berita padang - berita sumbar
headline
home berita Agam

Lampu Tentara Rakyat Terangi 717 Rumah di Kabupaten Agam

Minggu, 25 Juni 2017 - 18:11:42 WIB - 350
Lampu Tentara Rakyat Terangi 717 Rumah di Kabupaten AgamPangdam 1 Bukit Barisan sedang menandatatangani prasasti disaksikan Dandim 0304 Agam, Wakil Bupati Agam dan ninik mamak

BUKITTINGGI - Program unggulan Panglima Kodam I Bukit Barisan yang intinya adalah "Bukit Barisan Bersinar", ini merupakan program yang langsung menyentuh kepada masyarakat, sesuai dengan Nawacita program Presiden RI, Joko Widodo, bahwa dengan keberadaan program yang ada itu harus benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat, program Panglima Kodam I Bukit Barisan tersebut adalah "Lampu Tentara Rakyat (Lamtera)".


Berjalannya program Lamtera, merupakan bentuk kepedulian militer dalam membuat wilayah Kodam 1/Bukit Barisan bersinar. Sebagai langkah permulaan, Pangdam menjadikan wilayah Kodim 0304/Agam sebagai daerah pertama yang bebas dari kegelapan akibat ketiadaan listrik sejak Republik ini merdeka.


"Kita harapkan di masa yang akan datang, semoga semua wilayah kita yang masih gelap gulita segera terang," Demikian disampaikan Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan S.H.,S.E ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (24/6/2017).


Selanjutnya Letkol Kav Salim Kurniawan menjelaskan, Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) 1/Bukit Barisan, Mayjen TNI Cucu Somantri mendatangi kawasan yang masih belum di terangi listrik di Kabupaten Agam, sekaligus meresmikan pemakaian Lampu Tentara Rakyat (Lamtera) di Tanjung Medan, Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam-Sumbar pada Rabu 21 Juni 2017 malam.


Pereresmian Lamtera itu juga dihadiri oleh Danrem 032/Wirabraja Sumbar Brigjen TNI Bhakti Agus Fadjari, Penemu teknologi Lamtera Ujang Koeswara, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Perwakilan dari PT Semen Padang serta sejumlah tamu undangan lainnya.


Sebelumnya, Kodim 0304 Agam juga memberikan hadiah beberapa perlombaan bidang keagamaan yang diadakan di Makodim 0304 Agam. Selain itu juga tak lupa memberikan santunan terhadap anak Yatim Piatu yang berada di Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi.


"Momen Idul Fitri ini kita manfaatkan untuk berbagi dengan sesama, agar mereka juga turut bahagia disaat lebaran tahun 1438 Hijriah tahun 2017 ini," tutur Salim Kurniawan Dewantara.


Mayjen TNI Cucu Somantri secara resmi juga menghidupkan lampu di rumah salah satu warga Tanjuang Medan yang bernama Eni. Sebanyak 717 KK di Agam yang selama ini hidup dalam kegelapan segera berubah jadi terang-benderang.


"Dengan terlaksananya program ini merupakan sebagai sebagai wujud negara hadir di tengah-tengah masyarakat," katanya.


Lamtera yang digunakan Kodam 1/Bukit Barisan, merupakan Lampu Listrik Mandiri Masyarakat (Limar) ciptaan pria yang berjasa dalam dunia kelistrikan Indonesia yang telah menemukan 70 penemuan listrik baru yakni Ujang Koswara atau akrab disapa Ujang Lampu. Lampu hemat energi ini, berupa bohlam LED yang seterang bohlam 10 watt konvensional yang sumber kelistrikannya dari accu kendaraan roda empat berkekuatan 35 ampere.


"Dengan adanya lampu hemat energi tersebut, seluruh Kabupaten Agam tidak ada yang gelap lagi, semuanya sudah terang. Dari Sabang sampai Merauke yang baru program itu seluruhnya baru dilaksanakan di Kabupaten Agam sebanyak 717 KK, menjadikan Kabupaten bersinar, sedangkan untuk mengontrolnya dalam satu minggu sekali babinsa akan mengontrolnya," tutur Salim Kurniawan Dewantara.


Kemudian dari itu Salim Kurniawan Dewantara mengucapkan terima kasih kepada yang telah membantu anggaran ini seperti GM PLN, Jurlian Sitanggang, Kepala PLN Bukittinggi, Muh.Rizal, PT. Mutiara Agam yang bergerak di bidang sawit, dan juga Pemerintah Kabupaten Agam melalui Bupati yang telah membantu dengan dana APBD. Dandim 0304/Agam juga mengajak CSR-CSR yang belum mengeluarkan dana CSR nya, marilah kita memberikan sedikit dana tersebut langsung menyentuh mansyarakat, pungkas Salim Kurniawan Dewantara. (Iwin SB)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: agam,bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Pemko Padang Bagikan 187 Bendera Beserta Tiangnya Kepada Warga

Pemko Padang Bagikan 187 Bendera Beserta Tiangnya Kepada Warga

PADANG - Pemerintah Kota Padang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) membagikan 187 bendera berikut...

Begini Pernyataan Resmi Muhammadiyah terkait Perppu Ormas

Begini Pernyataan Resmi Muhammadiyah terkait Perppu Ormas

JAKARTA - Heboh, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017, tentang Perubahan atas...

Printer Inkjet Canon, 18 Tahun Menjadi Pilihan Masyarakat Indonesia

Printer Inkjet Canon, 18 Tahun Menjadi Pilihan Masyarakat Indonesia

PADANG - Canon melalui pt. Datascrip selaku authorized distributor di Indonesia berhasil mengukuhkan posisinya sebagai...

Breaking News : Putus Rem, Truk Crane Tabrak 4 Mobil di Singgalang Kariang Lembah Anai

Breaking News : Putus Rem, Truk Crane Tabrak 4 Mobil di Singgalang Kariang Lembah Anai

PADANG PANJANG - Akibat alami putus rem, satu unit truk pembawa crane mahondoh empat mobil yang ada di depannya, Selasa...

Hut Kota Padang ke-348, Ini Kata Mantan Wako Fauzi Bahar

Hut Kota Padang ke-348, Ini Kata Mantan Wako Fauzi Bahar

PADANG - Mantan Wali Kota Kota Padang periode 2005-2015 DR. H. Fauzi Bahar mengatakan, Kota Padang di usianya yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu