minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Pariwisata

Liburan ke Palembang, Jangan Lupa Mampir ke Tempat-Tempat Ini

Senin, 17 Juli 2017 - 16:52:39 WIB - 724
Liburan ke Palembang, Jangan Lupa Mampir ke Tempat-Tempat IniJembatan Ampera foto:satyawinnie.com

TRAVELER - Kalau ngomong soal Palembang, hal pertama yang terlintas tentu kelezatan pempeknya yang sudah terkenal di seluruh dunia. Tapi Ibukota Sumatera Selatan ini nggak cuma punya pempek loh, ada banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau sedang liburan ke sana. Tentunya, nggak lupa pula mencicip kuliner Palembang yang lezat-lezat.

Tahukah kamu, kota Palembang yang juga dikenal dengan nama Bumi Sriwijaya ini memiliki keindahan budaya yang menakjubkan? Dahulu kala, Palembang adalah Kerajaan Sriwijaya yang daerah kekuasaannya sangat luas, hingga jauh ke mancanegara. Dan di Indonesia sendiri, Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Buddha terbesar di negeri ini, bahkan di kawasan Asia Tenggara kala itu.

Kini Palembang menjelma menjadi kota besar, nomor dua di Pulau Sumatera setelah Kota Medan. Meski sudah menjadi kota modern, namun Palembang tetap menjaga tempat-tempat bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya dan dari masa penjajahan Belanda. Kalau kamu liburan ke sana, pastikan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata wajib berikut ini, biar kenal Palembang dengan lebih dalam.

Jembatan Ampera
Jembatan yang membentang di tengah Sungai Musi ini menjadi salah satu ikon Palembang yang paling terkenal. Jembatan ini indah dinikmati di malam hari, dengan lampu-lampu yang menyala di sekitarnya, menambah kemegahan Ampera.

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Palembang selalu menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera. Karena itulah jembatan ini selalu ramai sepanjang hari, baik oleh kendaraan yang lalu lalang ataupun para wisatawan yang ingin mengabadikan momen mereka berada di Ampera.

Pulau Kemaro

foto:kominfo.palembang.go.id
Sudah tahu kan kalau Sungai Musi di Palembang adalah salah satu sungai terbesar dan terpanjang di Indonesia? Saking besarnya sungai ini, sampai-sampai ada pulau di tengah-tengahnya, namanya Pulau Kemaro.

Kamu bisa menuju Pulau Kemaro dengan menumpang perahu yang ada di sepanjang Sungai Musi. Jika ingin perjalanan cepat, ada speedboat. Namun jika ingin menikmati perjalanan sungai dengan sensasi yang berbeda, pilihlah perahu biasa yang pasti bikin kamu terkesan. Menegangkan, tapi mengasyikkan.

Di sepanjang perjalanan menuju Pulau Kemaro, terdapat pemandangan perkampungan masyarakat Palembang yang tinggal di tepi Sungai Musi. Kamu bisa melihat langsung bagaimana kehidupan mereka sehari-hari.

Bukit Siguntang.

foto:wikimapia.org
Ingin melihat makam keluarga Kerajaan Sriwijaya? Di sinilah tempatnya, Bukit Siguntang. Ada beberapa makam keluarga kerajaan yang menjadi bukti bahwa Kerajaan Sriwijaya bukanlah dongeng semata. Bukit ini sangat dihormati oleh masyarakat sekitar, dan ada adab sopan santunnya jika ingin berkunjung ke sana.

Pelataran BKB
Bagi masyarakat Palembang, pelataran BKB adalah salah satu pusat kuliner yang paling banyak dikunjungi. Kamu pengen makan mie celor, pempek atau martabak Har yang terkenal itu? Semuanya ada di sini.

Pempek di Palembang sendiri adalah makanan wajib bagi masyarakatnya, dan macam-macamnya berbeda dengan yang ada di luar kota. Jauh lebih banyak ragamnya dan rasanya pun jauh berbeda. Karena itulah kamu harus mencicip pempek langsung di tempat asalnya, dan dijamin bakal ketagihan.

Masih ada banyak tempat lain yang wajib dikunjungi kalau kamu liburan ke Palembang. Dan nggak perlu pusing dengan biaya tiket pesawat kalau mau liburan ke sana, karena sekarang sudah ada Sriwijaya Air. Menumpang Sriwijaya Air ke Palembang bisa dilakukan dari puluhan kota di Indonesia, dan tentunya maskapai ini memberikan kenyamanan bagi para penumpangnya, serta harga yang terjangkau untuk penerbangan ke semua tujuan. Liburan ke Palembang yuk. (***)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: indonesia,nasional,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

DPD Partai Berkarya Pasaman Serahkan Hasil Perbaikan Sipol

DPD Partai Berkarya Pasaman Serahkan Hasil Perbaikan Sipol

PASAMAN - Dewan Perwakilan Daerah Partai Berkarya Kabupaten Pasaman menyerahkan hasil perbaikan Sistem Informasi Partai...

Pertama Kali, Pariaman Gelar Tinju Pantai

Pertama Kali, Pariaman Gelar Tinju Pantai

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dispora bekerjasama dengan Dandim 0308 gelar pertandingan tinju pantai...

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

Kota Payakumbuh Ciptakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pariwisata

LIPUTAN KHUSUS PAYAKUMBUH - Sumatera Barat (Sumbar) memiliki potensi kawasan pariwisata yang baik, hal ini dapat...

Pariaman Siapkan Implementasi Transaksi Non-Tunai

Pariaman Siapkan Implementasi Transaksi Non-Tunai

PARIAMAN - Dinas Pendapatan Pengelolaan dan Keuangan Daerah Kota Pariaman gelar Sosialisasi Implementasi Transaksi Non...

Wali Kota Padang Mahyeldi Sambut APEC Seminar Disaster Risk Financing

Wali Kota Padang Mahyeldi Sambut APEC Seminar Disaster Risk Financing

PADANG - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyambut baik digelarnya Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media