minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Meski Minoritas, Taiwan Perhatikan Kebutuhan Muslim

Senin, 22 Mei 2017 - 15:42:00 WIB - 412
Meski Minoritas, Taiwan Perhatikan Kebutuhan MuslimTaiwan Halal Center (THC)

TAIWAN - Warga Muslim di Taiwan mengaku bebas menjalankan ibadah, halal center dan mendirikan masjid di lingkungan mereka, perempuan pun bisa memakai jilbab.

"Pemerintah memberi hak untuk menjalankan kepercayaan sendiri, sekarang anak sekolah sudah bebas memakai jilbab, dulu kan tidak," jelas Rafiq yang menjadi delegasi Youth Muslim Exchange Camp 2017 di Taiwan.

Pria 32 tahun ini menceritakan Orang Taiwan yang sangat menghormati muslim dalam melaksanakan ibadahnya bahkan sangat memperhatikan makanan halal bagi umat Islam apalagi ketika Bulan Ramadhan karena umat Islam juga bagian dari Negara Taiwan.

Jumlah umat islam di Taiwan ada sekitar 200.000 orang atau 1% dari jumlah penduduk Taiwan sebanyak 23.000.000 orang. Bagi Rafiq sendiri Pertukaran Pemuda Muslim dengan menyasar poin center Muslim Taiwan ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan seumur hidupnya dalam upaya mencari Islam di sudut Kota Taiwan. Bahkan Kuliner dan lokasi wisatanyapun sangat memperhatikan kehidupan para muslim.

"Saya sangat senang berada disini, nonmuslim disini sangat care dengan muslim, mereka tidak membeda-bedakan orang berdasarkan agamanya," tutur Rafiq.

Strategic Marketing Departmen Taiwan Halal Centre, Jamespon P. Chang mengatakan Kuliner halal merupakan Lahan bisnis, karena umat Islam yang datang ke Taiwan ataupun bekerja butuh makanan halal. Taiwan memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Chinese Muslim Associatian Atau pengurus Masjid Agung Taiwan.

Untuk masjid Taiwan memiliki 6 unit masjid dan salah satunya didirikan oleh orang Indonesia yang menikah dengan muslim Taiwan, kemudian mendirikan masjid taqwa di Tainan distrik Taiwan, Masjid ini menjadi pusat kegiatan muslim berupa pengajian dan peringatan hari besar Islam yang jemaahnya berasal dari Tenaga Kerja Indonesia di Taiwan.

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduk islam, bisa menjadi kekuatan besar seandainya bisa dioptimalkan dengan kerjasama makanan halal dan belanja produk2 halal sehingga ekonomo umat dapat terangkat.

Umat non islam ataiwan sangat terbuka dengan mayarakat islam Bahkan pengurus taiwan halal centre ada non Islam.

Menurut Vice President Taiwan Halal Integrity Association Salahudin mengatakan bahwa ada lima periode perpindahan umat Islam di Taiwan antaralain Tahun 1661 di zaman dinasti ming yang melakukan ekspansi ke taiwan. Kedua Tahun 1949 setelah perang saudara dengan cina daratan. Ketiga, Tahun 1960, keempat tahun 1980 dan kelima tahun 2000 banyak umat islam dari asia yang bekerja di Taiwan. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: internasional,reliji

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pelaku Pembakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Ternyata Anak Seorang..

Pelaku Pembakar Mapolres Dharmasraya Sumbar Ternyata Anak Seorang..

DHARMASRAYA - Mungkin tak pernah terbayang dibenak orang tua manapun, bahwa anaknya akan bertindak menyerang Markas...

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

Ribuan Relawan Jokowi, Siap Hadiri Resepsi Pernikahan Kahiyang di Medan

MEDAN - Setelah pelaksanaan resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution...

Grand Start TdS 2017 Mengusung Tema The Soul of Minangkabau

Grand Start TdS 2017 Mengusung Tema The Soul of Minangkabau

TANAH DATAR - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno secara resmi melepas peserta even Toru De Singkarak yang ke IX...

Pebalap Indonesia Kembali Juara pada Etape 6 Tour de Singkarak (TdS) 2017

Pebalap Indonesia Kembali Juara pada Etape 6 Tour de Singkarak (TdS) 2017

PASAMAN BARAT - Pebalap sepeda Indonesia dari tim KFC Cycling Team, Muhammad Imam Arifin menjadi yang tercepat pada...

Berbicara di ICST, Bupati Limapuluh Kota: Pariwisata Menjadi Sebuah Industri

Berbicara di ICST, Bupati Limapuluh Kota: Pariwisata Menjadi Sebuah Industri

PADANG - Memiliki potensi serta keindahan alam yang jarang dijumpai di beberapa objek wisata di Indonesia, Lembah Harau...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu