minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Dishub Padang Pariaman dan Kota Pariaman Uji Kelayakan Kendaraan Angkutan Lebaran

Selasa, 20 Juni 2017 - 23:23:05 WIB - 670
Dishub Padang Pariaman dan Kota Pariaman Uji Kelayakan Kendaraan Angkutan LebaranPetugas Dishub Kabupaten Padang Pariaman sedang memasang striker hasil uji kelayakan kendaraan

PADANG PARIAMAN - Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman mengadakan uji ulang kelaikan kendaraan angkutan lebaran 2017. Pengecekan terhadap Angkutan Desa (Angdes) dari berbagai jurusan seperti Sicincin-Lubuk Alung, Lubuk Alung-Batas Kota Padang berlangsung di terminal Sicincin dan terminal Lubuk Alung, Senin (19/6).

Sejumlah petugas dishub memeriksa satu per satu kelengkapan serta kelaikan kendaraan yang akan mengangkut penumpang pada arus Lebaran 2017.

Yon Hendri, Plt. Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman mewakili Kadis H. Budi Utama, mengatakan terdapat puluhan unit Kendaraan lebaran yang laik jalan ditandai dengan stiker bertuliskan angkutan lebaran tahun 2017/1438 H.

Pada pengecekan tahap awal yang dilakukan oleh Yon Hendri selaku penguji bersama dengan Pembantu Penguji Kendaraan Bermotor (PPKB) Yehardiman dan Darmadi, ia mengatakan hanya empat kendaraan yang tidak laik jalan sedangkan yang lainnya telah memenuhi standar kelaikan.

"Angdes tersebut belum laik jalan antara lain karena menggunakan ban vulkanisir dan surat-surat kendaraan tidak lengkap. Ada juga lampu remnya mati, klakson mati, buku kir masa berlaku habis, dan sopir tidak membawa perlengkapan administrasi lainnya," tambah Yon Hendri.

Yon Hendri melanjutkan, untuk Angdes yang laik jalan pada angkutan lebaran haruslah memenuhi persyaratan diantaranya, perlengkapan lampu-lampu, kaca-kaca depan, ‎rem, ban, sarana pendukung lain, klakson, pemecah kaca, kunci roda, segi tiga pengaman kota P3K, juga kelengkapan administrasi dan surat kendaraan bermotor tersebut.

Pengecekan kendaraan tersebut berdasarkan Surat dari Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Barat Nomor: 551.2/640/Dishub-SB/V/2017 perihal Himbauan Melakukan Pengawasan dan Pemeriksaaan di jalan terhadap kendaraan yang tidak laik jalan, tidak sesuai peruntukan (mobil barang membawa orang) serta kendaraan yang tidak dilengkapi dokumen perjalanan sebagai angkutan umum.

Serta adanya surat tugas dari Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Padang Pariaman Nomor: 094.4/ 153/SPT/DISHUB/LLAP-2017, yakni dengan menerjunkan 6 anggota Dishub ditambah dari UPT Pengijan Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Padang Pariman guna melaksanakan tugas Pengawasan dan Uji Ulang Kendaraan Penumpang Umum angkutan lebaran dan pemasangan stiker angkutan lebaran 2017 yang dimulai 14 Juni 2017 hingga selesai.

Jika kendaraan itu memenuhi persyaratan laik jalan maka dipasang stiker angkutan lebaran‎ 2017. "Tetapi jika tidak memenuhi persyaratan disarankan melakukan perbaikan fisik maupun adminstrasi. Sebab nantinya jika tidak ada stiker itu maka mobil angkutan tidak boleh masuk Terminal," imbuh Yon Hendri.

Sementara itu di lain tempat, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman bersama Satlantas Polres Pariaman juga lakukan pemeriksaan terhadap kelaikan jalan armada angkutan umum yang ada di Kota Pariaman maupun yang melewati Kota Pariaman di Terminal Jati Kota Pariaman.

Kegiatan ini dikomandoi langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Yota Balad bersama Kabag. Ops Satlantas Polres Pariaman IPTU. Efriadi bersama jajaran di kedua instansi tersebut dan Kepala UPT Terminal Jati Harry Leo Agusta dan dibantu oleh jajaran TNI-AD.

Kadishub Yota Balad mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas selama proses libur lebaran 2017 dan menjamin Setiap kendaraan yang akan beroperasi sebagai jasa angkutan Lebaran terjamin kondisinya untuk memastikan penumpang aman sampai tujuan.

"Saat pemeriksaan fisik armada penumpang umum, rem dan ban mutlak harus dalam kondisi baik. Perlengkapan keselamatan penumpang lainnya pun harus tersedia di dalam bus dalam keadaan yang baik pula yang kita nyatakan laik jalan akan kita pasangkan stiker angkutan lebaran 2017," ungkapnya.

Kadishub itu juga menegaskan pihaknya bersama Satlantas Polres Pariaman kita akan tindak tegas kendaraan yang melanggar aturan keselamatan berlalu-lintas.

Ia menambahkan, untuk angkutan umum yang belum lulus uji laik, maka akan kita beri kesempatan untuk melengkapinya. Jika tidak juga maka Dishub Kota Pariaman tidak akan pasangkan stiker sebagai tanda angkutan Lebaran yang boleh beroperasi.

Dihari pertama penyelenggaraan, dilakukan khusus pemeriksaan untuk angkutan umum Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), sedangkan esok direncanakan akan lakukan pengecekan juga terhadap Angkutan Kota yang beroperasi dalam Kota Pariaman.(rel/warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,metro,padang-pariaman,pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Presiden AS Donald Trump Berniat Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Presiden AS Donald Trump Berniat Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

INTERNASIONAL - Liga Arab menegaskan sikap terkait wacana Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk mengakui...

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Dikecam Tokoh Dunia, Trump Resmi Umumkan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

INTERNASIONAL - Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari ini secara resmi mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota...

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat tidak terdampak wabah difteri. Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Kesehatan...

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

NasDem Usul Pendidikan Formal tidak Jadi Syarat untuk Jadi Pejabat Publik

Willy Aditya, Ketua Departemen MNASIONAL - Pendidikan formal diusulkan tidak menjadi syarat bagi calon pejabat publik....

Eks Bek Semen Padang FC Cassio Resmi Berkostum Kelantan FA di Liga Malaysia

Eks Bek Semen Padang FC Cassio Resmi Berkostum Kelantan FA di Liga Malaysia

BOLA - Setelah Semen Padang terdegradasi ke Liga 2 musim kompetisi mendatang, eks bek asing Cassio de Jesus mencari...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media