berita padang - berita sumbar
headline
home berita Padang

Gubernur Jakarta Terpilih Anies Baswedan: Minang Penghasil Pahlawan dan Ulama Terbanyak di Indonesia

Rabu, 10 Mei 2017 - 04:36:12 WIB - 5343
Gubernur Jakarta Terpilih Anies Baswedan: Minang Penghasil Pahlawan dan Ulama Terbanyak di IndonesiaWalikota Padang Mahyeldi dan gubenrur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan

PADANG - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan, ternyata selama ini begitu memahami sejarah dan perkembangan Minangkabau atau Sumatera Barat. Bahkan pasangan Sandiaga Uno yang bertarung di Pilgub DKI ini menyebut bahwa Minang gudangnya pahlawan dan ulama di Indonesia.


"Minang (Sumatera Barat) adalah provinsi dengan jumlah pahlawan dan ulama terbanyak di Indonesia," kata Anies Baswedan di depan Dubes Arab Saudi Osama bin Mohammad Abdullah Al-Syuaibi, Pembina Yayasan Al-Manarah Al-Islamiyah Syaikh Khalid Al-Hamudi, dan Walikota Padang H.


Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo saat di Rumah Dinas Duta Besar Kerajaan Saudi Arabia, jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/5) malam.


Apa yang disampaikan Anies Baswedan bukan tanpa alasan. Anies sempat menceritakan sejarah perkembangan pendidikan Islam di Minang.
"Di Minang, terdapat sekolah Islam khusus perempuan bernama Dinniyah Putri Padang panjang," sebut Anies.


Dikatakannya, di sekolah Dinniyah Putri Padang Panjang, perempuan diajarkan berbagai bidang ilmu seperti bahasa arab, Alquran dan hadis, serta sebahagian peserta didiknya dahulu berbahasa Belanda.


Diceritakan Anies, pada tahun 1955 silam, Dinniyah Putri Padang Panjang sempat kedatangan rektor Universitas Al Azhar Abdurrahman Taj. Kedatangan rektor ini dibawa Perdana Menteri Muhammad Natsir ketika itu.


"Saat di Dinniyah Putri, rektor Universitas Al Azhar mengundang pendiri Dinniyah Putri, Rahmah Al Yunusiyyah untuk hadir di Universitas Al Azhar," papar Anies.


Setahun kemudian, Rahmah Al Yunusiyyah menyanggupi undangan tersebut dan hadir di Universitas Al Azhar.


"Saat itu Rahmah Al Yunusiyyah menjadi pelopor program perempuan pertama dalam sejarah universitas tertua Al Azhar," ujar Anies.


Seperti diketahui, sekolah Dinniyah Putri Padang Panjang tidak hanya memberikan pelajaran agama maupun umum, tetapi juga mengajarkan berbagai keterampilan yang diperlukan oleh seorang muslimah sebagai ibu yang mandiri. Maka ketika Rektor Universitas Al-Azhar Abdurrahman Taj berkunjung ke Diniyyah Putri pada 1955, beliau tertarik dengan sistem pembelajaran khusus yang diterapkan disana dan menginspirasinya untuk mendirikan Kuliyyatul-Lil-Banat (kampus Al-Azhar khusus putri) di Universitas Al-Azhar. Dan Rahmah pun dinobatkan sebagai Syaikhah (Guru Besar Wanita) pertama dari Universitas Al-Azhar.(Ch)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,metro,nasional,padang,reliji,sumatra-barat,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gempa Kecil 3,8 SR Terasa di Pariaman Sore Tadi

Gempa Kecil 3,8 SR Terasa di Pariaman Sore Tadi

PARIAMAN - Gempa bumi berkekuatan 3,8 Skala Richter mengguncang wilayah Kota Pariaman, Selasa (2/5/2017) pukul 17.16...

Program Bupati Tanah Datar Masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017

Program Bupati Tanah Datar Masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017

TANAH DATAR - Pelayanan Publik yang telah menjadi salah satu program prioritas pembangunan di bawah kepemimpinan Bupati...

Walikota Fremantle Terkaget-kaget Melihat Padang

Walikota Fremantle Terkaget-kaget Melihat Padang

PADANG - Kota Padang berada di pesisir pantai. Keindahan pesona laut Kota Padang tak terbantahkan. Walikota Fremantle,...

41.716 Orang Tekan Petisi Penjarakan Ahok Tanpa Percobaan

41.716 Orang Tekan Petisi Penjarakan Ahok Tanpa Percobaan

JAKARTA -- Pasca tuntutan JPU kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok di Jakarta, ...

Satu Rumah Gadang dan 3 Rumah Lainnya di Padang Panjang, Diamuk Sijago Merah

Satu Rumah Gadang dan 3 Rumah Lainnya di Padang Panjang, Diamuk Sijago Merah

PADANG PANJANG - Sebuah Rumah Gadang dan tiga unit rumah lainnya ludes dilalap si jago merah, Minggu (14/5/2017) sekira...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu