berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Dewan Kerajinan Nasional Kota Bukittinggi Rayakan HUT ke 37

Jumat, 19 Mei 2017 - 00:29:42 WIB - 227
Dewan Kerajinan Nasional Kota Bukittinggi Rayakan HUT ke 37Ketua Dekranas kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan Nurmatias saat memberikan keterangan

BUKITTINGGI - Merujuk kepada lahirnya Dekranas, maka seyogyanya peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) ke 37 dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia yaitu pada tanggal 3 maret yang lalu, namun karena berbagai kendala dan kesibukan, Dekranasda Kota Bukittinggi baru melaksanakan peringatan HUT Dekranas ini pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2017, dengan mengusung tema "Cintai dan Beli Produk Dalam Negeri".


Hal itu disampaikan Ketua Dekranas Daerah Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan Nurmatias yang didampingi Wakil Ketua I, Hj.Khadijah, Wakil Ketua II, Muhammad Idirs, Koordinator Acara, Tati Yasmarni, dan Alvie Oktrisni, dalam acara jumpa pers dengan awak media liputan kota Bukittinggi, Kamis (18/5/2017) di hall kantor Balaikota.


Beberapa tujuan dilaksanakan HUT Dekranas ke 37 tingkat Kota Bukittinggi tahun 2017, lanjut Yesi Endriani, antara lain meningkatkan motivasi berkarya bagi masyarakat untuk selalu berinovasi menciptakan produk-produk baru berbasis bahan baku lokal, salah satunya telah kita lakukan lomba produk unggul daerah. Meningkatkan motivasi kerja bagi pelaku industri melalui penciptakan sentra-sentra kerajinan/peningkatan kapasitas dan kwalitas tenaga kerja trampil di seluruh kelurahan.


"Disamping itu juga meningkatkan kualitas hidup perempuan, jangan sampai ada perempuan di Kota Bukittinggi yang mencari pekerjaan ke luar negeri, apakah sebagai pembantu atau sebagai pekerja kasar. Karena itu kami membuka ruang dan peluang kepada perempuan-perempuan di Kota Bukittinggi, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga dirumah saja melalui aktivitas industri rumahan," jelasnya.


"Dengan dilandasi kesadaran akan kelangsungan hidup kerajinan yang telah menopang kehidupan berjuta-juta keluarga yang dihadapkan kepada kemajuan teknologi industri di satu sisi dan pelestarian nilai budaya bangsa yang harus tercermin dalam produk kerajinan di sisi lain, dipandang perlu adanya wadah partisipasi masyarakat bertaraf nasional yang berfungsi membantu dan sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan," ulasnya.


"Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, maka Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyelesaikan Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, dimana terjadi perubahan nomenklatur Dinas Organisasi Perangkat Daerah, maka Dekranasda Kota Bukittinggi sedang melakukan proses penyesuaian dengan nomenklatur OPD yang baru," katanya.


"Kota Bukittinggi yang sudah dikenal mempunyai brand tersendiri yaitu bordir kerancang dan sulaman sebagai produk unggulan daerah, jadi dalam pelaksanaan HUT Dekranas Kota Bukittinggi, akan digelar lomba produk unggul daerah dan penampilan Zoya Mezora, sebelum peninjauan pameran tunggal Zoya, terlebih dahulu ditampilkan 10 terbaik dalam lomba produk unggul," tutupnya. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,ekonomi,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Wajib Tahu, Begini Cara Cek Saldo BPJS Anda

Wajib Tahu, Begini Cara Cek Saldo BPJS Anda

TIPS - Berhubung BPJS Kesehatan merupakan perlindungan yang bersifat seperti jaminan asuransi dan sama halnya dengan...

Mengantuk, Mobil Colt Diesel Nyaris Nyemplung ke Sungai Batang Mangguang Pariaman

Mengantuk, Mobil Colt Diesel Nyaris Nyemplung ke Sungai Batang Mangguang Pariaman

PARIAMAN - Kecelakaan tunggal kembali terjadi di Kota Pariaman, Sumbar. Sebuah mobil Colt Diesel L 300 BA 6080 AJ masuk...

Dinkes Padang Pariaman Luncurkan Aplikasi Papa Tangkas Gada 11

Dinkes Padang Pariaman Luncurkan Aplikasi Papa Tangkas Gada 11

PADANG PARIAMAN - Dinkes. Padang Pariaman akan luncurkan program Papa Tangkas 119 dalam waktu dekat. "Saat ini...

World Green Tawarkan Skylite Kepada Kota Padang

World Green Tawarkan Skylite Kepada Kota Padang

PADANG - Usai presentasi di depan seluruh pelabur di Hotel Berjaya Times Square, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8),...

Warga Sumbar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Malam Ini

Warga Sumbar Bisa Saksikan Gerhana Bulan Malam Ini

PADANG - Gerhana bulan sebagian yang akan terjadi pada 7-8 Agustus 2017 dapat dilihat di Sumatera Barat (Sumbar). Hal...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu