minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Muhammadiyah

Masuki Kali ke-6, Pesantren Ramadhan Napi Lapaz II A yang Digelar Aisyiyah Sumbar Makin Mencerahkan

Selasa, 06 Juni 2017 - 07:55:57 WIB - 413
Masuki Kali ke-6, Pesantren Ramadhan Napi Lapaz II A yang Digelar Aisyiyah Sumbar Makin MencerahkanNapi Lapaz Muaro Padang Ikuti Pesantren Ramadhan

PADANG - Majelis Tabligh PW Aisyiyah Sumbar berkerjasama dengan Lapaz Klas II A Padang mengadakan pesantren Ramadhan 1438 H bagi 62 penghuni lapaz di Lapas Klas II A Padang, Senin (5/6/2017). Pesantren Ramadhan ini dibuka secara resmi Kalapaz IIA Padang Tri Yuwono.


Pantauan MinangkabauNews menyatakan Peserta sangat antusias dengan materi yang diberikan, walaupun ada peserta yang mengantuk.


Pelaksana Kegiatan Mulyati Jabir mengatakan kegiatan ini bertujuan pesantren ramadhan sebagai tempat untuk memberikan pencerahan dan santapan rohani terhadap napi dalam rangka membina dan memberikan pelajaran terhadap para napi.


Kalapaz II A Padang Tri Yuwono mengatakan "Terima kasih kepada majelis tabligh PWA Sumbar atas partisipasi dan kerjasamanya yang telah bermurah hati ikut membina warga lapas, dimana tahun ini sudah memasuki kali keenam," tuturnya.


Kalapas berharap dengan adanya pesantren ramadhan ini banyak sedikitnya akan dpt membawa perubahan terhadap karakter dan perilaku warga,serta selalu melaksanakan ibadah puasa, karena hari ini banyak warga binaan yang tidak puasa dengan alasan tidak sahur dan tertidur.


Sementara itu, Wakil Ketua PW Aisyiyah Sumbar Hj. Yusmawati Mantiq mengatakan Ada yang mengkhawatirkan kita semua karena Sumbar darurat Narkoba dan juga separoh penghuni Lapaz adalah napi narkoba selebihnya tindak pidana umum dan tipikor. "Ini menjadi konsen kita semua untuk mengembalikan mereka ke jalan yang benar," ujarnya


"Ini harus jadi gerakan bersama dan jangan hanya terhenti sampai di sini. Semangatnya harus dijaga, sehingga Sumbar bisa bebas narkoba," katanya.


Kedepannya, pendekatan pemberantasan narkoba dengan metodologi dakwah melalui pembinaan napi pesantren Ramadhan dengan penyuluhan keagamaan, keterampilan dan kepribadian perlu dioptimalkan.


"Tidak hanya warga binaan remaja, yang dewasa juga. Sasaran kita yakni seluruh warga binaan," katanya.


Pesantren Ramadhan di lembaga permasyarakatan ini diharapkan menjadi terobosan memperbaiki nilai religius dan sosial masyarakat, mengingat saat ini kondisi moral mengalami degradasi, kejadian kriminal semakin sering terjadi.


Menurutnya, tindakan kriminal tersebut bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja dari masyarakat Sumbar, oleh karena itu, untuk meminimalkan berbagai kejadian tindak kriminal, butuh perhatian berbagai pihak, terutama di kalangan masyarakat.


"Dengan pesantren ramadhan inilah bentuk perhatian dari Aisyiyah, selain itu di tingkat masyarakat biasa, kita intensifkan juga penyuluhan agama," ujarnya.


Pesantren Ramadhan merupakan moment untuk penempaan diri menjadikan penghuni lapas manusia yang soleh dan solehah.


"Hari biasa juga ada Pembinaan rohani, tapi kita lebih intensifkan lagi pada bulan Ramadhan, untuk mereka yang ingin memperdalam ilmu agama dan baca Al Quran," kata Yusmawati Mantiq yang juga narasumber Pesantren Ramadhan.


Materi pesantren Ramadhan ini diberikan oleh Hj.Yusmawati Mantiq tentang puasa dan hikmahnya. Hadir juga Hj. Yulintidar, Hj. Mulyati Jabir dan Hj. Mardiati dari majelis tabligh PW Aisyiyah Sumbar. (RI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: painan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Genjot Pariwisata, Bukittinggi Gelar Seni dan Budaya Multi Etnis di Jam Gadang

Genjot Pariwisata, Bukittinggi Gelar Seni dan Budaya Multi Etnis di Jam Gadang

BUKITTINGGI - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 233 tahun, tanggal 22 Desember 2017, Pemerintah...

Tabrakan Kereta di Kampung Baru Pariaman, Bagian Depan Mobil Hancur dan Sopir Shok

Tabrakan Kereta di Kampung Baru Pariaman, Bagian Depan Mobil Hancur dan Sopir Shok

PARIAMAN - Kereta api Sibinuang Kembali memakan korban, kali ini sebuah minibus Daihatsu Terios BA 1098 WN di...

Inilah Merek-Merek Perkasa yang Sukses Jadi Kampiun di Dunia Digital Indonesia 2017

Inilah Merek-Merek Perkasa yang Sukses Jadi Kampiun di Dunia Digital Indonesia 2017

JAKARTA - Tren pertumbuhan digital semakin tak terbendung. Eskpansi bisnis online pun semakin meningkat. Perubahan...

Besok Ketua PP Muhammadiyah Goodwill Zubir Hadiri Rapimwil di Lakitan Pessel

Besok Ketua PP Muhammadiyah Goodwill Zubir Hadiri Rapimwil di Lakitan Pessel

PADANG - PW Muhammadiyah Sumbar akan mengadakan Rapat Pimpinan (RAPIM) Muhammadiyah se-Sumbar di Gedung Kompleks...

Wagub Nasrul Abit Optimistis Target 9 Juta Wisnu dan 6000 Wisman Tercapai

Wagub Nasrul Abit Optimistis Target 9 Juta Wisnu dan 6000 Wisman Tercapai

PARIAMAN - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, yakin bahwa animo berwisata ke Sumbar semakin kencang. Dari data...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu