minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Internasional

Inilah 6 Penemuan Penting Dunia yang Ditorehkan Ilmuwan Islam

Rabu, 14 Juni 2017 - 05:43:58 WIB - 823
Inilah 6 Penemuan Penting Dunia yang Ditorehkan Ilmuwan IslamPenemuan penting dunia yang ditorehkan ilmuwan Islam

UNIK - Ilmu pengetahuan tidak memiliki agama. Tentu sains adalah aktivitas manusia yang paling universal. Meski demikian, sarana untuk memfasilitasi kemajuan dalam ilmu pengetahuan sangat dipengaruhi oleh budaya.


Seperti apa yang terjadi di Abad Pertengahan Eropa yang merupakan era gelap, kemajuan ilmiah ditorehkan oleh dunia Islam. Di era tersebut lahir orang-orang Muslim jenisus di jazirah Arab seperti Baghdad, Kairo, Damaskus, Cordoba dan lainnya.


Berbagai disiplin ilmu baru muncul, mulai dari aljabar, trigonometri serta kimia. Belum lagi dunia kedokteran, astronomi, teknik serta pertanian. Teks bahasa Arab lebih digunakan ketimbang Yunani, dan revolusi ilmiah terhadap Renaisans terjadi.


Berikut beberapa penemuan penting yang ditorehkan ilmuwan Islam :


1. Jam Gajah buatan Al-Jazari



Di tahun 1100 an, sebuah jam yang sangat tidak biasa dan unik, dibuat oleh Al-Jazari, seorang insinyur dan matematikawan asal Turki. Ini adalah sebuah jam besar yang tampilan luarnya berbentuk gajah yang menopang berbagai ornamen yang disebut-sebut sebagai perpaduan berbagai budaya.


Bagian perut gajah tersebut ternyata merupakan tangki berisi air dengan volume ukuran tertentu. Terdapat juga sebuah mangkuk air yang bekerja menggunakan prinsip Archimedes, sehingga mangkuk tersebut tak akan tenggelam. Mangkuk tersebut memiliki lubang kecil yang secara bertahap terisi dengan air. Lama kelamaan, mangkuk ini akan tenggelam dan miring. Dalam proses tenggelam, mangkuk akan menarik tiga tali yang tersambung dengan mekanisme yang telah diatur untuk mengontrol 30 bola yang akan dijatuhkan satu per satu dari atas gajah, tepat tiap setengah jam sekali.


Bola yang jatuh ini akan menyebabkan salah satu ornamen yakni burung pheonix akan berkicau. Di momen tertentu, salah satu ornamen lain yakni naga juga akan menangkap bola tersebut, yang lanjut membuat bola tersebut mengalir ke vas di belakang ornamen penunggang gajah. Di momen tersebut, simbal akan berbunyi. Jam ini harus disetel ulang dua kali sehari tiap matahari terbit dan terbenam.


Penemuan jam gajah ini digadang-gadang sebagai karya robotik pertama di dunia.


2. Dunia optikal dari Ibnu al-Haytham



Seorang ilmuwan Arab Muslim bernama Ibnu al-Haytham adalah seorang yang punya kontribusi besar di dunia optik, astronomi, serta matematika. Ia bahkan disebut sebagai bapak optik. Tak hanya itu, di dunia barat dia juga dikenal luas hingga memiliki nama barat bernama Alhazen.


Kontribusi besarnya adalah eksperimen serta studinya soal cahaya. Ia berteori soal cahaya bergerak dalam garis lurus dan dibedakan oleh objek yang ter-refleksikan oleh sinar tersebut.


Ialah yang memperbaiki konsep camera obscura atau lubang jarum yang awalnya ditemukan China, di mana cahaya bergerak pada garis lurus dan membentuk gambar yang terbalik pada retina.


3. Peta dunia Al-Idrisi



Al-Idrisi adalah seorang geografer dan kartografer yang lahir di Ceuta, Afrika Utara. Selama hidup ia tinggal di Palermo, Sisilia, Italia, dan menorehkan prestasi di sana.


Di sekitar abad ke 12, ia memproduksi sebuah peta dunia dengan deskripsi yang paling lengkap dan rumit. Peta tersebut dianggap sebagai yang paling hebat di abad pertengahan.


Jadilah peta Al-Idrisi adalah yang peta yang digunakan secara luas oleh para pelancong selama beberapa abad ke depan. Bagaimana tidak, deskripsi rinci tentang Afrika dan Timur jauh pun lengkap di sana. Terlebih lagi penjelasan lengkap tentang wilayah utara Kristen dan wilayah Islam juga dijelaskan dengan baik.


4. "Book of Ingenious Device" dari Bani Musa bersaudara



Sebuah buku berjudul "Book of Ingenious Device" atau Buku Perangkat Terampil, adalah sebuah buku yang lahir di tahun 850, ditulis oleh 3 bersaudara dari Iran bernama Banu Musa bersaudara.


Banu Musa yang terdiri dari Ahmad, Muhammad, dan Hasan bin Musa ibnu Shakir ini menulis buku tentang banyak sekali ilustrasi tentang perangkat mekanik, termasuk yang paling populer adalah automata atau berbagai mesin otomatis.


Berbagai hal seperti perangkat otomatis sistem fail-safe, engkol otomatis, katup otomatis, siphon dobel konsentris, serta saluran dengan ujung bengkok yang mampu menuang cairan berbeda. Selain itu, masih ada fountain otomatis, organ bertenaga air, serta dispenser air.


5. Peralatan operasi dari Al-Zahrawi



Al-Zahrawi adalah seorang fisikawan dan ahli bedah dari Andalusia. Ia merupakan ahli bedah terbaik di abad pertengahan, dan disebut sebagai bapak ahli bedah. Ia menulis Kitab al-Tasrif yang membahas tentang praktik medis.


Ia pun berkontribusi besar dalam dunia bedah di aspek prosedur dan instrumen. Prestasinya pun diadaptasi oleh budaya barat maupun timur dalam periode modern. Berbagai penemuannya bahkan masih digunakan hingga sekarang.


Berbagai penemuan tersebut antara lain jarum suntik, forcep atau alat berbentuk tang yang digunakan untuk operasi, kait dan jarum bedah, serta pisau bedah tulang belakang dan pisau bedah lithotomy.


6. Abbas ibnu Firnas dan dunia penerbangan



Abbas ibnu Firnas adalah seorang ilmuwan asal Andalusia. Di samping berbagai penemuannya seperti jam air dan juga batu baca yang merupakan lensa yang diletakkan di atas buku agar kita bisa membaca dengan jelas, ibnu Firnas jauh lebih dikenal dunia karena mencoba untuk terbang.


Tujuh abad setelah kematian Firnas, sejarawan Maroko bernama Al-Maqqari menulis sebuah deskripsi tentang Firnas. Di situ tertulis bahwa Firnas mencoba terbang dengan menutupi dirinya dengan bulu dan menempelkan sayap di tubuhnya. Lalu, dia menjatuhkan diri dari ketinggian.


Dengan hanya menggunakan glider dengan mekanisme yang misterius, dia berhasil terbang dengan jarak yang masuk akal dan dia mendarat dengan selamat. Masalahnya hanya punggungnya sangat sakit, yang akhirnya diketahui karena ia lupa memberi mekanisme layaknya ekor di burung pada tubuhnya.


Nama ibnu Farnas diabadikan oleh NASA sebagai salah satu nama kawah di Bulan, serta jadi nama bandara di Baghdad. (mrd)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: indonesia,internasional,nasional,reliji,tokoh,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gubernur Sumbar Imbau Sebarkan Daging Kurban Secara Merata

Gubernur Sumbar Imbau Sebarkan Daging Kurban Secara Merata

PADANG - Gubernur Sumatera Barat irwan Prayitno menghimbau panitia masjid atau mushalla yang melaksanakan penyembelihan...

Giat ini Terus Digalakkan Kasat Lantas Polres Tanah Datar Untuk Mempertahankan Rasa Solidaritas

Giat ini Terus Digalakkan Kasat Lantas Polres Tanah Datar Untuk Mempertahankan Rasa Solidaritas

TANAH DATAR - Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP.Yulandi Rusadi, SH bersama jajarannya mengelar kunjungan ke rumah...

Temui Yayasan Buddha Tzu Chi, Forum Masyarakat Minang Kecam Kekerasan atas Muslim Rohingya

Temui Yayasan Buddha Tzu Chi, Forum Masyarakat Minang Kecam Kekerasan atas Muslim Rohingya

PADANG - Forum Masyarakat Minang (FMM) mengecam kebiadaban Myanmar atas Muslim Rohingya. Senin (4/9) siang, FMM...

Siswa MTsN Kamang Magek Agam Tewas Tenggelam di Batang Agam

Siswa MTsN Kamang Magek Agam Tewas Tenggelam di Batang Agam

BUKITTINGGI - Seorang siswa MTsN Kamang Hilia, Kecamatan kamang Magek, Agam yang bernama Arya Aditia (13) meninggal...

Jangan Anggap Enteng Munculnya Uban di Usia Dini, Ini Alasannya

Jangan Anggap Enteng Munculnya Uban di Usia Dini, Ini Alasannya

LIFESTYLE - Tumbuhnya uban seseorang identik dengan bertambahnya usia. Orang biasanya tidak terlalu memusingkannya,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu