minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Genjot Turis Norwegia, KBRI Oslo Gelar Indonesia Tourism, Cultural and Culinary Gathering

Rabu, 31 Mei 2017 - 05:53:25 WIB - 585
Genjot Turis Norwegia, KBRI Oslo Gelar Indonesia Tourism, Cultural and Culinary GatheringTarian Pakarena dari Sulawesi Selatan

OSLO - Tarian Pakarena dari Sulawesi Selatan mengawali acara Indonesias Tourism, Cultural and Culinary Gathering pada Senin sore (29/5/2017) yang bertempat di Wisma Duta RI di Oslo.


Acara ini dikemas untuk menggenjot jumlah turis Norwegia ke Indonesia sekaligus semakin memperkenalkan seni budaya, kuliner dan kopi Indonesia kepada puluhan tamu undangan yang merupakan pelaku bisnis, jurnalis/travel writter, travel blogger, agen perjalanan wisata dan turis potensial Norwegia. Juga hadir wakil dari Kementerian Luar Negeri Norwegia.


"Sebagai negeri dengan wilayah yang terbentang luas di khatuliswa, Indonesia menawarkan banyak hal, mulai dari keindahan alam, warisan sejarah, hingga keragaman budaya," papar Duta Besar RI untuk Norwegia, Yuwono A. Putranto, mengawali sambutannya dalam siaran pers yang diterima Minangkabaunews, Rabu (31/5/2017).



Produk wisata berbasis budaya yang ditawarkan Indonesia diantaranya adalah wisata budaya, wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja. Sementara, produk berbasis alam antara lain wisata bahari, ecotourism dan wisata adventure. Indonesia juga memiliki produk wisata man-made seperti MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions), event internasional dan destinasi wisata terintegrasi, demikian lanjut Dubes Yuwono.


Dubes Yuwono menambahkan bahwa Indonesia sebagai negara maritim, terus berupaya mengembangkan destinasi wisata maritimnya. Hal ini juga diikuti dengan upaya untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur penunjang pariwisata.


"Warga Norwegia dberi kemudahan bebas visa bagi yang ingin berkunjung ke Indonesia untuk turisme selama 30 hari," kata Dubes.


Acara gathering dilanjutkan dengan menampilkan presentasi tentang Indonesia yang dilengkapi dengan pemutaran video oleh salah satu sahabat Indonesia asal Norwegia yakni Per Hammerstad yang merupakan seorang travel writer, underwater photographer dan juga salah satu kontributor buku A Journey to Komodo. Dalam presentasinya, Pak Per mengupas daya tarik Indonesia dari sudut pandangnya. Per yang merupakan seorang penyelam profesional dengan pengalaman menyelam sebanyak lebih dari 2.000 kali sejak tahun 1980, menceritakan mengenai kekagumannya ketika mengunjungi Pulau Komodo dan melakukan penyelaman di sekitar Pulau Komodo.



Sebagai bagian dari upaya promosi Indonesia yang terpadu dan komprehensif, diputar juga video promosi dan company profile PT Garuda Indonesia. Maskapai penerbangan nasional ini telah menjalin kerja sama codesharing dengan maskapai penerbangan KLM guna melayani pelanggan dari Norwegia melalui rute Oslo - Jakarta dengan kota Amsterdam sebagai hub. Video promosi Wonderful Indonesia yang disediakan Kementerian Pariwisata RI melaui situs Indonesia.travel ikut melengkapi penayangan video promosi tersebut.


Gathering ini juga diperkaya dengan pertunjukkan tari tradisional Indonesia, guna lebih mengenalkan lebih dekat keindahan seni budaya Indonesia. Selain tari "Pakarena", juga ditampilkan tari "Kembang Tanjung" dan "Bajidor Kahot" yang dibawakan oleh tim tari asuhan KBRI Oslo.


Acara ditutup dengan sajian berbagai makanan dan pengan khas Indonesia, diantaranya soto ayam, rendang, sate ayam, mie goreng, risoles, lumpia goreng, es blewah dan lainnya, yang mendapatkan pujian dan digemari para tamu undangan yang hadir. Dijelaskan pula bahwa kuliner yang disajikan dapat dibuat dengan mudah dengan berbagai bahan-bahan yang tersedia di Oslo. Selain itu, KBRI Oslo menggunakan kesempatan gathering ini untuk mempromosikan produk kopi asal Indonesia yang telah berhasil menembus pasar kopi Norwegia.



Keseluruhan rangkaian acara Indonesias Tourism, Cultural and Culinary Gathering telah berhasil mendapatkan komitmen dari sejumlah tamu undangan untuk menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisatanya pada liburan musim dingin mendatang dan berupaya membantu penyebarluasan informasi kepada publik Norwegia mengenai potensi pariwisata Indonesia. Di sisi lain, sebagian undangan telah menyampaikan ketertarikannya pada produk kopi Indonesia yang telah tersedia di pasar Norwegia. Kuliner Indonesia yang disajikan juga telah memancing pertanyaan hadirin terkait keberadaan restoran atau cathering yang menawarkan masakan Indonesia di kota Oslo.

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,internasional,nasional,padang,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

Inilah Provider Internet Rumah Terbaik di Indonesia yang Cocok Untuk Anda

TEKNOLOGI - Di era kini, hampir semua orang membutuhkan internet. Untuk sebagian orang, internet dapat dikategorikan...

Jalan Berlubang Ulah Tambal Sulam PU di Simpang Gia Padang, Korban Berjatuhan, Netizen Protes

Jalan Berlubang Ulah Tambal Sulam PU di Simpang Gia Padang, Korban Berjatuhan, Netizen Protes

PADANG – Mulai dari Sabtu hingga Ahad malam (1/10/2017), Jalan Hamka Simpang Gia Tabing menjadi sorotan netizen,...

Liga 1: Prediksi PSM Makassar vs Semen Padang FC

Liga 1: Prediksi PSM Makassar vs Semen Padang FC

BOLA - Pekan Ke-27 Liga 1 Gojek Traveloka, tuan rumah PSM Makassar punya kesempatan meraih poin penuh saat menjamu tim...

Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019

Menteri BUMN Rini Soemarno Pastikan Jalan Tol Padang-Bukittinggi Rampung 2019

PADANG PARIAMAN - Menteri BUMN Rini Soemarno menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat...

Delegasi HPI Sumatera Barat Tampilkan Kasanah Budaya Minangkabau dalam Rakernas Ke-16

Delegasi HPI Sumatera Barat Tampilkan Kasanah Budaya Minangkabau dalam Rakernas Ke-16

BUKITTINGGI - Delegasi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Barat yang berjumlah sebanyak 8 orang yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu