minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
Pemko Padang Panjang home berita Padang Panjang

Satu Bulan Diintai, Akhirnya Tersangka Curanmor ini Berhasil Dibekuk Polres Padang Panjang

Sabtu, 24 Juni 2017 - 04:40:51 WIB - 2347
Satu Bulan Diintai, Akhirnya Tersangka Curanmor ini Berhasil Dibekuk Polres Padang PanjangTersangka AI (20) diamankan beserta barang bukti

PADANG PANJANG - Satuan Reskrim Polres Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil membekuk sindikat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) di Kota Serambi Mekah, Jumat (24/6/2017) sekitar Pukul 17.30 Wib. Dari tangan tersangaka berhasil disita beberapa barang bukti termasuk satu unit kendaraan bermotor.


Setelah hampir satu bulan melakukan pengejaran dan pengintaian terhadap pelaku Curanmor akhrirnya Polres Padang Panjang melalui tim Reskrim berhasil membekuk satu tersangak curanmor asal Padang dengan inisal AI (20) di sekitar pasar Padang Panjang.


AKBP. Cepi Noval. SIK melalui kasat Reskrim AKP. Julianson. SH mengatakan, penangkapan terhadap pelaku curanmor, merupakan dari hasil patroli rutin dalam antisiasi 3C (Curat, Curas dan Curanmor) dikota Padangpanjang.


"Dari hasil giat rutin yang kami lakukan dalam antispai 3C, Tim Buru Sergap (Buser) kami berhasil membekuk satu dari dua tersangka pencurian kendaraan bermotor yang belakangan ini meresahkan warga Padangpanjang. Dalam penanagkapan kali ini memang telah terjadi kejarkejaran selama satu jam lebih, namun karena kesigapan anggota, pelaku berhasil kami bekuk tanpa perlawanan," jelas Kasat Reskrim.


Lebih lanjut Julianson menjelaskan kronologis penangkapan, "penangkapan berawal ketika tersangka AI dan rekannya sedang berputar-putar dikota Padang Panjang untuk melakukan pencurian kembali dengan berkedok membeli kue untuk berbuka puasa, dan setelah dicocokan dengan hasil rekaman CCTV yang berada di tempat pelaku melakukan pencurian beberapa waktu lalu, benar ternyata AI adalah orang yang dicarai, lalu tim segera melakukan penangkapan, namun karena lokasi tempat penyergapan dalam kondisi ramai rekan AI berhasil kabur dan saat masih dilakukan pengejaran," tambah Julianson.


Dari hasil penangkapan AI, tim berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit motor, uang sebesar 52 ribu dari sisa penjualan motor yang dicuri di Paris Swalayang Padangpanjang bebrapa waktu lalu, dua buah kunci T, sebilah sangkur, 2 buah hp serta terdapat kompeng, dan sabu sisa pakai.


Sementara itu AI yang sempat di dimintai keterangan mengaku baru pertama kali melakukan pencurian kendaraan bermotor, dan hasil dari penjualan kendaraan tersebut di pergunakan untuk membeli pakaian dan Shabu.


"Saya baru pertama kali melakukan pencurian ini pak, dan saya pun tidak tau kemana motor hasil curian tersebut dijual oleh teman saya, saya hanya mengantarkan teman saya untuk mencuri motor dan menerima uang hasil penjualan dari teman saya tersebut sebesar 500 ribu tanpa diberitahu kemana motor tersebut dijual, dan uang hasil curian tersebut sudah saya pergunakan untuk membeli baju dan shabu," terang AI di hadapan Polisi.


Diketahu AI dan rekannya berasal dari Kota Padang dan sengaja ke Padang Panjang untuk melancarkan aksinya yang kedua kalinya, namun sayanag sebelaum berhasil melakukan aksi yang kedua ini, tersangka AI keburu di sergap Tim Buser Polres Padangpanjang. Dari barang bukti dan keterangan tersangka, AI terancam pasal berlapis dengan tuduhan pencurian dan memiliki serta memakai barang haram jenis shabu. (Put/AMOI)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: RI/AMOI
Tag: hukum,kriminal,metro,padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Komnas HAM RI Manager Nasution Gelar Kunjungan ke Kantor PWM Sumbar, Ini Kata Buya Shofwan Karim

Komnas HAM RI Manager Nasution Gelar Kunjungan ke Kantor PWM Sumbar, Ini Kata Buya Shofwan Karim

PADANG - MPK PW Muhammadiyah Sumbar menggelar silaturahim dan diskusi bersama puluhan AMM Sumbar dengan menghadirkan...

Hati-hati, Modus Pencurian dengan Membuntuti Korban Terjadi di Bukittinggi

Hati-hati, Modus Pencurian dengan Membuntuti Korban Terjadi di Bukittinggi

BUKITTINGGI - Jajaran tim operasional Polsek Kota Bukittinggi mengamankan dua orang pelaku pencurian atau jambret...

Anggota DPR Minta Operasional Kereta Api di Padang Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

Anggota DPR Minta Operasional Kereta Api di Padang Dihentikan Sementara, Ini Alasannya

PADANG - Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman meminta Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, menghentikan...

Banjir Landa Kota Padang, Ini Kata DPRD

Banjir Landa Kota Padang, Ini Kata DPRD

PADANG - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Padang, Gustin Pramona berpesan kepada warga di Kota Padang untuk...

Anak Muda Minang Ini Rilis Komunitas Sahabat Boy Rafli Secara Nasional

Anak Muda Minang Ini Rilis Komunitas Sahabat Boy Rafli Secara Nasional

PADANG - Tersentuh melihat ketokohan dan kinerja dari Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar, M.H., CongQ terinspirasi untuk...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu