berita padang - berita sumbar
headline
Pemko Bukittinggi home berita Bukittinggi

Dewan Kerajinan Nasional Kota Bukittinggi Rayakan HUT ke 37

Jumat, 19 Mei 2017 - 00:29:42 WIB - 178
Dewan Kerajinan Nasional Kota Bukittinggi Rayakan HUT ke 37Ketua Dekranas kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan Nurmatias saat memberikan keterangan

BUKITTINGGI - Merujuk kepada lahirnya Dekranas, maka seyogyanya peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) ke 37 dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia yaitu pada tanggal 3 maret yang lalu, namun karena berbagai kendala dan kesibukan, Dekranasda Kota Bukittinggi baru melaksanakan peringatan HUT Dekranas ini pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2017, dengan mengusung tema "Cintai dan Beli Produk Dalam Negeri".


Hal itu disampaikan Ketua Dekranas Daerah Kota Bukittinggi, Hj.Yesi Endriani Ramlan Nurmatias yang didampingi Wakil Ketua I, Hj.Khadijah, Wakil Ketua II, Muhammad Idirs, Koordinator Acara, Tati Yasmarni, dan Alvie Oktrisni, dalam acara jumpa pers dengan awak media liputan kota Bukittinggi, Kamis (18/5/2017) di hall kantor Balaikota.


Beberapa tujuan dilaksanakan HUT Dekranas ke 37 tingkat Kota Bukittinggi tahun 2017, lanjut Yesi Endriani, antara lain meningkatkan motivasi berkarya bagi masyarakat untuk selalu berinovasi menciptakan produk-produk baru berbasis bahan baku lokal, salah satunya telah kita lakukan lomba produk unggul daerah. Meningkatkan motivasi kerja bagi pelaku industri melalui penciptakan sentra-sentra kerajinan/peningkatan kapasitas dan kwalitas tenaga kerja trampil di seluruh kelurahan.


"Disamping itu juga meningkatkan kualitas hidup perempuan, jangan sampai ada perempuan di Kota Bukittinggi yang mencari pekerjaan ke luar negeri, apakah sebagai pembantu atau sebagai pekerja kasar. Karena itu kami membuka ruang dan peluang kepada perempuan-perempuan di Kota Bukittinggi, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga dapat membantu perekonomian keluarga dirumah saja melalui aktivitas industri rumahan," jelasnya.


"Dengan dilandasi kesadaran akan kelangsungan hidup kerajinan yang telah menopang kehidupan berjuta-juta keluarga yang dihadapkan kepada kemajuan teknologi industri di satu sisi dan pelestarian nilai budaya bangsa yang harus tercermin dalam produk kerajinan di sisi lain, dipandang perlu adanya wadah partisipasi masyarakat bertaraf nasional yang berfungsi membantu dan sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan," ulasnya.


"Sesuai amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, maka Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyelesaikan Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, dimana terjadi perubahan nomenklatur Dinas Organisasi Perangkat Daerah, maka Dekranasda Kota Bukittinggi sedang melakukan proses penyesuaian dengan nomenklatur OPD yang baru," katanya.


"Kota Bukittinggi yang sudah dikenal mempunyai brand tersendiri yaitu bordir kerancang dan sulaman sebagai produk unggulan daerah, jadi dalam pelaksanaan HUT Dekranas Kota Bukittinggi, akan digelar lomba produk unggul daerah dan penampilan Zoya Mezora, sebelum peninjauan pameran tunggal Zoya, terlebih dahulu ditampilkan 10 terbaik dalam lomba produk unggul," tutupnya. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: bukittinggi,daerah,ekonomi,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

PPPA Bukittinggi, Pengendalian Penduduk dan KB Gelar Sosialisasi Laporan Kerja

PPPA Bukittinggi, Pengendalian Penduduk dan KB Gelar Sosialisasi Laporan Kerja

BUKITTINGGI - Kantor dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk & KB (PPPA-PPKB)...

Mudahnya Bikin Sendiri Soto Padang dengan Rasa Nendang

Mudahnya Bikin Sendiri Soto Padang dengan Rasa Nendang

RAMADAN - Bagi penggemar makanan Padang, pasti pernah mencoba soto Padang dengan sensasi rempah yang menggugah selera....

TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Taqwa Sikapak Timur Pariaman, Sumbang 20 Juta

TSR Provinsi Sumbar Kunjungi Masjid Taqwa Sikapak Timur Pariaman, Sumbang 20 Juta

PARIAMAN - Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemprov. Sumbar tahun 2017 menurunkan langsung dua timnya di Kota Pariaman yang...

1 dari 16 Pendaki Terakhir yang Tersesat saat Erupsi Marapi Ditemukan, Ini Identitas dan Kondisinya

1 dari 16 Pendaki Terakhir yang Tersesat saat Erupsi Marapi Ditemukan, Ini Identitas dan Kondisinya

TANAH DATAR - 1 orang pendaki yang tersesat saat terjadi erupsi Gunung Marapi Minggu (4/6) lalu akhirnya ditemukan....

Tiga Petak Kios Depan Mc Donalds Ahmad Yani Padang Ludes Terbakar

Tiga Petak Kios Depan Mc Donalds Ahmad Yani Padang Ludes Terbakar

PADANG - Tiga kios di Jalan Ahmad Yani ludes terbakar Selasa, (27/6/2017) pukul 00.30wib. Tiga kios itu antaralain...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu