berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Warga : Pengaktifan Jalur Kereta Api di Bukitinggi Kami Setuju, Tapi..

Senin, 08 Mei 2017 - 16:49:59 WIB - 2959
Warga : Pengaktifan Jalur Kereta Api di Bukitinggi Kami Setuju, Tapi..Ketua DPRD Kota Bukittinggi bersama Wakil Ketua menerima utusan warga di ruang kerja

BUKITTINGGI - Pada hari sebelumnya Jumat (5/5/2017) dimana PT. KAI (Persero) divisi regional II Sumatera Barat mengadakan sosialisasi di halaman stasiun kereta api lama kota Bukittinggi, kepada masyarakat sebanyak 139 Kepala Keluarga (KK) dengan 400 orang penghuni yang menempati tanah milik PT KAI yang berada dikawasan Stasiun Kota Bukittinggi, hal tersebut dilakukan PT.KAI sebagai tindak lanjut rencana Pemerintah akan mengaktifkan kembali jalur kereta api dari Padang-Bukittinggi-Payakumbuh.


Ternyata dari sosialisasi tersebut tidak sejalan dengan program semula, belasan orang perwakilan warga seputar stasiun mendatangi kantor DPRD Kota Bukittinggi, Senin (8/5/2017) menuntut bahwasanya ada rencana lain dari pihak PT KAI atau Pemerintah Kota untuk menyewakan lokasi itu kepada pihak ketiga, yang nantinya akan digunakan tempat membangun Hotel dan kolom renang.


Chairunnas, salah seorang perwakilan warga yang mendatangi Kantor DPRD mengatakan "Jika dikosongkan untuk pengaktifan jalur KA kami setuju, tapi jika digunakan untuk bangunan lain kami secara spontan menolaknya, bayangkan saja 139 Kepala Keluarga (KK) dengan 400 orang penghuni yang akan tergusur".


Lain halnya yang disampaikan warga lainnya, Ivan Haikal, rencana pengosongan jalur untuk KA pihaknya sangat setuju sekali, tapi jika untuk dimanfaatkan oleh pihak ketiga dengan cara menyewa guna membuat bangunan lain pihaknya tidak mendukung alias menolak.


Menurut Ivan, bayangkan saja kami bersama warga lainnya akan tergusur, sedangkan pihak ketiga akan menikmatinya, dan juga pihak ketiga itu nanti menyewa dengan membayar, sedangkan masyarakat yang tinggal di sana selama ini juga membayar, mereka mempertanyakan apa perbedaan mereka dengan pihak ketiga itu.


Dari informasi yang dikutip, pihak ketiga telah merencanakan dan menggambar lokasi yang akan dibangun hotel serta kolom renang itu. Bahkan gambar bangunan hotel bintang 4 dan kolom renang tersebut, juga telah tersebar di media informasi lainnya. Lokasi pembangunan ini yakni depan SMPN 1 Bukittinggi.


Kedatangan belasan warga itu diterima Ketua DPRD Benny Yusrial di ruang kerja yang didampingi oleh Wakil Ketua Trismon dan Yontrimasyah menyambut baik apresiasi perwakilan warga yang mendatangi Kantor DPRD Bukittinggi.


Selain itu, pihaknya juga mengatakan, hingga saat ini pihak DPRD kota Bukittinggi sendiri belum menerima laporan resmi terkait pengaktifan jalur KA untuk Bukittinggi khususnya kawasan Stasiun. Terkait rencana pengosongan jalur yang akan dimanfaatkan oleh pihak ketiga itu juga belum mengetahui.


Untuk sementara, pihak DPRD akan memanggil pihak PT KAI bersama Pemko Bukittinggi untuk mengadakan pertemuan bersama pihak DPRD. "Kami tidak ingin warga diakal-akali dengan hal lain, selain rencana aktivasi jalur KA," terang Ketua DPRD Benny Yusrial. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gubenur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan Akui Tradisi Wirausaha Warga Minang

Gubenur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan Akui Tradisi Wirausaha Warga Minang

NASIONAL - Gubernur DKI Jakarta terpilih periode 2017-2022, Anies Baswedan, menghadiri acara buka puasa bersama dengan...

Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Belasan Pendaki Terjebak, Berikut Nama-namanya

Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Belasan Pendaki Terjebak, Berikut Nama-namanya

TANAH DATAR - Erupsi Gunung Marapi yang terjadi Minggu 4/3 ternyata bukan hanya menyisakan asap dan kepulan abu...

Pansus Revisi Undang-undang Pemilu Restui Calon Tunggal di Pilpres 2019

Pansus Revisi Undang-undang Pemilu Restui Calon Tunggal di Pilpres 2019

JAKARTA - Pansus Revisi Undang-undang Pemilu menyepakati pemilihan presiden harus dilanjut meski hanya ada satu calon....

Sikapi Pembunuhan Karakter dan Kriminalisasi Terhadap Amien Rais, Inilah Pernyataan GN-USI

Sikapi Pembunuhan Karakter dan Kriminalisasi Terhadap Amien Rais, Inilah Pernyataan GN-USI

JAKARTA - Gerakan Nasional Umat Selamatkan Indonesia (GN-USI) mensinyalir Adanya upaya kriminalisasi dan pembunuhan...

Gunung Marapi Sumbar Erupsi Tiga Kali Hari Ini

Gunung Marapi Sumbar Erupsi Tiga Kali Hari Ini

TANAH DATAR - Gunung Marapi meletus melontarkan abu vulkanis dengan ketinggian 300-700 meter, Minggu (4/6/2017)....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu