minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Solok

Oknum Polisi diduga Terima Setoran Puluhan juta, Bekingi Tambang Emas di Sungai Lasi Solok

Kamis, 15 Juni 2017 - 07:18:14 WIB - 1605
Oknum Polisi diduga Terima Setoran Puluhan juta, Bekingi Tambang Emas di Sungai Lasi Solokilustrasi tambang emas

SOLOK - Aktifitas Tambang emas ilegal di Kabupaten Solok diduga dibekingi oleh oknum Polisi. Pengusaha tambang diduga memberikan setoran setiap bulannya dalam jumlah besar kepada oknum pihak kepolisian dengan alasan keamanan.


Dari keterangan masyarakat (yang merupakan daerah penambangan) khususnya masyarakat di Kec. IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok hal ini adalah sesuatu yang lumrah.


Beberapa masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada awak media, Selasa (12/6/2017) siang mengatakan, bahwa memang mereka mendengar para bos tambang memberikan setoran kepada oknum Polisi setiap bulannya dalam jumlah besar.


“Kami pernah mendengar bahwa bos tambang ini membayar setoran keamanan dalam jumlah besar ke Polisi setiap bulannya”, ungkap mereka.


Saat ditanyai mengenai jumlah setoran yang mereka dengar, masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya ini mendengar, bahwa bos tambang menyetor 25 hingga 30 juta rupiah setiap bulannya.


BACA JUGA : Tambang Emas yang Diduga Dibekingi Oknum Polisi Timbulkan Polemik di Masyarakat Sungai Lasi Solok


“kami mendengar kisarannya 25 hingga 30 juta rupiah per bulan. Itu baru untuk satu pengelola tambang, sementara yang beroperasi saat ini ada empat pengelola”, tuturnya.


Jika dikalkulasikan, dari empat tambang yang diduga ilegal ini, ada 100 hingga 120 juta rupiah setiap bulannya yang disetorkan kepada oknum pihak kepolisian setiap bulannya. Ini diduga merupakan setoran wajib jika para penambang ingin bebas beroperasi didaerah itu.


Menanggapi masalah ini, AKP Afrides Roema. SH, selaku Kapolsek IX Koto Sungai Lasi mengatakan bahwa informasi itu tidak benar. “Setau saya tidak ada beking maupun setoran”, ungkapnya melalui pesan whatshap, Rabu (14/6/2017) sore.


Sementara itu, dalam waktu berbeda beberapa bulan sebelumnya, salah satu warga yang juga mengaku pengelola tambang juga pernah menyampaikan hal ini kepada awak media.


Tak sengaja sebut saja Ali ( nama samaran) melontarkan bahwa ia wajib menyetorkan uang keamanan 30 juta rupiah setiap bulannya kepada Polisi. Jika setoran ini tidak diberikan, maka aktifitas mereka terancam dihentikan, parahnya lagi, mereka juga terancam di Bui akibat kegiatan mereka ini.


“Saya wajib setor 30 juta setiap bulan. Jika tidak, tentu kami tidak dapat beraktifitas, parahnya lagi kami bisa dipenjara karna kegiatan ini”, ungkap Ali.


Ali juga mengaku, terkadang berat untuk memenuhi ini. Namun apa boleh buat, meski tidak ada hasil, ia wajib mencarikan setoran jika masih ingin menambang di daerah ini. ” Terkadang berat bagi saya, meski tidak dapat hasil, saya mau tidak mau harus mencarikan dana dulu untuk setoran ini. Jika tidak, tentu saya tidak dapat lagi melakukan aktifitas”, tambahnya. (Wandre/AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo/Sumbartoday
Tag: pos-polisi,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Heboh Ilmuwan Indonesia Ketahuan Bohong, Ternyata ini Sosok Sebenarnya

Heboh Ilmuwan Indonesia Ketahuan Bohong, Ternyata ini Sosok Sebenarnya

NASIONAL - Sosok pemuda bernama Dwi Hartanto tengah jadi sorotan. Beberapa waktu lalu namanya muncul di sejumlah media...

Surat Masyarakat Tak Digubris Pemkab, Ratusan Massa Unjuk Rasa di Depan DPRD Tanah Datar

Surat Masyarakat Tak Digubris Pemkab, Ratusan Massa Unjuk Rasa di Depan DPRD Tanah Datar

TANAH DATAR - Ratusan Warga Nagari Baringin, mengelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Tanah Datar, Sumatera Barat,...

Akper Gelar Wisuda dan Angkat Sumpah ke-XV, Ini Pesan Ketua PW Aisyiyah Sumbar

Akper Gelar Wisuda dan Angkat Sumpah ke-XV, Ini Pesan Ketua PW Aisyiyah Sumbar

PADANG - Akademi Keperawatan Aisyiyah Padang, Rabu (11/10/2017), mewisuda dan angkat sumpah 12 mahasiswa/mahasiswi...

Penyandang Disabilitas Ikut Audisi LIDA Indosiar, Wawako Padang Siap Dampingi Hingga Ke Jakarta

Penyandang Disabilitas Ikut Audisi LIDA Indosiar, Wawako Padang Siap Dampingi Hingga Ke Jakarta

PADANG - Rasa kagum terpancar dari wajah Wakil Walikota Padang Emzalmi. Dengan tatapan mata yang tak berkedip...

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

Semen Padang FC Siap Tampil Habis-habisan di Kandang Persela Lamongan

BOLA - Semen Padang FC punya tugas besar menghadapi Persela Lamongan dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu