Syariah, penggunaan istilah-istilah untuk produk dan jasa syariah dianggap kurang familiar.

"Bahkan, informasi tentang produk dan jasa dan keunggulannya belum diketahui dan tidak begitu agresif. Faktor lain yang menyebabkan kurangnya nasabah beralih ke bank syariah antara lain mesin ATM yang terbatas, lokasi kurang strategis, ruang kantor yang sempit, faktor kenyamanan bertransaksi, fasilitas online terbatas, serta jaringan kerjasama instansi yang juga terbatas," terang Agus.

Sementara itu, Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan terkait perbankan Syariah karena melihat berbagai potensi yang dimiliki bank syariah.

BI melihat perkembangan Bank Syariah di Indonesia terus berkembang, dan maju semakin cepat sejak tahun 1992 dengan pertumbuhan rata-rata diatas 30 % per tahun.

"Dilihat dari hasil pembiayaan Bank Syariah di tahun 2010, telah menembus diangka Rp100 triliun, sehingga menempatkan bank syariah sebagai 10 Bank terbesar di Indonesia," kata Roy Cohar, Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia.

Menurut Roy, pertumbuhan jumlah rekening Dana Pihak Ketiga,(DPK) dan PYD hingga akhir Juli 2011, telah mencapai Rp1,1 triliun, atau mengalami pertumbuhan tiga kali lipat.

"Tingginya pertumbuhan DPK perbankan Syariah disebabkan masih kompetitifnya imbas bagi hasil yang ditawarkan bank Syariah," jelasnya.

Pimpinan Bank Indonesia Lambok A Siahaan, mengungkapkan, Sulsel terus mencatat kemajuan yang signifikan sampai dengan agustus 2011, baik dari total aset penghimpunan dana maupun penyaluran pembiayaan.

Untuk aset perbankan syariah berada pada posisi Agustus 2011 tumbuh 56,91 % menjadi Rp2,78 triliun. Nilai aset tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan aset posisi Agustus 2010 dan Desember 2010, yang masing-masing baru mencapai 1,90%.

"Dengan pertumbuhan aset yang cukup besar, aset bank syariah terhadap total aset Bank umum Sulsel meningkat dari 3,92% pada Agustus 2010 menjadi 4,72% pada posisi Agustus 2011, " terang Lambok.

Demikian pula dari segi penghimpunan dana, tumbuh sebesar 34,13% menjadi Rp1,31 triliun (Agustus 2010 sebesar Rp982 miliar dan Desember 2011 Rp1,13 miliar). Sebagian besar terdiri dari tabungan dan deposito.

Sementara pertumbuhan pembiayaan syariah mencapai 52,95 %. Dengan angka pertumbuhan tersebut, pembiayaan syariah Agustus 2011 mencapai Rp2,81 triliun, atau memiliki share 5,44% terhadap total kredit bank umum.

Nilai pembiayaan di maksud, kata Lambok, juga jauh lebih besar dibandingkan posisi Agustus 2010 sebesar Rp1,83 triliun, dan Desember 2010 sebesar Rp2,02 triliun.

Berdasarkan jenis pembiayaan maka pembiayaan bersifat masih relatif dominan dengan pangsa 61,08%, sedangkan untuk mendukung kegiatan produktif, yaitu untuk pembiayaan modal kerja dan investasi masing-masing sebesar 24,05% dan 14,43%.

"Pertumbuhan volume usaha perbankan syariah didukung sejumlah bank, dan jaringan kantor perbankan syariah di Sulsel sebanyak 15 kantor yang dioperasikan pada enam bank umum," jelas Lambok.





Be Smart, Read More


Pria Tanpa Identitas Kritis Usai Tertabrak Kereta Api di Padang

Padang, Minangkabaunews - Seorang pria paruh banya yang diperkirakan berusia 38 tahun kritis usai tertabrak kereta api...


Diskop dan UMKM Padang Bertekad Lahirkan 2000 Pengusaha Tiap Tahun

Padang, MinangkabauNews -- Pemerintah Kota Padang melalui Diskop dan UMKM Padang menargetkan 2000 pengusaha yang...


Usai Diculik dan Dicabuli, Mahasiswi ini Dibuang di Jalanan

Padang, Minangkabaunews - Korban berinisial "EW" (23) yang merupakan saah seorang mahaiswi di Kota Padang...


KAO Indonesia Tunjuk PT. AMP Jadi Distributor Resmi di Padang

Padang, MinangkabauNews -- KAO Indonesia menunjuk PT Andalan Mitra Prestasi yang terletak Jl. Padang By Pass Teluk...


Walaupun Enak, 8 Minuman ini Bikin Gigi Anda Kuning

Info Sehat, Minangkabaunews - Kopi dan teh apabila tertumpah dan mengenai baju Anda tentu akan meninggalkan noda kuning...


Inilah 8 Makanan yang Dapat Menguatkan Jantung dan Memori Otak

Info Sehat, Minangkabaunews - Asupan makanan yang sehat dapat menyehatkan organ vital manusia seperti otak dan jantung....


Kaporlri Badrodin Haiti: Pilgub Head to Head Sumbar Berpotensi Konflik

Padang, Minangkabaunews - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta kepada Kapolda Sumbar agar menjaga dengan baik...


Tekan Angka Pengangguran, Pemko Gelar Job Fair di G Sport Center Padang

Padang, Minangkabaunews - Pemerintah Kota Padang gelar Job Fair untuk tekan angka pengangguran di Kota Padang....


Festival Kuliner Nusantara 2015 Dihibur Juwita Bahar dan Ratu Sikumbang

Padang, Minangkabaunews - Kota Padang yang menjadi tuan rumah festival kuliner nusantara 2015 yang digagas oleh...


MK-FB dan IP-NA Serahkan Laporan Awal Dana Kampanye ke KPU

Padang, Minangkabaunews - Pasangan cagub dan cawagub Sumbar Muslim Kasim - Fauzi Bahar dan Irwan prayitno - Nasrul Abit...


Hernanes Resmi Bergabung Bersama Juventus

Italia, Minangkabaunews - Pemain Inter Milan Hernanes telah resmi bergabung bersama Juventus pada musim ini....


Gangguan Teknis pada Data Center Pusat, Pencetakan E-KTP di Padang Terhenti

Padang, Minangkabaunews - Terkendala gangguan teknis di Data Center Pusat, proses percetakan KTP elektronik di Kota...


Kualitas Udara Wilayah Sumbar Tidak Sehat

Padang, MinangkabauNews -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat menginformasikan saat ini kualitas udara...


Titik Api di Jambi 131 dan Sumsel 147, Warga Sumbar Diminta Waspada

Padang, MinangkabauNews -- Semakin parahnya kabut asap akibat kebakaran lahan di provinsi tetangga tampaknya sudah...


Pilgub Sumbar 2015, 552.024 Tercatat di DPS Padang

Padang, MinangkabauNews -- Komisi Pemilihan Umum Kota Padang menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada melalui...

TERKINI
TERPOPULER
TAG BERITA
REKOMENDASI :


KANAL BERITA
  KOTA
  KABUPATEN
  PROFIL
  MORE
  MOBILE
Metro
Politik
Ekonomi
Nasional
Internasional
Olahraga
Kriminal
Pendidikan
Pariwisata
Daerah
Bola
Minangkabau
Perempuan
Tokoh
Info Sehat
Showbiz
Makan
Kosmo
Pos Polisi
Otomotif
Sosial
Peristiwa
Seni Budaya
Opini
Bisnis
Teknologi
BNK Padang
Muhammadiyah
Pilkada
Video
  Padang
Bukittinggi
Payakumbuh
Padang Panjang
Pariaman
Solok
Sawahlunto
  Tanah Datar
Agam
Lima Puluh Kota
Padang Pariaman
Pasaman Barat
Pasaman
Pesisir Selatan
Kab. Solok
Solok Selatan
Sijunjung
Dharmasraya
Mentawai
  Redaksi
Info Iklan
Disclaimer
Pedoman Media Siber
Logo
Kontak
  Info Loker
Agenda Ivent
Galeri Foto
Polling Gubernur 2015
 
minangkabaunews monile
 
Copyright 2011 - 2015 Minangkabaunews All Rights Reserved Back to Top