minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Padang Pariaman

Ribuan Mahasiswa KKN di Padang Pariaman, Ini Pesan Wabup Suhatri Bur

Rabu, 12 Juli 2017 - 11:26:10 WIB - 358
Ribuan Mahasiswa KKN di Padang Pariaman, Ini Pesan Wabup  Suhatri BurWabup Terima Mahasiswa KKN

PADANG PARIAMAN - Wakil Bupati Padang Pariaman menerima 1400 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumbar yang nantinya akan KKN di sejumlah Nagari di Padang Pariaman.


Wakil Bupati meminta mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di daerahnya mensosialisasikan kepada masyarakat setempat untuk mempercepat membentuk Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag).


"Salah satu program unggulan pemerintah saat ini yaitu Badan Usaha Milik Desa atau di sini bernama BUMNag," kata Suhatri saat menyambut kedatangan mahasiswa KKN dari lima perguruan tinggi di Sumbar, Parit Malintang, Selasa (11/7/2017).


Suhatri Bur mengatakan kehadiran BUMNag di setiap nagari yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat seperti dengan menampung hasil produksi usaha mikro kecil menengah di daerah dan menjualnya ke daerah lain.


Pada tahun ini pihaknya berupaya agar 103 nagari yang ada di daerah itu memiliki BUMNag sehingga dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat.


"Saat ini baru tiga BUMNag yang sudah berbadan hukum padahal untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat kita harus memiliki sepuluh badan usaha," ujarnya.


Oleh karena itu, lanjutnya kehadiran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN dapat berkontribusi agar salah satu program unggulan pemerintah tersebut berjalan.

"Dalam hal ini mahasiswa dapat memberikan pencerahan tentang BUMNag kepada masyarakat sambil memberikan ilmu yang didapat selama kuliah," tambahnya.


Namun perlu cara agar ilmu dan apa yang disampaikan kepada masyarakat diterima dan selalu digunakan sampai kapan pun.
yaitu dengan berbaur bersama masyarakat seperti rutin ke surau dan sesekali duduk di kedai tempat mahasiswa itu ditugaskan oleh perguruan tinggi masing-masing.


"Ini merupakan permintaan kami dan menjadi ibadah bagi mahasiswa namun mahasiswa diharapkan membaca berbagai sumber tentang BUMNag," katanya.


Sementara itu, salah satu dosen Universitas Andalas yang mewakili pihak perguruan tinggi, Prof. Dr. Isril Berd menyebutkan ada sekitar 1.400 mahasiswa melaksanakan KKN selama 40 hari yang tersebar pada sejumlah nagari di kabupaten Padang Pariaman.


Adapun lima perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Andalas, Taman Siswa, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, dan Universitas Ekasakti.
"Ada beberapa bentuk yang diselenggarakan dalam KKN ini yaitu seperti pengelolaan kakao, kelapa, dan mitigasi bencana," ujarnya.


Ia mengatakan selama KKN, mahasiswa harus mencari permasalahan di suatu daerah dan menemukan solusinya serta memberikan motivasi kepada masyarakat. (Warman)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: daerah,nasional,padang-pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Mantapkan Verifikasi, Inilah Struktur DPW PAN Sumbar yang Baru

Mantapkan Verifikasi, Inilah Struktur DPW PAN Sumbar yang Baru

PADANG -- DPW PAN Sumbar mempunyai formasi pengurus baru pasca keluarnya SK DPP PAN Nomor : PAN/A/Kpts/KU-SJ/059/X/2017...

Dini Hari Tadi, Agam Dihoyak Dua Kali Gempa

Dini Hari Tadi, Agam Dihoyak Dua Kali Gempa

AGAM - Sebanyak dua kali gempa kecil dirasakan warga Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan sekitarnya, Rabu (4/10/2017)...

Heboh Mobil Bergoyang di Bukittinggi, Dokter Magang dan Mahasiswi Digerebek Warga Lagi Gituan

Heboh Mobil Bergoyang di Bukittinggi, Dokter Magang dan Mahasiswi Digerebek Warga Lagi Gituan

BUKITTINGGI - Seorang Dokter magang dan seorang mahasiswi kebidanan kepergok mesum oleh petugas Satpol PP di Belakang...

Minimalisir Perilaku Maksiat, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Perda

Minimalisir Perilaku Maksiat, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman Gelar Sosialisasi Perda

PARIAMAN - Upaya Memberikan pemahaman, pembinaan dan edukasi kepada masyarakat terhadap esensi kebijakan produk hukum...

Pers Rilis Qbar : Masyarakat Laporkan Dugaan Maladministrasi Komisi Informasi Sumbar

Pers Rilis Qbar : Masyarakat Laporkan Dugaan Maladministrasi Komisi Informasi Sumbar

PADANG - Perjuangan menolak masukan investasi pertambangan di daerah mereka belum juga surut. Kali ini masyarakat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu