minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Solok

Oknum Polisi diduga Terima Setoran Puluhan juta, Bekingi Tambang Emas di Sungai Lasi Solok

Kamis, 15 Juni 2017 - 07:18:14 WIB - 1690
Oknum Polisi diduga Terima Setoran Puluhan juta, Bekingi Tambang Emas di Sungai Lasi Solokilustrasi tambang emas

SOLOK - Aktifitas Tambang emas ilegal di Kabupaten Solok diduga dibekingi oleh oknum Polisi. Pengusaha tambang diduga memberikan setoran setiap bulannya dalam jumlah besar kepada oknum pihak kepolisian dengan alasan keamanan.

Dari keterangan masyarakat (yang merupakan daerah penambangan) khususnya masyarakat di Kec. IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok hal ini adalah sesuatu yang lumrah.

Beberapa masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya, kepada awak media, Selasa (12/6/2017) siang mengatakan, bahwa memang mereka mendengar para bos tambang memberikan setoran kepada oknum Polisi setiap bulannya dalam jumlah besar.

“Kami pernah mendengar bahwa bos tambang ini membayar setoran keamanan dalam jumlah besar ke Polisi setiap bulannya”, ungkap mereka.

Saat ditanyai mengenai jumlah setoran yang mereka dengar, masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya ini mendengar, bahwa bos tambang menyetor 25 hingga 30 juta rupiah setiap bulannya.

BACA JUGA : Tambang Emas yang Diduga Dibekingi Oknum Polisi Timbulkan Polemik di Masyarakat Sungai Lasi Solok

“kami mendengar kisarannya 25 hingga 30 juta rupiah per bulan. Itu baru untuk satu pengelola tambang, sementara yang beroperasi saat ini ada empat pengelola”, tuturnya.

Jika dikalkulasikan, dari empat tambang yang diduga ilegal ini, ada 100 hingga 120 juta rupiah setiap bulannya yang disetorkan kepada oknum pihak kepolisian setiap bulannya. Ini diduga merupakan setoran wajib jika para penambang ingin bebas beroperasi didaerah itu.

Menanggapi masalah ini, AKP Afrides Roema. SH, selaku Kapolsek IX Koto Sungai Lasi mengatakan bahwa informasi itu tidak benar. “Setau saya tidak ada beking maupun setoran”, ungkapnya melalui pesan whatshap, Rabu (14/6/2017) sore.

Sementara itu, dalam waktu berbeda beberapa bulan sebelumnya, salah satu warga yang juga mengaku pengelola tambang juga pernah menyampaikan hal ini kepada awak media.

Tak sengaja sebut saja Ali ( nama samaran) melontarkan bahwa ia wajib menyetorkan uang keamanan 30 juta rupiah setiap bulannya kepada Polisi. Jika setoran ini tidak diberikan, maka aktifitas mereka terancam dihentikan, parahnya lagi, mereka juga terancam di Bui akibat kegiatan mereka ini.

“Saya wajib setor 30 juta setiap bulan. Jika tidak, tentu kami tidak dapat beraktifitas, parahnya lagi kami bisa dipenjara karna kegiatan ini”, ungkap Ali.

Ali juga mengaku, terkadang berat untuk memenuhi ini. Namun apa boleh buat, meski tidak ada hasil, ia wajib mencarikan setoran jika masih ingin menambang di daerah ini. ” Terkadang berat bagi saya, meski tidak dapat hasil, saya mau tidak mau harus mencarikan dana dulu untuk setoran ini. Jika tidak, tentu saya tidak dapat lagi melakukan aktifitas”, tambahnya. (Wandre/AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: romeo/Sumbartoday
Tag: pos-polisi,solok,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Transparansi Anggaran, Padang Pariaman Terapkan e-Planning dan e-Budgeting 2018 Nanti

Transparansi Anggaran, Padang Pariaman Terapkan e-Planning dan e-Budgeting 2018 Nanti

PADANG PARIAMAN - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dipastikan menerapkan e-planning dan e-budgeting yang...

Provost Polres Bukittinggi Ini Manfaatkan 3,5 Hektar Lahan Mati Jadi Lahan Pertanian

Provost Polres Bukittinggi Ini Manfaatkan 3,5 Hektar Lahan Mati Jadi Lahan Pertanian

BUKITTNGGI - Ide cemerlang Aiptu Nofri Matri Aldi salah seorang anggota kepolisian unit Provost Polres Bukittinggi yang...

Pengembangan Pengawasan Partisipatif  Dikemas Panwaslu Pariaman Lewat FGD

Pengembangan Pengawasan Partisipatif Dikemas Panwaslu Pariaman Lewat FGD

PARIAMAN - Upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan strategi pengembangan pengawasan partisipatif...

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

Peran Guru Tak Tergantikan Dalam Tentukan Masa Depan Bangsa

NASIONAL - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya peran guru dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia. Meskipun...

Penjahat Perang Pembantai Muslim Bosnia ini Minum Racun Saat Sidang

Penjahat Perang Pembantai Muslim Bosnia ini Minum Racun Saat Sidang

INTERNASIONAL - Salah satu pembantai muslim di Perang Bosnia, Slobodan Praljak melakukan aksi dramatis nan mematikan di...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media