minangkabaunews berita padang berita sumbar
headline
home berita Seni Budaya

Komunitas Seni Nan Tumpah Gelar Liga Baca Puisi Kreatif dengan Total Hadiah Jutaan Rupiah

Selasa, 18 Juli 2017 - 16:05:04 WIB - 613
Komunitas Seni Nan Tumpah Gelar Liga Baca Puisi Kreatif dengan Total Hadiah Jutaan RupiahLiga Baca Puisi Kreatif oleh Komunitas Seni Nan Tumpah

PADANG - Komunitas Seni Nan Tumpah (KSNT) tahun ini kembali menyelenggarakan festival seni Pekan Nan Tumpah. Festival seni dua tahunan yang rutin diselenggarakan oleh kelompok seni independen yang bermaskas di Korong Kasai, Kasang, Batang Anai, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) ini, memasuki penyelanggaraan yang keempat.

Bila pada tahun sebelumnya penyelenggaraan festival terfokus pada seni pertunjukan, tahun ini KSNT mencoba melenggakapi penyelanggaraan festival dengan beberapa rangkaian kegiatan seni lainnya. Selain penampilan dari 7 kelompok seni pertunjukan yang telah dikurasi, KSNT juga mengisi Pekan Nan Tumpah 2017 dengan diskusi seni pertunjukan, pameran seni rupa dan fotografi serta Liga Baca Puisi Kreatif (LBPK).

Liga Baca Puisi Kreatif (LBPK) kompetisi baca puisi tingkat umum dalam forma liga yang terbagi dalam tiga babak. Babak kualifikasi dan penyisihan dinilai oleh tim wasit (dewan juri) melalui video yang diunggah peserta di akun Youtube pada rentang waktu awal bulan Juni s/d Juli 2017. Tim wasit akan memilih 20 peserta untuk tampil pada babak semifinal yang akan diselenggarakan secara langsung di Sekretariat Komunitas Seni Nan Tumpah pada awal Sepetember 2017. Untuk babak final, wasit LBPK akan memilih 5 peserta yang akan tampil pada acara puncak Pekan Nan Tumpah 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 23 September s/d 29 September 2017 di Gedung Teater Utama Taman Budaya Sumatera Barat.

Aktor KSNT sekaligus ketua pelaksana Pekan Nan Tumpah 2017, Emilia Dwi Cahya, mengatakan penilaian wasit dalam LBPK berbeda dengan penilaian pada lomba baca puisi konvensional umumnya.

"LBPK adalah kompetisi baca puisi kreatif tunggal yang penilaiannya mengedepankan aspek kreativitas atas penafsiran peserta terhadap puisi yang dibawakan. Dengan gaya pembacaan yang bebas, peserta diharapkan lebih kreatif dalam membawakan puisi sebagai sebuah seni pertunjukan. Oleh karena itulah, peserta diperbolehkan membaca puisi dengan menambah ilustrasi musik, namun dimainkan secara live. Peserta diperbolehkan membaca/membawakan puisi dengan memasukkan/memadukannya dengan unsur musikalisasi puisi, dramatisasi puisi, deklamasi puisi, teaterikalisasi/teater puisi, dst. Peserta juga juga diperbolehkan menggunakan properti artistik pendukung, tata rias, serta kostum khusus untuk mendukung penampilannya. Lomba ini terbuka untuk umum, tanpa batasan usia dan domisili," ujar Emilia.

"Sebagai sebuah liga, lomba ini hanya mencari dua pemenang terbaik dari babak final yang diadakan pada puncak festival seni Pekan Nan Tumpah 2017 di Taman Budaya Sumatera Barat. Dua pemenang tersebut yakni terbaik pilihan wasit (dewan juri) dan terbaik pilihan penonton. Masing-masing pemenang terbaik akan memperoleh hadiah empat juta rupiah. Bila pada akhirnya pilihan dewan juri dan penonton jatuh pada peserta sama, maka liga ini hanya menghasilkan satu pemenang terbaik yang berhak memperoleh hadiah sebesar delapan juta rupiah. Sementara itu empat finalis lainnya masing-masing memperoleh lima ratus ribu rupaiah," tambah perempuan yang akrab dipanggil Emil itu.

Pendaftaran LBPK akan ditutup pada tanggal 29 Juli 2017. Untuk melakukan tanya-jawab seputar penyelenggaraan Liga Baca Puisi Kreatif Pekan Nan Tumpah 2017, calon peserta dapat menelepon atau sms ke nomor 0813-6439-9473, atas nama Novi Delviana. Calon peserta juga dapat mengakses informasi di www.bacapuisi-li.ga.(KSNT)

Berita ini bermanfaat?
sekarang juga!

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi
Tag: minangkabau,padang,padang-pariaman,pariwisata,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

Arus Masuk Orang Asing ke Padang Pariaman meningkat 25%

PADANG PARIAMAN - Tim Pora (Pengawasan Orang Asing) yang terdiri oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Imigrasi...

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

Tertangkap Tangan Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang, Siap-siap Terima Sanksi Moral Ini

PADANG - Belum terlalu efektifnya penerapan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah membuat Pemerintah Kota...

Video Viral Pendeta Hina Nabi, Muhammadiyah Jakarta Laporkan Abraham ke Bareskrim

Video Viral Pendeta Hina Nabi, Muhammadiyah Jakarta Laporkan Abraham ke Bareskrim

JAKARTA - Menyikapi video viral dugaan penodaan agama Islam oleh Abraham Ben Moses, Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan...

Mahyeldi Pinang Hendri Septa di Pilkada Padang 2018

Mahyeldi Pinang Hendri Septa di Pilkada Padang 2018

PADANG - Akhirnya terjawab sudah pencalonan Mahyeldi menjadi bakal calon Walikota Padang, 2018 nanti. Petahana Walikota...

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

Padang Tidak Terdampak Wabah Difteri

PADANG - Kota Padang, Sumatera Barat tidak terdampak wabah difteri. Hal ini dikatakan langsung Kepala Dinas Kesehatan...


KOMENTAR ANDA



gtv the next boy girl band season 2 padang kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media