minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Feature

Tidak Ada Kata Libur, Sebelum Tuntas 100%

Minggu, 23 April 2017 - 18:41:32 WIB - 706
Tidak Ada Kata Libur, Sebelum Tuntas 100%

PADANG PARIAMAN - Waktu menunjukkan pukul 2 siang, semuanya kembali beraktifitas sebagaimana biasanya meskipun ditengah hujan gerimis pekerjaan tidak bisa ditinggalkan. Hilir mudik truk dan alat berat kembali membuat suasana yang diam menjadi hiruk pikuk, dibarengi dengan suara sahut-menyahut antara satu dengan yang lain, hanya suara gemercik air yang mampu menenangkan suasana.

Memang benar demikianlah kondisi di korong Pauah Manih Nagari Koto Dalam Barat Kecamatan Padang Sago semenjak 15 hari yang lalu, sebuah perkampungan yang terletak diantara lereng perbukitan, dikelilingi hutan belantara dan di huni oleh penduduk tidak lebih dari 85 KK, yang sebelumnya sepi tanpa gaduh kini menjadi riuh bergemuruh.

Maklum Korong yang di huni oleh 65 jiwa ini banyak ditinggal merantau oleh penduduknya. Yang tinggal di kampung memilih profesi sebagai petani dan penambang pasir di sungai. Jika dilihat aktifitas ekonominyapun sangatlah terbatas karena hanya ada 2 warung di kampung tersebut.

Disamping itu tidak banyak kendaraan yang lalu lalang karena keterbatasan akses jalan, paling hanya truk pasir. Dan untuk masuk menuju korong Pauh Manih Nagari Koto Dalam Barat kita harus menempuh jarak sejauh 2 KM dari jalan raya Padang Sago dan tidak ada jalan alternatif untuk menuju kesana, disinilah TMMD (Tentara Manunggal Masuk Desa) di pusatkan.


Anggota TMMD sedang mengerjakan jembatan plat.

Sayup mata memandang MNKN mencoba mendekati sebuah surau yang berada persis di pinggir sungai yang ada di kampung ini, maklum ada yang menarik perhatian, dari arah kejauahan terlihat beberapa orang berbaju loreng sedang memperbaiki kondisi bangunan rumah ibadah tersebut. Dengan melintasi aliran sungai dangkal berkedalaman 50 cm dan lebar sekitar 12 meter, akhirnya sampai juga di tujuan.

Setelah lebih dekat ternyata memang benar, dapat kita lihat beberapa personil TNI sedang melakukan pembangunan rumah ibadah umat islam tersebut yang dinamai surau penti. tidak berapa lama mengamati sambil mengambil foto-foto para anggota yang sedang bekerja kemudian MNKN datang menemui Komandan lapangan mereka yang berada di lokasi.

Irwan demikian nama akrab orang yang berpostur tegap dengan tinggi sedang ini. Selain sebagai Danramil 009 Kecamatan Batang Anai, ia juga diberi kewenagan sebagai Dan SSK (Komandan Setingkata Satuan Kompi) selama 40 hari kegiatan TMMD.

"TMD ke-98 tahun di Nagari Koto Dalam barat ini sasaran pembangunan yang dituju ada 13 macam di antaranya, pembukaan dan pengkerikilan jalan baru sepanjang 2,5 Km. Pemasangan gorong2 di 4 titik, pembuatan jembatan plat 6x5 m dan jembatan plat 6x4 m, ada juga pemasangan talut di badan tebing, selanjutnya pembuatan jembatan plat lagi berukuran kecil, rehab surau penti dan pandam pakuburan dan melanjutkan pembangunan kantor pemuda," terang irwan.


Foto surau penti sebelum masuknya TMMD.

Ia menjelaskan, untuk jalan baru sudah dibuka hingga 2500 m, dan penimbunannya sudah mencapai sekitar 1,5 km. “Sedangkan mushalla penti yang sedang dikerjakan saat ini merupakan peninggalan gempa th 2009 lalu dengan kerusakan hampir mencapai 90%, jadi sama saja dengan bikin baru dan pengerjaannya sudah mencapai 75%, begitu juga dengan surau pandam pakuburan. Untuk kantor pemuda sendiri pembangunannya sudah mencapai 80%," terang Irwan.

Ia mengatakan tidak ada kendala yang ditemui dilapangan kecuali hujan. Sedangkan partisipasi masyarakat korong pauh manih dalam bergotong royong bersifat siklus yang terkadang ramai, terkadang sepi sebagaimana kedaan penduduknya. Namun bagi irwan dan anggota TNI yang berjumlah 150 SSK itu tidaklah menjadi halangan, untuk menyelesaikan pekerjaan sasaran pembangunan yang dituju, toh diantara mereka banyak juga yang handal sebagai tukang bangunan.

"Partisipasi masyarakat cukup bagus ini terbukti ketika pra manunggal yang di mulai pada tgl 20 Maret s/d 4 April makan siang kita disediakan oleh masyarakat. Dimana ada sasaran pembangunan di situ masakkan dihidangankan oleh warga. Kami sangat bersukur sekali karena pada masa pra itu kita belum ada anggarannya. dan setelah kita melakukan koordinasi dengan pihak Nagari dan Kecamatan, alhamdulillah dukungannya cukup bagus sehingga diprogramlah TMMD di Nagari Koto Dalam barat ini," pungkas irwan.


Surau penti saat ini, sedang dikejakan oleh anggota TMMD.

Ia mengatakan bahwa manunggal TNI pada era berbeda dengan yang terdahulu, sekarang tidak hanya sebatas pekerjaan fisik namun ada juga berbentuk pembangunan pada sisi non fisik. Sedangkan untuk penginapan Irwan mengatakan anggota TMMD harus bisa menarik hati masyarakat.

“Kalau dulu penginapan anggota di barak sekarang kita haruskan mereka memiliki orang tua angkat. Makanya pada satu tempat penginapan ada yang berjumlah 7 s/10 orang dan apa yang dimasak oleh yang punya rumah itupulalah yang di makan oleh anggota kita. Dengan harapan kedepan slesai kegiatan dan kembali ke tugasnya mereka telah memiliki sudara ditempat bertugas selama TMMD," harap Irwan.

Dan.SSK ini juga berkomitmen tidak akan meninggalkan sasaran pekerjaan meskipun sudah berbentuk 99,9% semuanya harus tuntas 100%,”tegas Irwan di depan anak buahnya.
Oleh karena demikian AD yang berpangkat Kap. Inf. Dengan jabatan Danramil 009 Batang Anai ini mempunyai rencana segala kekurangan menjelang 10 hari penutupan akan di kerjakan siang dan malam tanpa libur.

“Kalau siang tidak memungkinkan malam akan kita kerjakan yang penting tujuan tercapai. Sebelum penutupan tgl 4 Mei, Seluruh sasaran sudah bisa dimanfaatkan masyarakat sepenuhnya,” tangkas Irwan yang dipecaya juga sebagai Dan. SSK. TMMD Padang Pariaman 2017.

Masih di tempat yang sama MNKN mencoba berbincang dengan seorang wanita paruh baya yang saat itu tengah mondar-mandir memperhatikan para anggota TNI yang sedang bekerja memperbaiki mushalla Penti.


Pemasangan gorong-gotong oleh anggota TMMD Padang Pariaman 2017.

Asnimar anggota KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) Korong Pauh Manih merupakan salah seorang warga yang aktif di kampungnya mensosialisasikan setiap program pemerintah yang masuk ke Nagari Koto Dalam Barat.

“Saya sudah 8 tahun di kampung dan turut juga merasakan hantaman gempa 2009 makanya kita sangat bersukur sekali dengan keberdaan TMMD ini. Karena jika kita lihat pasaca gempa delapan tahun lalu masih banyak fasilitas publik yang belum seutuhnya bisa diperbaiki oleh masyarakat dikarenakan terkendala tenaga dan biaya,” pungkas Asnimar.

Wanita paruh baya yang kerab di panggil As ini merupakan penggerak masa di kampungnya. Setiap kegiatan sosial ia selalu tampil didepan menggalang solidaritas dari orang kampung baik duka maupun suka. Bahkan selama pelaksanaan TMMD ia dipercaya oleh Dan SSK sebagai koordinator kontribusi dan konsumsi.

Asnimar juga mengapresiasi Dan SSK (Komandan Setingkat Satuan Kompi) TMMD yang senantiasa mengawasi dan memantau setiap pekerjaan anak buahnya. Sehingga setiap pembangunan sasaran dikerjakan secara maksiamal.

As juga mengatakan sangat banyak manfaat yang di terima oleh warga korong pauh manih dari kegiatan manunggal TNI. “ Seperti yang kita lihat rehab mushalla penti ini pasca gempa 2009 warga hanya mampu memperbaiki sebatas dinding depannya saja. Sehingga disaat beribadah menimbulkan kekhawatiran. Dengan adanya TNI manunggal seluruh bangunan diperbaiki secara merata dan bisa dikatakan seperti bangunan baru,” sebut As dengan nada sumringah.

Tidak hanya rumah ibadah lanjut Asnimar, fasilitas umum lainnya seperti jalan yang belum dapat di lalui oleh kendaraan kini telah dilewati. “Biasanya jalan setapak disini hanya dilalui oleh pejalan kaki saja, sekarang motor dan mobil sudah bisa masuk, semua fasilitas sudah lancar,”ulas Asnimar menutup pembicaraan.


Pengerjaan pembukaan jalan baru oleh TMMD.

Menutup pembicaraan dengan Asnimar, Irwan kemudian mengajak MNK N melihat titik pembangunan yang lain dengan menggunakan mobil dinas land cruiser milik Danramil. Melihat perkembangan sasaran berikutnya, pembukaan jalan baru sepanjang 2500 m yang diceritakan tadi.

Sesampai di lokasi MNK N di perkenalkan oleh Danramil Batang Anai ini, dengan salah seorang tokoh masyarakat di Nagari Koto Dalam Barat yakninya Herman Zein yang dipercaya selaku ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat).

“Nagari Koto Dalam Barat merupakan hasil pemekaran baru dan karena itulah masih banyak fasilitas umum yang masih dibutuhkan. “Dengan adanya program TMMD yang ke-98 di Nagari Koto Dalam tentunya sangat di syukuri masyarakat dan kami juga memang sudah lama mendambakan pembangunan di kampung ini. Salah satunya pembukaan jalan sepanjang 2,5 km yang menghubungkan antara Nagari Koto Dalam Barat dan Koto Dalam Selatan. Selama ini memang kita sudah berusaha, Alhamdulillah baru saat ini dapat terkabulkan,”pungkas Herman.

Pembukaan jalan tersebut juga merupakan titik nadi dari masyarakat, penghubung antara Nagari Koto dalam Barat dan Nagari Koto dalam Selatan, selain mempermudah akses kepemerintahan Kecamatan juga dapat menumbuhkan perekonomian baru.

“Sebelumnya masyarakat kalau ingin ke kantor Camat yg terletak di korong Buluah Apo memakan waktu lebih kurang 1 jam karena harus memutar dulu ke Pariaman, namun dengan adanya jalan baru tembus kesana, maka hanya memakan waktu 5 s/d 10 menit,” terang nya.

Kemudian lanjutnya, ada juga rumah ibadah yang semenjak gempa 2009 belum bisa diperbaiki namun setelah masuknya program TMMD, mushalla tadi bisa diperbaiki dan di gunakan kembali oleh penduduk setempat.

"Selanjutnya ada lagi pembangunan kantor pemuda yang memang sedang di butuhkan. Karena sebagaimana kebiasaan penduduk secara turun-temurun dari nenek moyang, setiap bulan puasa seluruh ternak masyarakat itu dikumpulkan semuanya disana, tempat pemuda berkumpul di posko sambil ronda. Jadi kalau posko pemudanya rusak dan tidak ada yang menempati tentunya bisa terjadi pencurian ternak,”sebut Herman.

Herman Zein juga menyampaikan ucapan syukur dan ribuan terimakasih dengan adanya program TMMD oleh TNI di Nagari Koto Dalam Padang Pariaman. (warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri/Warman
Tag: daerah,padang,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Anggota DPR Minta Operasional Kereta Api di Padang Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

Anggota DPR Minta Operasional Kereta Api di Padang Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

PADANG - Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman meminta Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menghentikan...

Terkait Penembakan Bangau Oleh Perbakin Tanah Datar, Bupati dan Kapolres Beri Penjelasan

Terkait Penembakan Bangau Oleh Perbakin Tanah Datar, Bupati dan Kapolres Beri Penjelasan

TANAH DATAR - Aksi penembakan ratusan burung jenis Bangau yang biasa bertengger di atas pohon Baringin yang berada di...

Diduga Rem Blong, Truk Bermuatan Tisu Terjun ke Jurang Lembah Anai

Diduga Rem Blong, Truk Bermuatan Tisu Terjun ke Jurang Lembah Anai

PADANG PANJANG - Laka Lantas kembali terjadi di wilayah hukum Polres Padang Panjang, kendaraan truk BK 8391 FA dari...

Video Viral: Anggota TNI Berkelahi dengan Pengemudi Mazda

Video Viral: Anggota TNI Berkelahi dengan Pengemudi Mazda

VIDEO - Video seorang anggota TNI AL berkelahi di jalan dengan pengemudi mobil viral di media sosial. Markas Besar TNI...

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

Presiden Jokowi Batal Berkunjung ke Sumbar, Ini Alasannya

PADANG - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) batal berkunjung ke Sumatera Barat pekan depan dalam rangka launching tol...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu